Merasa Untung Membeli Beeswax Murah? Jangan!

Bila Anda berencana membeli beeswax murah, kompromi pada kualitas material tersebut jelas harus Anda lakukan. Beeswax murah memang banyak di pasaran. Namun jangan kaget bila lilin tersebut tercampur bahan lain, atau tidak 100% lilin lebah.

Beeswax Murah Membeli beeswax murah, tak selamanya menguntungkan.

Beeswax memang lebih mahal dari jenis lilin lainnya. Terutama lilin parafin atau paraffin wax. Meski demikian, kualitasnya jauh lebih unggul. Lilin ini sama sekali tak beracun, memiliki aroma wangi, tidak membahayakan lingkungan, hingga memiliki sifat water resistance. Dengan berbagai keunggulan tersebut, sebenarnya sulit mengatakan ada “beeswax murah”, apalagi bila harganya mendekati lilin parafin. Kalaupun ada, Anda harus kompromi dengan kualitasnya. Bisa jadi, beeswax yang Anda beli tidak senatural klaimnya atau malah terang-terangan tercampur bahan lain.

Beeswax is generally more expensive compared to other waxes such as paraffin. But it also has more benefits to offer. There’s almost no such things as cheap beeswax because of that.

Tidak Harus 100% untuk Menjadi “Beeswax

Dikutip dari purebeeswaxcandles, ada beberapa perusahaan lilin lebah yang mencampur beeswax dengan lilin lain, termasuk paraffin wax. Mereka pun bebas mengklaim produknya sebagai beeswax. Klaim tersebut legal. Di Amerika Serikat, perusahaan lilin, bisa menamai lilinnya sebagai lilin beeswax apabila mengandung setidaknya 10% bahan tersebut. Jadi Anda harus waspada. 90% parafin wax dengan 10% tetap disebut lilin beeswax. Kecuali Anda memang bermaksud membeli produk yang tidak 100% beeswax, Anda harus hati-hati dengan promosi beeswax murah.

Beeswax Murah Bukan Hanya Menurun Kualitasnya

Beeswax Murah Campuran beeswax dan parafin.

Masih menurut purebeeswaxcandles, beeswax murah bukan hanya berkualitas rendah. Namun juga bisa kehilangan fungsi aslinya. Bila dicampur dengan lilin alami lain seperti lilin sawit, manfaat beeswax akan menurun. Demikian pula bila dilakukan manipulasi pada proses pembuatan lebahnya. Yang terakhir ini sering ditemukan di berbagai perusahaan Tiongkok. Lebah-lebah yang mereka ternakkan tidak dibebaskan untuk mencari makan dari nektar, namun dari air bercampur gula yang sudah disediakan. Padahal, nektar bunga berisi lebih dari sekedar gula dan air. Hal ini berakibat pada produk oleh koloni serangga tersebut. Madu, propolis, hingga beeswax yang dijual memang murah. Namun kualitasnya rendah.

Meski demikian, penurunan kualitas tersebut masih “lebih baik” dari pada pencampuran lilin lebah dengan paraffin wax. Kandungan parafin akan membuat keunggulan beeswax benar-benar hilang bila jumlahnya tak berimbang. Atau dengan kata lain, tak ada gunanya Anda membeli beeswax murah karena fungsinya sudah benar-benar hilang.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.