Merawat Sepatu Kulit agar Tidak Kusam dan Pudar

sepatu kulit

Sepatu kulit menjadi salah satu outfit yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang bekerja kantoran yang diharuskan menggunakan pakaian formal sepatu kulit menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Baik yang menggunakan kulit asli maupun sintetis. Sepatu kulit bisa menjadi pilihan utama.

Selain bagi para pekerja kantoran, bagi kamu yang tergabung dalam komunitas motor gede (moge) biasanya juga menggunakan aksesoris dari kulit, termasuk di antaranya sepatu kulit. Berbeda dengan sepatu kulit yang digunakan para pegawai kantoran, sepatu kulit yang digunakan oleh komunitas motor gede lebih variatif dalam bentuk.

Beberapa keuntungan dapat kamu rasakan saat memakai sepatu kulit dalam berbagai suasana. Salah satunya adalah kaki jadi lebih nyaman karena bahan kulit memiliki pori-pori yang membuat sepatu breathable. Kondisi ini membuat kaki tidak menjadi lembap dan membuatnya terhindar dari jamur serta bakteri.

Selain breathable, sifat bahan kulit juga fleksibel sehingga bisa bentuknya bisa mengikuti bentuk kaki dengan nyaman dan membuat kita bebas bergerak. Produk sepatu kulit juga mudah dibersihkan dan mudah dirawat. Cukup pakai pembersih khusus untuk kulit dan sepatu pun jadi lebih terawat. Keuntungan lainnya dari memiliki dan memakai sepatu kulit adalah kamu bisa lebih berhemat. Hal ini dikarenakan sepatu kulit tahan lama jadi kamu tidak perlu sering-sering membeli sepatu baru.

Tips Memilih Sepatu Kulit

Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu kulit, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah bahan kulit yang digunakan. Secara umum ada dua jenis bahan kulit yang sering digunakan, yaitu full-grain leather (FGL) dan corrected-grain leather (CGL). Kedua jenis bahan kulit ini memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Bahan FGL masih mempertahankan karakteristik asli kulit itu sendiri, tanpa menghilangkan guratan dan kerutan natural kulit. Bahan jenis ini biasanya lebih tebal, pori-porinya masih terlihat dengan jelas, sehingga masih tampak natural. Karena keasliannya, sepatu dengan bahan ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal disbanding sepatu kulit lain.

Sementara itu, bahan CGL adalah bahan kulit yang sudah diperbaiki permukannya sehingga terlihat lebih halus. Bahan kulit CGL dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah jenis pull-up leather yang lentur dan elastis, jenis nubuck yang halus dan tipis, dan jenis suede yang berbulu halus, tidak mengkilap dan lembut. Ketiga bahan kulit CGL ini adalah yang paling banyak digunakan untuk pembuatan sepatu.

Selain mempertimbangkan bahan, kamu juga harus mempertimbangkan konstruksi sepatu. Konstruksi sepatu kulit penting untuk dipertimbangkan karena berpengaruh pada kenyamanan dan keawetan sepatu. Setidaknya ada tiga jenis konstruksi sepatu kulit yang sudah dikenal, yaitu jahitan model goodyear, jahitan model blake, dan jahitan model cementing menggunakan lem lalu di-press.

jahitan sepatu kulit

jahitan sepatu kulit. sumber: https://bp-guide.id/AXMB4iHv

Metode jahitan Goodyear dilakukan dengan cara penggabungkan bagian atas dan sol sepatu dengan cara dijahit pada bagian dalam lalu diperkuat dengan jahitan diluar. Metode jahitan blake menyatukan bagian atas sepatu dengan bagian sol dengan cara menjahitnya dari dalam. Metode ini dilakukan dengan menggunakan bahan yang bersifat adhesive atau perekat yang langsung melekatkan sol sepatu dengan bagian atasnya.

Selain bahan dan jenis konstruksi, perlu juga mempertimbangkan bagian sol sepatu. Sepatu berbahan kulit biasanya menggunakan dua jenis sol. Yaitu sol dengan bahan karet atau sol dengan bahan kulit. Keduanya memiliki tingkat keawetan yang hampir sama, perbedaannya hanya ada di kesan yang ditimbulkan. Sol kulit memberikan kesan profesional dan perlente. Sedangkan sol karet membuat sepatu lebih kesat dan gerak lebih nyaman.

Sepatu Kulit Kusam dan Pudar

Sepatu kulit memang awet dan tahan lama, serta nyaman dipakai karena sifatnya yang tidak lembab. Akan tetapi keawetan sepatu kulit akan berkurang jika sepatu kulit itu tidak dirawat dengan baik. Kamu harus mengetahui beberapa penyebab sepatu kulit pudar dan kusam agar bisa menghindarinya.

Sepatu kulit kamu berpotensi mengalami kerusakan dalam bentuk warna yang menjadi kusam ketika sepatu kulit terlalu sering terkena air. Jika sepatu sering terkena air dan tidak segera dikeringkan sehingga berada dalam kondisi yang lembab, sepatu akan menjadi kusam. Kusamnya sepatu karena jamur yang tumbuh dari kondisi lembab tersebut.

Jamur yang tumbuh pada sepatu yang terlalu sering dalam kondisi lembab, selain menyebabkan kusam juga lama-lama akan memudarkan warna sepatu. Jamur yang tumbuh pada sepatu lama-lama akan memudarkan warna karena sifat jamur yang memakan mikroorganisme pada sepatu kulit sehingga lama-lama kulit di bagian permukaan sepatu menjadi pudar.

sepatu kulit mengkilap

sepatu kulit mengkilap. sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/16/095930120/fortuna-shoes-sepatu-kulit-jahit-tangan-asal-bandung-yang-mendunia?page=all

Agar sepatu kulit kamu tidak kusam dan pudar warnanya, maka kamu harus rajin merawatnya. Berikut beberapa tips untuk merawat sepatu kulit agar tidak kusam dan tidak pudar:

  1. Rutin membersihkan sepatu dari debu dan kotoran dengan sikat lembut
  2. Setelah disikat, sepatu diusap dengan kain kering untuk menghilangkan kotoran yang masih membandel
  3. Jika sudah yakin tidak ada noda yang tertinggal, beri sedikit air pada kain kering, kemudian usapkan pada sepatu. Jangan gunakan deterjen atau sabun apapun untuk campuran air
  4. Simpan di tempat yang kering. Ingat, jangan dijemur karena akan semakin memudarkan watna kulit
  5. Setelah kering, oleskan kondisioner khusus untuk produk dengan bahan kulit

Biopolish Leather Care untuk Mengembalikan Warna Sepatu Kulit yang Pudar

Merawat sepatu kulit yang kusam dan pudar warnanya bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat produk kulit. Produk kondisioner khusus yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan pada media sepatu kulit. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat sepatu kulit jadi awet.

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk fashion berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tidak pudar, juga bisa untuk mencegah keretakan hingga pengelupasan pada permukaan tas kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Ketika sepatu kulit sering digunakan, paparan sinar matahari juga memberikan pengaruh yang negatif pada sepatu, bisa membuatnya kusam dan pudar. Dengan mengoleskan Biopolish Leather Care pada sepatu kulit, kita bisa menjaganya tetap normal, karena kandungan antioksidan yang terkandung pada Biopolish Leather Care membuat sepatu kulit terlindung dari teriknya paparan sinar matahari.

Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna sepatu kulit, bahkan jika sepatu kulit sudah terlanjur kusam. Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau menyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna sepatu kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.