Merawat Sepatu Kulit dengan Biopolish Leather Care

Beberapa Kerusakan yang Terjadi pada Sepatu Kulit

Sepatu kulit memang awet dan tahan lama, serta nyaman dipakai karena sifatnya yang tidak lembab. Akan tetapi keawetan sepatu kulit akan berkurang jika sepatu kulit itu tidak dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa kerusakan yang seringkali terjadi pada sepatu kulit yang tidak dirawat:

merawat sepatu kulit
merawat sepatu kulit. sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/11/141904020/cara-merawat-sepatu-kulit-jenis-full-grain-leather
  1. Sepatu kulit kaku

Sepatu kulit yang lama disimpan di tempat penyimpanan kemungkinan akan mengalami kaku. Faktor kelembaban udara di tempat penyimpanan menjadi salah satu penyebab sepatu kulit kamu menjadi kaku. Selain itu, speatu kulit yang terlalu lama disimpan dan jarang digunakan berarti tidak berinteraksi dengan anatomi tubuh manusia. Padahal gerakan dari kaki kita bisa melenturkan sepatu kulit.

Bisa saja sepatu kulit kamu sering digunakan dan sering dibersihkan secara rutin. Tapi kamu malah menjemurnya di bawah sinar matahari langsung setelah dibersihkan. Ini juga berpotensi membuat sepatu kulit menjadi kaku. Pancaran sinar ultraviolet membuat bahan kulit pada sepatu kehilangan kelembaban sehingga menjadi kaku.

  1. Sepatu kulit retak

Sepatu kulit yang retak disebabkan oleh kurangnya perawatan. Jika kamu mulai merasakan sepatu kulit kamu kaku dan kering, maka perawatan haru segera diberikan. Karena jika dibiarkan sepatu kulit yang kaku dan kering bisa semakin parah sampai mengalami retak-retak di bagian permukaannya.

  1. Sepatu kulit pudar warnanya

Seiring dengan berjalannya waktu, warna sepatu kulit milik kamu perlahan-lahan akan pudar. Sepatu yang sering digunakan pasti akan terkena noda, debu, air, bahkan terpapar sinar matahari. Semua hal tersebut jika tidak ditangani dengan baik akan memudarkan warna sepatu kulit kamu. Padahal letak daya tarik sepatu kulit salah satunya adalah warnanya yang mengkilap tapi elegan.

  1. Sepatu kulit kusam
Baca Juga:  Jangan Salah Pilih, Inilah Semir Jaket Kulit Coklat Berkualitas

Seperti halnya wajah kamu, sepatu kulit yang tidak pernah dibersihkan dan dirawat akan mengalami kusam. Saat digunakan untuk bekerja, misalnya. Sepatu kulit akan bersentuhan dengan debu dan kotoran di sepanjang jalan. Belum lagi paparan sinar matahari. Belum lagi jika hujan turun dan menyisakan genangan air atau lumpur.

Sepatu kulit yang tidak dirawat dengan baik tidak memiliki perlindungan yang memadai untuk mengatasi itu semua. Sehingga sepatu menjadi kusam.

  1. Sepatu kulit mengeluarkan bau tidak sedap

Bau tidak sedap muncul terutama dari bagian dalam sepatu. Campuran antara keringat dan bakteri serta karakteristik bahan kulit bisa menimbulkan bau tidak sedap jika tidak dibersihkan secara rutin.

Baca juga : Jaket Kulit Kusam dan Pudar? Oleskan Biopolish Leather Care

Cara Merawat Sepatu Kulit

Dalam kehidupan sehari-hari dikenal pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Hal yang sama juga berlaku untuk sepatu kulit kamu. Oleh karena itu, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari sepatu kulit menjadi kaku dan retak.

  1. Jaga kelembaban sepatu kulit.

Untuk menghindari sepatu kulit menjadi kaku dan retak, kamu harus memastikan kelembaban sepatu kulit Jangan biarkan sepatu terlalu lama dalam kondisi yang lembab, seperti terkena air kemudian tidak segera dikeringkan. Keringkan dengan cara diangin-angin di ruang terbuka, jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung.

sepatu kulit kena air hujan
sepatu kulit kena air hujan. sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/04/25/120000920/5-cara-apik-merawat-sepatu-kulit-di-musim-hujan?page=all

Selain kondisi basah yang tidak segera dikeringkan, kondisi yang terlalu kering juga merusak sepatu kulit. Gunakan lotion khusus pelembab kulit untuk menjaga tingkat kelembaban sepatu kamu.

  1. Menggunakan gel silika

Saat menyimpan sepatu kulit, kamu bisa menambahkan gel silika. Masukan gel silika ke bagian dalam sepatu kulit saat kamu menyimpan sepatu. Fungsi dari gel silika ini adalah untuk menyerap kelembaban udara dari lingkungan sekitar.

  1. Keluarkan sepatu kulit minimal dua minggu sekali
Baca Juga:  Bukan Semir Ban Untuk Jaket Kulit, Langkah Tepat Hitamkan Jaket Kulit

Jika koleksi sepatu kulit kamu lumayan banyak dan tidak semuanya selalu digunakan, usahakan agar sepatu kulit yang jarang digunakan itu dikeluarkan dari tempat penyimpanan. Cara ini dimaksudkan untuk membuat sepatu kulit tidak terlalu lama di tempat penyimpanan. Karena jika terlalu lama di tempat penyimpanan bisa berdampak pada kelembaban yang tinggi.

  1. Membersihkan secara rutin

Saat membersihkan sepatu kulit dari noda, debu, dan kotoran lainnya, gunakan sikat lembut. Hindari membasuh dan membila sepatu kulit dengan air. Juga hindari menggunakan sabun atau deterjen saat memberihkannya.

Cara membersihkan yang paling tepat adalah dengan membasahi sikat lembut dengan air kemudian usapkan ke sepatu kulit. Setelah itu lap sepatu dengan kain kering dan simpan di ruangan terbuka.

  1. Oles dengan lotion khusus

Untuk melindungi lapisan luar dari sepatu kulit, jangan lupa untuk merawat sepatu kulit kamu dengan lotion khusus. Lotion khusus sepatu kulit didesain khusus untuk memberikan perlindungan dan perawatan terhadap permukaan sepatu kulit kamu. Produk perawatan khusus untuk sepatu kulit sudah tersedia banyak di pasaran. Salah satu yang sudah teruji kualitasnya adalah Biopolish Leather Care.

Baca juga : Butuh Leather Care Untuk Sepatu Kulit? jawabanya ada di biopolish

Cara Menggunakan Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care merupakan produk perawatan kerajinan berbahan kulit baik sepatu, jaket, sofa, bahkan interior mobil dan motor yang berbahan kulit.

Biopolish Leather Care 100% terbuat dari bahan alami, yaitu lilin lebah (beeswax), yang diolah secara modern. Bentuknya adalah krim padat tanpa warna dan tanpa bau. Sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai warna sepatu kulit kamu.

Menggunakan Biopolish Leather Care pada sepatu kulit dapat melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan sepatu kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna warna kulit juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

Baca Juga:  Komplit! Tips dan Trik Merawat Sofa Kulit Asli dan Sintetis dirumah

Untuk menggunakan Biopolish Leather Care sebagai langkah perawatan sepatu kulit kamu, ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Siapkan sepatu kulit kamu dalam kondisi bersih dan kering. Jika masih basah, biarkan sampai kering. Jika masu ada debu, usap dengan kain kering hingga bersih
  2. Siapkan sikat lembut, kain lap kering, dan Biopolish Leather Care
  3. Oleskan Biopolish Leather Care pada sepatu kulit kamu menggunakan kain kering. Oles secara merata agar seluruh permukaan sepatu kulit terlapisi dengan baik
  4. Diamkan selama beberapa saat agar Biopolish Leather Care meresap ke bahan kulit
  5. Gosok menggunakan sikat sehingga terlihat bersih, lembut, dan tidak lengket

Baca juga : Biopolish Leather Care

Cara Mendapatkan Biopolish Leather Care

Jika kamu tertarik menggunakan produk ini untuk merawat sepatu kulit, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Baca disini :List Agen Biopolish

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.