Merawat Tas Kulit Agar Tidak Mengelupas dan Cara Mengakalinya


Bahan kulit sendiri memiliki sifat alami yang ketika perawatannya tak benar akan mudah terjadi pengelupasan. Padahal tas kulit itu memiliki berbagai macam model dan warna yang keren serta istimewa untuk dikenakan di berbagai kegiatan. Merawat tas kulit agar tidak mengelupas bisa dilakuakan dengan cara-cara berikut ini.

  • Menggunakan Tas Kulit dengan Rutin, Jangan Didiamkan Terlalu Lama

Terlalu lama menyimpan tas kulit memberikan efek yang tidak baik bagi permukaan tas kulit. Ini dikarenakan kelenturannya jadi berkurang, dan kelembapannya juga bertambah. Merawat tas kulit agar tidak mengelupas bisa kamu lakukan dengan menggunakan tas kulit tersebut secara rutin dan secara bergantian.

Ketika kamu hendak menggunakantas kulit kembali karena lama tak digunakan, merawat tas kulit agar tidak mengelupas bisa kamu bersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Kemudian angin-anginkan tas kulit tersebut sebentar sebelum kamu menggunakannya kembali. Cairan atau produk oles tas kulit ini berguna agar tekstur tas jadi terjaga sehingga tak mudah mengalami pengelotokan.

  • Gunakan Kain Lembut Atau Kapas untuk Membersihkannya

Merawat tas kulit agar tidak mengelupas membutuhkan bahan dan peralatan yang mendukung seperti kain microfiber, kapas, atau kain yang memiliki tekstur lembut lainnya. Ini untuk menjaga agar permukaan tas kulit jadi tak mudah rusak. Hindarilah menggunakan spons atau pun tisu ya, ini dikarenakan tisu seratnya tajam dan membuat permukaan serta tekstur tas kulit jadi rusak. Sedangkan untuk bahan spons tidak baik untuk membersihkan tas kulit karena warna alami dari tas tersebut bisa pudar.

Dengan menggunakan kain lembut, jika ada noda atau kotoran yang menempel pada tas bisa langsung kamu bersihkan. Jangan menunda-nunda untuk membersihkannya ketika kamu ingin merawat tas kulit agar tidak mudah mengelupas. Jauhkan pula tas kulit dari percikan air karena rentan menimbulkan jamur yang bisa merusak tas.

  • Menyimpan Tas Kulit di Dalam Dust Bag

Tas kulit yang baru saja kamu beli biasanya terdapat tas pembungkusnya (dust bag). Nah, kamu jangan membuang pembungkus tersebut ya untuk merawat tas kulit agar tidak mengelupas. Dust bag memiliki kegunaan untuk melindungi tas kulit dari debu serta kotoran ketika kamu hendak menyimpannya di dalam lemari atau tempat lainnya. Meski begitu, jangan kelamaan pula meletakkannya di dalam dust bag agar tidak lembap, keluarkan dua atau beberapa minggu sekali agar kualitas kulitnya tak jadi menurun.

Baca Juga:  Biopolish Leather Care Membantu Menghilangkan Bau pada Sepatu Kulit

Dust bag bisa kamu ganti pula dengan kotak khusus untuk melindungi dan merawat tas kulit agar tidak mengelupas. Kotak ini berfungsi menjaga agar tas kulit tetap kering dan terhindar dari debu. Sebelum kamu memasukannya ke dalam kotak, pastikan pula kamu telah mengosongkan tas kulit tersebut terlebih dahulu, serta membersihkan bagian dalam dan luarnya terlebih dahulu. Kalau perlu, kamu bisa menggunakan produk pembersih dan perawatan khusus untuk material berbahan dasar kulit.

  • Mengaplikasikan Biopolish Leather Care pada Tas Kulit Kesayanganmu

produk biopolish leather care

Merawat tas kulit agar tidak mengelupas bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat tas. Produk yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan pada media tas. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat tas kulit jadi awet. Selain itu bisa memberikan kilauan, kelembutan, dan perlindungan dari percikan air. Biopolish Leather Care juga membantu fungsi-fungsi seperti recoloring, retouching, repairing, dan cleaning maksimal.

Fungsi tersebut menjadikan Biopolish Leather Care menjadi produk yang tepat untuk merawat tas kulit agar tidak mengelupas. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care juga beragam. Produk ini dibuat dari bahan alami menggunakan minyak nabati, dari lilin lebah, minyak pinus, minyak biji rami, dan minyak alami lainnya sehingga bersifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak licin. Biopolish Leater Care juga memberikan perawatan tanpa merubah tampilan tas kulit yang doff/gloss alias tampilan kulit yang sebenarnya.

Biopolish Leather Care juga mengandung natural anti-oxidant yang meresap pada substrat material kulit sehingga menambah ketajaman warna tas kulit. Tak hanya itu, Biopolish Leather Care mengandung vitamin-E yang bermanfaat meningkatkan estetika, efek eksotis, dan keindahan tas kulit favoritmu. Produk ini bisa dipesan dan dibeli dengan mudah melalui distributor-distributor yang tersedia di berbagai kota.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Jaket Kulit Kaku Dengan Biopolish Leather Care

Mengakali Tas Kulit yang Mengelupas

Meski begitu, jika mendapati tas kulit kamu mengelupas, jangan khawatir dan berpikir jika tas kulit tersebut tidak bisa diperbaiki. Kalau telah terlanjur mengalami pengelupasan, kamu bisa mengakalinya dengan berbagai cara sekaligus merawat tas kulit agar tidak mengeluas. Bahkan tas kulit tersebut bisa tampak cerah, baru, dan menarik lagi dengan cara-cara sederhana dan mudah untuk dilakukan menggunakan cara-cara hingga bahan-bahan alami di rumah dengan hal-hal berikut (terutama untuk yang tas kulit sintetis):

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih: siapa sangka jika minyak kayu putih yang ramah lingkungan bisa kamu gunakan untuk mengurangi efek kelupasan pada tas kulit. Minyak kayu putih juga bisa kamu gunakan untuk mengilangkan noda atau kotoran yang menempel pada tas. Caranya pun mudah, tuangkan minyak kayu putih pada kain lembut kemudian gosok pada permukaan tas hingga kotoran tersebut hilang dan bersih.
  2. Menggunakan Pasta Gigi: pasta gigi merk apapun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tas kulit juga lo. Caranya sediakan sikat gigi yang memiliki permukaan halus dan lembut, kemudian letakkan pasta gigi di atasnya, gosokkan secara perlahan hingga noda terangkat. Dan lap menggunakan lap bersih.
  3. Gunakan Lem: sebagaimana fungsi lem yang merekatkan, jika tas kulit kamu memiliki kelupasan yang tak terlalu lebar, kamu bisa merekatkannya dengan menggunakan lem. Setelah itu, hindari paparan sinar matahari secara langsung agar permukaan tas tak semakin pecah, dan untuk menjaga kelembapannya jadi normal.

Memanfaatkan Cat Atau Spidol: mendapati tas kulit kesayanganmu mengelupas secara banyak, kamu bisa memanfaatkan cata atu spidol untuk mengakalinya. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk menutupi bagian-bagian yang mengelupas. Gunakanlah warna cat dan spidol yang sesuai dengan warna alami tas kulitmu. Lakukan secara benar. Meski begitu, trik ini mengandung risiko bisa merusak substrat permukaan bagian dalam, kamu bisa memikirkannya juga. Jika pengen aman, bawalah langsung tas kulitmu ke tempat reparasi tas untuk ditindak lebih lanjut.

Baca Juga:  Biopolish Leather Care Semir Sepatu yang Bagus untuk Semua Warna