Manfaat Minyak Nabati untuk Merawat Furniture

Perawatan furniture bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami seperti minyak nabati. Manfaat minyak nabati untuk merawat furniture kayu salah satunya ditunjukkan oleh Linseed oil. Linseed oil atau minyak biji rami adalah minyak nabati yang dihasilkan dari tanaman Linum (Rami). Karena efektivitasnya yang mumpuni, linseed oil biasa dimanfaatkan di produk poles seperti Biopolish®.

Namun selain minyak nabati, sebenarnya masih ada banyak minyak lain yang bisa digunakan untuk memoles kayu, meski efektivitasnya tidak lebih baik dari linseed oil.

Manfaat Minyak Nabati untuk Merawat Furniture Kayu berdasarkan Jenisnya

Berikut ini akan dijelaskan manfaat minyak nabati untuk merawat furniture berdasarkan jenisnya.

 1. Minyak Lemon (Lemon Oil)

Tumbuhan lemon yang memiliki nama latin Citrus lemon merupakan tanaman hijau sepanjang tahun (evergreen) yang berasal dari benua asia. Selain banyak dimanfaatkan untuk konsumsi dalam pembuatan jus lemon, tanaman ini juga memiliki berbagai fungsi lainnya bagi kehidupan manusia. Salah satu fungsi tanaman ini adalah sebagai bahan untuk memoles kayu. Karena komponennya yang secara kimia terdiri dari asam sitrat dengan pH rendah, maka minyak ini juga dapat memberikan perlindungan antimikroorganisme seperti bakteri dan anti jamur ketika diaplikasikan untuk memoles berbagai produk kayu.

2. Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Manfaat minyak nabati untuk merawat furniture berikutnya ditunjukkan oleh minyak kelapa. Tumbuhan kelapa atau Cocos nucifera merupakan tanaman tropis yang berasal dari famili Araceae. Tanaman ini banyak dimanfaatkan  di berbagai bidang, baik sebagai bahan untuk dikonsumsi, kosmetika, maupun untuk perawatan kayu. Minyak kelapa dapat digunakan untuk memoles berbagai perabot kayu dengan kombinasi minyak lainnya seperti minyak lemon.

3. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Manfaat minyak nabati untuk merawat furniture kayu berikutnya ditunjukkan oleh minyak Zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah tanaman Zaitun yang memiliki habitat asli di Mediterania. Minyak ini dihasilkan dari proses penekanan dan banyak dimanfaatkan untuk kosmetik, bahan bakar, hingga sabun. Selain itu, minyak ini juga biasa digunakan sebagai polishing dengan campuran bahan lain termasuk minyak lemon.

4. Minyak Kanola (Canola Oil)

Minyak Kanola termasuk salah satu jenis minyak nabati untuk merawat furniture kayu yang banyak digunakan. Minyak ini berasal dari tanaman Kanola dan digunakan sebagai bahan polishing untuk campuran dengan bahan lain seperti cuka. Fungsinya sebagai bahan polishing termasuk bagus karena bisa memberikan efek yang lebih tahan lama.

Demikian manfaat minyak nabati untuk merawat furniture kayu berdasarkan jenisnya. Semoga bermanfaat!

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan no 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY
Indonesia
55162

+62.274.388.301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.