Merawat Furniture Kayu Minimalis Agar Tetap Anggun Hingga Tua

Furniture kayu minimalis banyak diminati di masa sekarang. Bentuknya yang elegan, bermacam-macam, dengan warna menarik membuat furniture kayu minimalis laku pula di pasaran. Apalagi jika furniture kayu mnimalis tersebut memiliki pesona vintage, semakin menambah daya pikita di rumah. Meskipun dalam merawat furniture kayu minimalis diperlukan treatment tertentu agar kayu terus awet dan bertahan lama, dan tetap anggun-elegan hingga tua.

Furniture kayu minimalis yang terawat dapat ditandai dengan tingkat kecerahan dan ketajaman yang ada dalam furniture. Jika sudah cerah dan bersih, niscaya keanggunan dalam kayu pun dapat diciptakan. Perawatan tentu menjadi faktor pengaruh yang signifikan untuk menjaga furniture kayu minimalsi terlihat anggun hingga tua. Dalam merawat furniture kayu manis, ada beberapa tips membersihkan furniture kayu berharga yang bisa kamu terapkan di rumah.

Membersihkan Kayu Minimalis dengan Baik

Jika kamu melihat sebuah furniture kayu berkilau, maka atmosfer dalam ruangan tersebut juga akan berseri. Namun jika jumlah debu yang melingkupinya banyak, furniture jadi terlihat kusam, dan ruangan terlihat kotor. Tenang, hal tersebut bisa ditangani dengan cara membersihkan furniture kayu minimalis dengan baik. Pastikan, furniture kayu yang akan kamu bersihkan telah diseka terlebih dahulu menggunakan kemoceng atau lap berbahan katun yang kering dan lembut untuk menyeka debu.

Jangan lupa, tips memberihkan furniture kayu yakni dengan menggunakan air hangat. Air hangat membuat proses pelepasan kotoran jadi kian mudah, dan untuk mempercepat pembersihan pula, jangan lupa gunakan sabun yang lembut. Berhati-hatilah untuk tidak merendam kain ke sabun terlalu lama, kelembaban kain bisa dijaga agar mudah untuk diseka. Bersihkan sampai debu hilang kemudian keringkan.

Jangan lupa, pembersihan kayu ini mesti kamu lakukan secara rutin, terlepas dari jenis kayu yang menjadi bahan furniture kayu minimalis kepunyaanmu. Jaga pula kebersihan furniture kayu minimalis kepunyaanmu dari kumbang dan rayap yang rentan bersarang pada kayu. Sebab ini dapat menimbulkan kerusakan permanen yang tak dapat diperbaiki, kumbang-kumbang ini bisa benar-benar memakan furniture kayu minimalis milikmu. Tips membersihkan furniture kayu dapat dilakukan dengan desinfeksi rutin di rumah.

Perhatikan Paparan Sinar Matahari Minimal yang Dibutuhkan

Sinar matahari memberikan efek khusus pada furniture kayu minimalis yang kamu punya. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika sinar matahari memaparkan cahayanya dalam waktu yang lama. Hal yang sering terjadi salah satunya, sinar matahari dapat menghasilkan fenomena bercak atau bintik-bintik terang maupun gelap pada penampang (permukaan) furniture kayu minimalis milikmu. Guna melindunginya, ada tips merawat furniture kayu minimalis yang bisa kamu coba, yakni dengan menggunakan taplak meja atau kain untuk mengurangi efek sinar matahari yang mengenai furniture kayu.
Selain itu, perhatikanlah pula suhu yang mengenai furniture kayu minimalis, yang biasanya dihasilkan oleh benda-benda yang memiliki suhu sangat panas atau dingin untuk perawatan yang lebih baik. Sebab benda-benda dengan suhu berlebih yang tak sesuai dengan suhu alamiah kayu bisa meninggalkan efek yang bisa merusak tekstur asli permukaan. Cara merawat furniture kayu minimalis dalam kondisi ini adalah, jangan menaruh benda yang terlalu panas atau dingin ke permukaan kayu. Jika terpaksa melakukannya, perhatikan interval waktu penempatannya, agar tidak terlalu lama. Atau gunakan semacam alas dari kain untuk menyerap suhu benda.

Membiarkan Usia Furniture Bertambah dengan Anggun


Cara membersihkan furniture kayu minimalis berdampak pada usia furniture. Hari demi hari, seiring berjalannya waktu, furniture akan menua dan biarkanlah furniture bertambah usia dengan anggun. Jika diibaratkan sebagaimana usia anggur, bahkan bisa jadi sertiap tahun furniture kayu akan memiliki karakternya sendiri yang baru. Seperti akan menjadi lebih tua dan gelap, tapi lebih kuat. Keanggunan kayu inilah yang perlu kamu sadari dalam merawat furniture kayu minimalis.

Agar kamu bisa melihatnya sampai tua, jangan pula meletakkan benda-benda tajam di dekat permukaan kayu minmalis. Jangan sampai goresan benda tajam menggores keindahan tekstur dari kayu. Hal ini biasanya sering terjadi di dapur ketika hendak memotong di meja kayu, atau di meja kerja ketika memakai cutter. Ingat, jika terjadi goresan, tekstur tidak akan sama lagi. Oleh karena itu, jauhkan benda tajam dari permukaan kayu minimalis.
Tak banyak disadari pula terkait kerusakan atau cacat kecil yang diakibatkan oleh penanganan yang ceroboh. Kamu bisa merawat furniture kayu menimalis secara hati-hati. Semisal ketika menggunakan gelas bersuhu tinggi atau rendah, pakailah alas piring atau tatakan. Dalam memilih tatakan ini pun, perhatikanlah fungsinya daripada estetikanya. Jangan memilih desain yang berlubang dan tidak bisa menampung genangan air dengan efektif.

Memberikan Bahan Pelapis Kayu Berkualitas Secara Rutin


Membersihkan furniture kayu minimalis yang berminyak dan waxing, sangat direkomendasikan untuk memberikan pernis mengkilap secara rutin. Ini sangat berguna untuk menambahkan lapisan pelindung dan menghidupkan penampilan. Periode waktu yang bisa kamu terapkan semisal, melakukan pernis setiap tiga bulan sekali, niscaya performa kayu akan terjaga. Kamu bisa menggunakan produk dari Biopolish untuk merawat furniture kayu minimalis dalam langkah ini.

Ada empat produk Biopolish yang bisa kamu gunakan. Pertama, Biopolish Beeswax yang cocok untuk merawat furniture kayu minimalis kamu, terutama peralatan-peralatan yang berhubungan langsung dengan makanan dan dapur. Biopolish Beeswax telah memenuhi standar aturan yang diterapkan oleh Food and Drugs Administration (FDA), sebuah organisasi khusus yang memberikan standar formulasi dari Amerika Serikat terhadap pembuatan produk yang aman bagi kesehatan. Produk satu ini efektif untuk memunculkan keidnahan warna sehingga furniture kayu minimalis jadi tambah anggun secara alami.

kamu bisa menggunakan Biopolish Leather Care untuk merawat furniture kayu minimalis terutama produk-produk di mana kayu minimalisnya dilapisi kulit, seperti pada bantalan kursi. Biopolish Leather Care dapat digunakan pula untuk melindungi produk dari paparan sinar matahari seperti sinar UV. Kandungan antioksidan yang dimilik akan menambah keawetan dan perlindungan sehingga jadi tambah awet dan terlihat lebih anggun.

Biopolish Linseed Oil juga sangat berguna untuk melindungai dan merawat furniture kayu minimalis dengan menciptakan keindahan kayu minimalis secara natural. Biopolish Linseed Oil yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, menjadi formula khusus yang cocok untuk mencegah kekusaman pada kayu minimalis dan menghambat proses terjadinya perubahan warna kayu agar lebih cerah dan tajam. Tak hanya itu, warna alami pada kayu minimalis pun akan muncul.

Biopolish Natural Oil yang menjadi produk perawatan andalan dalam finishing kayu. Minyak satu ini sangat serbaguna dan aman dipakai untuk segala jenis kayu, termasuk furniture kayu minimalis. Oil satu ini cocok sebagai bahan untuk melakukan pemolesan, melindungi furniture kayu dengan substrat yang dikandungnya, serta menambah keanggunan warna kayu. Dengan mengoleskan Biopolish Natural Oil, furniture kayu minimalis di dalam rumahmu akan terlihat lebih cerah.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.