Lilin Lebah, Bahan Alami Berjuta Manfaat

Kebanyakan orang hanya mengenal madu sebagai produk lebah. Tapi ada produk lain yang sangat kaya manfaat dihasilkan serangg kecil ini, yaitu lilin lebah.

Lilin lebah adalah salah satu produk lebah yang kaya manfaat

Bagai harta karun terpendam, tak banyak yang tahu lilin lebah dan fungsinya yang luar biasa. Coba tanya pada para pelajar di berbagai jenjang, bahkan bila perlu mahasiswa di universitas terkenal: apa produk bermanfaat yang dihasilkan lebah? Sebagian besar menjawab madu.

Betul, madu memang produk terkenal yang dihasilkan lebah. Manfaat madu pun luar biasa, dari khasiatnya meningkatkan cita rasa makanan sampai meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi lebah bukan hanya dapat menghasilkan madu. Wax atau lilin yang digunakan sebagai penguat dinding sarang lebah, rupanya memiliki khasiat sangat mengagumkan. Bahan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik hingga bahan untuk memoles berbagai produk-produk rumahan.

Asal Muasal Lilin Lebah

Dikutip dari FAO, lilin lebah merupakan produk yang dihasilkan semua jenis serangga lebah madu. Produksi atas bahan ini terjadi di kelenjar khusus yang dimiliki serangga pekerja muda. Dari kelenjar tersebut, dihasilkan semacam cairan yang lama-lama mengeras karena bersentuhan dengan udara. Bahan ini pada akhirnya juga bercampur dengan berbagai zat di sarang lebah, termasuk air liur lebah itu sendiri.

Sifat dan Kandungan Lilin Lebah

Karena bercampur dengan berbagai zat lain, lilin lebah atau beeswax juga kaya akan  berbagai jenis senyawa. Namun kebanyakan berasal dari golongan senyawa ester dan berbagai senyawa lain dari polen dan propolish.

Kandungan Persen
Monoester 35%
Hidrokarbon 14%
Diester 14%
Asam Lemak Bebas 12%
Hidroksi Poliester 8%
Hidroksi Monoester 4%
Triester 3%
Asam Ester 1%
Asam Poliester 1%
Lain-lain 6%

Selain kaya berbagai senyawa, beeswax dikenal sangat stabil dan awet. Bahan tersebut berbentuk padatan pada suhu ruang dan memiliki titik leleh pada 64,5 derajat Celcius.

Untuk Percantik Kulit hingga Perabot

Sebagaimana yang disebut di atas, lilin lebah madu memiliki manfaat luar biasa. Secara tradisional, lilin lebah madu sudah biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lilin. Lilin berbahan beeswax memiliki aroma khas yang harum dan minim asap.

Berikut ini berbagai manfaat lain lilin lebah madu:

  • Makanan

Karena terbuat dari bahan alami yang sama sekali tidak toksik, lilin lebah madu banyak digunakan pada produk-produk makanan, terutama untuk melapisinya. Beeswax sudah lama dimanfaatkan untuk melapisi keju dan buah-buahan. Lapisan beeswax yang sangat awet akan membuat bahan makanan terlindungi dengan baik.

  • Bidang Kecantikan

Banyak produk kosmetik memanfaatkan lilin lebah.

Hingga hari ini, penggunaan beeswax di bidang kecantikan sangat meningkat. Sebuah penelitian di Jerman, menunjukkan bahwa lilin lebah madu lebih unggul dari bahan-bahan lain yang biasa digunakan untuk kosmetik. Beeswax sudah biasa dijadikan formula untuk lip balm, lip gloss, eye shadow, eye liner, hingga produk perawatan rambut.

  • Kesehatan

Salah satu fungsi vital beeswax di bidang kesehatan adalah penggunaannya sebagai pencegah pendarahan saat dilakukan operasi tulang. Selain itu, lilin lebah juga banyak digunakan dalam bidang farmasi.

Selain ketiga fungsi di atas, lilin lebah juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Fungsi beeswax ini dapat Anda manfaatkan untuk mempercantik berbagai perabot di rumah, dari tas kulit sampai furniture kayu.

Untuk Poles Serbaguna

Sebagai poles kayu, beeswax terbukti sangat efektif. Aplikasi beeswax untuk memoles berbagai perabot rumah, terutama dari kayu, kulit, vynil, dan berbagai bahan lainnya akan mengembalikan keindahan yang memudar seiring berjalannya waktu. Dari meja hingga sofa, keindahan natural dapat Anda miliki hanya dengan menggosok-gosokkan beeswax. Tas, jaket, dan sepatu kulit warna natural Anda akan kembali cantik.

 

Fungsi lilin lebah sebagai poles serba guna, dapat Anda dapatkan secara praktis dari Biopolish Leather care, Biopolish Interior dan Biopolish Eksterior. Aplikasi kedua produk tersebut bukan hanya akan meningkatkan keindahan perabot dan berbagai produk Anda. Memanfaatkan berbagai minyak nabati seperti linseed oil, Biopolish akan membuat berbagai perabot dan produk-produk Anda:

  • Berkilau natural
  • Warna tampak lebih indah dan tajam
  • Higienis karena linsseed oil bersifat antiseptik
  • Tak mudah lapuk karena air
  • Tak mudah pecah-pecah atau retak-retak terkena sinar matahari
  • Tidak toksik karena 100% terbuat dari bahan alami, Biopolish Beeswax Pasta bahkan diformulasikan untuk poles alat-alat makan dari kayu yang food grade.

Kontak dan Pemesanan

<

p style=”text-align: justify;”>Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan Biopolish Lather Care, Biopolish Interior dan Biopolish Eksterior, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.