Kandungan Beeswax asli lebah, Lilin Alami dengan Beragam Manfaat

Sebagai bahan yang kaya manfaat, tentu banyak kandungan beeswax yang menarik dipelajari. Apalagi lilin ini sangat aman bahkan untuk keperluan konsumsi sekalipun.

kandungan beeswax

beeswax merupakan komponen sarang lebah

Beeswax merupakan bahan yang diproduksi lebah pekerja dari genus Apis. Di alam, beeswax atau lilin lebah umumnya berwarna kuning pucat hingga coklat kehitaman. Bagi lebah, beeswax umumnya digunakan untuk memperkokoh sarang hingga melindungi larva. Sedang bagi manusia, manfaat beeswax beragam dari manfaatnya di bidang kecantikan hingga furniture. Secara khusus, berikut ini beberapa manfaat beeswax:

  • Bahan baku produk kosmetik seperti pomade
  • Bahan baku pembuatan batik sebagai komponen pewarna
  • Dulu sangat banyak digunakan sebagai alat penerang lilin, sebelum ditemukan parafin wax yang lebih terjangkau.
  • Pengawet makanan dan obat-obatan
  • Semir serbaguna seperti Bipolish Beeswax serta Biopolish Linseed Oil

Beragamnya manfaat beeswax dari industri kecantikan sampai industri furniture tersebut jelas tak lepas dari kandungannya. Berikut ini tabel kandungan beeswax:

Daftar Tabel Kandungan Beeswax

Kandungan Persen
Hidrokarbon 14%
Triester 3%
Hidroksi Poliester 8%
Hidroksi Monoester 4%
Monoester 35%
Asam Ester 1%
Asam Poliester 1%
Diester 14%
Asam Lemak Bebas 12%
Lain-lain 6%

Secara umum, kebanyakan senyawa yang terdapat dalam Beeswax adalah palmitat, palmitoleat, hingga oleat ester alkohol alifatik. Rumus kimia Beeswax sendiri adalah C15H31COOC30H61.

Hasil polesan Biopolish, poles dari beeswax dan vegetable oil.

Hasil polesan Biopolish, poles dari beeswax dan vegetable oil.

Dengan kandungan yang begitu bervariasi tersebut, bahan jelas ini mampu memberikan perawatan dan perlindungan ekstra pada hampir semua produk Anda. Beeswax bisa menjadi bahan untuk menyemir produk berbahan kayu, karet, kulit, hingga vynil. Sepatu kulit hingga pagar Anda yang terbuat dari kayu pun bisa tampak kembali baru dengan polesanbeeswax.

Efek yang diberikan dari kandungan beeswax sendiri ialah:

  • Menjaga produk senantiasa mulus. Lilin lebah memiliki mampu merasuk ke substrat produk dan membuat serat semua material selalu lentur sehingga tak mudah mengelupas.
  • Warna lebih memikat seperti baru lagi. Beeswax mampu memberikan tampilan alami yang lebih menawan. Apalagi bila bahan ini dikombinasikan dengan natural oil seperti linseed oil sebagaimana poles beeswax Biopolish®.
  • Membuat produk tahan air. Jadi barang-barang Anda lebih terjaga keindahannya.

Dibanding lilin lain seperti parafin wax, beeswax juga lebih aman digunakan. Dulu, bahan ini bahkan sering dikonsumsi para perani lebah. Aromanya pun tak menyengat. Tak heran harga beeswax lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tanya cs poli
Tanya Poli!