Semua Tentang Kulit Pull Up Yang Perlu Anda Ketahui

Pernah mendengar istilah kulit pull up? Mungkin nama jenis kulit ini tidak familiar di indonesia. Padahal jenis kulit pull up leather ini banyak di gunakan dalam berbagai kerajinan kulit hingga fashion kulit. Karakteristik yang paling mencolok dari jenis kulit ini adalah tekturnya yang seperti jenis kulit distracted atau ketika di tarik akan mengalami perubahan warna. Mirip sekali dengan jenis kulit anilin.

Jika anda berencana membeli kerajinan kulit asli atau sedang mencari informasi mengenai jenis jenis kulit, mari berkenalan dengan jenis kulit yang satu ini. Apa itu kulit pull leather, bagaimana proses pembuatanya hingga perawatan yang dilakukan.

Apa Itu Kulit Pull Up?

Kulit Pull Up

Kulit pull up atau pull up leather adalah jenis kulit yang diwarnani dengan zat anilin dan mengalami pigmentasi. Jenis kulit pull up ini sangat mirip dengan kulit anilis. Terbuat dari kulit berkualitas dan alami. Lapisan yang diberikan berupa warna dan minyak membuat warnanya terlihat lebih gelap dibandingkan dengan jenis kulit aniline.

Nama pull up sendiri karena efek khas dari jenis kulit ini ketika di tarik dari dua arah yang berlawanan. Minyak dan lilin yang melapisi jenis kulit ini memberikan corak dan warna yang indah dan unik. Serta memiliki variasi tekstur yang lebih halus. Karena merupakan jenis kulit anilin yang di finishing lama kelamaan jenis kulit ini akan menua seiring berjalan waktu atau menimbulkan efek patina serta tanda tanda goresan akan nampak.

Jika anda menemukan ciri ciri dibawah ini, dapat dikatakan bahwa jenis kuli tersebut merupakan pull up leather. Berikut ini karakteristik yang menonjol dari jenis kulit pull up leather :

  • Jenis kulit ini seiring bertambah waktu akan nampak layaknya jenis kulit distracted leather
  • Ketika di tarik warna bahan kulitnya akan lebih terang
  • Memudar jika terkena sinar matahari secara langsung
  • Mudah tergores namun juga mudah di hilangkan
  • Mengalami efek patina yang berasal dari lapisan minyak
  • Warnanya cukup bervariasi tergantung dari proses pewarnaan yang dilakukan

Bagaimana Proses Pembuatan Kulit Pull Up Leather ?

Kulit Pull Up

Kulit pull up berasal dari kulit binatang bagian luar. Bagian bawah kulit ini di amplas namun beberapa bagian tetap di pertahankan kondisi alaminya. Setelah itu bahan kulit di finishing dengan pewarna dan minyak. Sehingga akan mengembangkan efek patina dengan cepat.

Jenis kulit ini di pasaran banyak yang menyebutnya sebagai kulit PU namun sebaiknya anda tidka usah bingung. Kulit Pull up berbeda dengan jenis kulit PU. Jenis kulit PU merupakan polyurethane leather atau jenis kulit sintetis. Bukan merupakan jenis kulit asli.

Apa Kekurangan Dan Kelebihan Kulit Pull Up ?

Jenis kulit pull up memiliki kelebihan warnanya yang indah, lembut, halus serta menghasilkan efek patina yang cepat. Namun sayangnya jenis kulit ini sangat mudah sekali tergores dan tidak tahan terhadap paparan sinar matahari. Jadi anda membutuhkan perawtaan ekstra untuk menjaganya agar tidak mudah rusak ketika dipakai keluar ruangan.

Perbedaan Kulit Pull Up Dengan Distressed Leather

Jenis kulit pull up lama kelamaan memang mirip dengan kulit distressed leather. Pasalnya ketika ditarik atau semakin tua usia kulit pull up akan semakin mirip dengan jenis kulit ini. Padahal kedua jenis kulit ini berbeda.

Kulit pull up merupakan jenis kulit yang dicampur dengan lilin pada permukaan kulit. Selanjutnya dikeringkan sehingga hasilnya membuat terlihat berkilau. Jika di tarik akan mengalami perubahan warna yang lebih terang. Kulit pull up sangat mudah tergores dan minyak alami dari kulit berpindah ke tangan atau bagian yang meggosok kulit tersebut. Alhasil kerutan dan goresan menjadi tanda dari jenis kulit ini.

Kulit Pull Up

Distressed leather ataupun kulit pull up keduanya merupakan jenis kulit anilin yang di celup atau di finishing dengan warna tertentu. Kulit distressed merupakan kulit anilin yang di celup warna namun dengan hasil finishing yang matte atau tidak berkilay. Kulit distressed leather jika di tarik tidak akan berubah warnanya. Jenis kulit ini sejak awal warnaya memang sudah seperti kulit pull up tua atau ketika kulit pull up ditarik.

Tips Perawatan Kulit Pull Up

Umunya jenis kulit pull up merupakan kulit berpori. Sehingga erberapa jenis carian akan mudah masuk kedalam pori kulit. Tak hanya itu jenis kulit ini juga meninggalkan noda dengan mudah. Selain itu kuli pull up memang terkenal mudah tergores dan rentan terhadap paparan sinar matahari.

Merawat kulit pull yang paling penitng adalah dengan menjaga kebersihan dan melakukan proses  conditioning atau proses pelembapan. Proses ini dapat dilakukan secara teratur misal seminggu sekali atau hanya ketika di perlukan.

Warna dari kulit pull up akan semakin menarik ketika kulit ini berumur tua. Namun penuaan ini tidak bisa diperoleh dengan instan. Efek penuaan atau patina dari kulit pull up dapat diperoleh dengan melakukan perawatan yang tepat. Warna patina yang indah iini dapat anda peroleh dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Hindari kulit pull up dari terkena paaran matahari langsung
  • Jauhkan cairan, air atau bahkan udara lembab. Hal ini perlu diperhatikan agar kulit pull up yang anda miliki tetap tahan lama dan tidak mudah rusak
  • Jika terkena noda atau kotoran segera keringkan dengan lap kain bersih dan kering. Lap noda hingga benar benar kering dan bersih
  • Bersihkan secara rutin dengan menggunakan kemoceng atau kain lap yang bersih dan lembut
  • Lakukan proses pemolesan atau pengolesan dengan lotion dan kondisioner kulit berbahan alami dengan teratur
  • Hindari penggunaan detergen dan bahan bahan kimia lainya untuk membersihkan atau mencuci kulit pull up leather

Kami menyarankan untuk menggunakan lotion atau pelembab kulit pull up berbahan alami. Produk yang kami rekomendasikan adalah Biopolish Leather Care. Produk yang satu ini merupakan lotion atau polish untuk berbagai kerajinan bahan kulit imitasi maupun asli yang terbuat dari bahan alami.

Biopolish leather care terbuat dari bahan alami yaitu beeswax atau lilin lebah beserta beragam natural oil lainya. biopolish leather care merupakan pelopor perawatan untuk kerajinan bahan kulit berbahan alami pertama di indonesia.

Kulit Pull Up

Kini tidak perlu khawatir merawat kulit pull up leather yang anda miliki, karena takut produk yang digunakan berbahan kimia dan berbahaya untuk bahan kulit tersebut. Biopolish leather care berbahan alami sehingga sangat tepat di aplikasikan pada kulit pull up kesayaangan anda.

Biopolish leather care terbuat dari natural oil, yang mampu memberikan efek patina menawan pada kerajinan kulit. Minyak alami bahan kulit yang lama kelamaan habis karena aktifitas manusia ataupun faktor lainya, dapat diganti dengan menggunakan biopolish leather care.

Produk yang satu ini mampu memberikan proteksi kelembapan, kelenturan dan mempertajam warna alami dari berbagai jenis bahan kulit, termasuk jenis bahan kulit pull up leather ini. Jangan biarkan kulit pull up leather yang anda miliki kusam dna tak terawat. Gunakan biopolish leather care sekarang juga.

Artikel "Daftar Istilah / Glossary"

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.