Tips Finishing Mudah untuk Meja Makan Rayapan dengan Biocide

perawatan furnitur bebas teter

Ruang makan menjadi tempat yang menyenangkan untuk berkumpul dan memasak bersama keluarga. Tempat ini tak hanya tempat makan, tapi juga tempat untuk ngobrol sore dan bercengkerama dengan orang-orang dekat, juga anak-anak. Di ruang makan terdapat berbagai furniture, jika kamu pecinta kayu, meja kayu menjadi pilihan yang diletakkan di ruang makan. Sayangnya, meja kayu yang ditempatkan di ruang makan jika tak dirawat dengan benar dan rutin akan menjadikannya cepat kotor hingga rayapan.

Rayap sendiri merupakan salah satu jenis serangga utama yang merusak perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Tubuhnya kecil, berkembang biak dengan cepat, dan harus cepat ditanggulangi sebelum melipat jadi lebih banyak (merajalela). Sebelum kamu membeli furniture, periksalah terlebih dahulu furniture tersebut dengan teliti. Adalah lubang-lubang mencurigakan di sana? Lubang yang terindikasi digerogoti rayap atau teter.

Membuat meja makan terjaga dari rayap bisa kamu lakukan sebelum kayu tersebut dibentuk menjadi meja. Ini merupakan langkah yang sangat efektif, selain terlebih dahulu menentukan jenis kayu apa yang akan digunakan untuk membuat meja makan. Sebab jenis kayu yang berbeda memiliki tingkat kepadatan (kesolidan) yang berbeda, ini berdampak pada daya tahan kayu dalam menghadapi jenis rayap. Selain jenis kayu, faktor penempatan juga berperan besar. Pada kayu yang diletakkan di dalam ruangan (interior) pada suhu lembap lebih rentan terserang rayap, dibanding dengan furniture yang diletakkan di luar ruangan (eskterior), apalagi yang sering terpapar matahari.

Dalam kondisi terburuk, koloni rayap bisa membentuk gundukan. Jenis rayap model ini seperti coptotermes juga mengkonsumsi jamur. Sarang rayap jenis ini memiliki kelebapan tinggi serta gundukan yang mirip sarang-sarang. Untuk mencegahnya dilakukan langkah yang pro-aktif dan preventif untuk mencegah kerusakan pada mebel. Hal itu bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana seperti mengecek secara rutin beberapa minggu sekali. Jangan sampai kamu membiarkan perkembangbiakan rayap semakin besar.

Baca Juga:  Rekomendasi Produk Wax Kayu Aman Untuk Furniture Dirumah Anda

Biasanya kayu yang memiliki tingkat kepadatan tinggi memiliki daya tahan yang cukup tinggi pula daripada jenis kayu yang cepat rapuh. Umumnya rayap tidak tertaik dengan jenis kayu yang memiliki daya tahan tinggi. Ditambah, meja makan yang rayapan bisa diakibatkan karena berbagai faktor, semisal karena diletakkan di tempat yang lembap dengan suhu yang di bawah normal. Sebelum dijadikan mebel, pada tahap finishing akan diolesi dulu dengan larutan yang bisa melindungi dari rayap. Salah satunya Biopolish Natural Oil dan Biocide.

Cara Melindungi Furniture dari Rayap

Rayap memang menjadi musuh kayu, kehadirannya bisa mudah terprediksi terutama di tempat yang pencahayaannya kurang, lembap, dan rayap merayap secara diam-diam mengganggu keindahan furniture. Berikut beberapa cara dan metode yang bisa kamu lakukan untuk melindungi furniture dari rayap. Baik secara alami maupun mengunakan bahan kimia tertentu yang efektif untuk membasmi rayap.

  1. Sinar Matahari

Rayap suka di tempat yang lembap dan tak suka dengan sinar matahari. Rayap lebih suka dengan tempat-tempat yang sejuk dan gelap. Cahaya matahari sangat dibencinya karena memberikan sengatan panas. Dengan menjemur furniture di bawah sinar matahari, akan mencegah bersarangnya rayap pada furniture tersebut. Waktu jemur sekitar 2 hingga 3 jam, kamu bisa mengulanginya hingga rayap hilang.

  1. Kardus

Kardus memiliki kandungan selulosa yang disukai rayap, itu kenapa rayap suka memakan kardus. Kelemahan ini bisa dimanfaatkan untuk menjebak rayap. Hal yang bisa kamu lakukan adalh dengan membasahi beberapa lembar kardus, kardus basah ini akan menarik rayap dalam jumlah yang cukup besar. Setelah rayap datang dan terperangkap dalam kardus basah, bakarlah kardus tersebut. Lakukan hal yang sama untuk ruangan yang terindikasi ada rayapnya.

  1. Minyak Jeruk:
Baca Juga:  Lihat disini Tutorial Bagaimana Cara Pakai Furniture Polish yang Benar

Minyak jeruk bisa membunuh rayap karena kandungan D-Limonen-nya. Zat ini efektif untuk membasmi rayap dengan cara mengoleskannya pada area yang ada rayapnya, selain dioles, kamu minyak jeruk juga bisa diaplikasikan dengan cara disemprot.

  1. Asam Borat

Zat kimia yang terkandung dalam asam borat efektif pula untuk menyingkirkan rayap. Bisa diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada area yang mengandung rayap. Asam borat bisa disemptrotkan secara rutin dan teratur untuk mencegah rayap kembali.

  1. Biocide

Biocide merupakan produk obat rekomendasi untuk mencegah, merawat, dan membasmi rayap yang ada pada furniture atau mebel kesayanganmu. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis furniture kayu. Seperti tips finishing mudah untuk meja makan rayapan natural oil, biocide akan dijelaskan pada bab berikutnya. Secara umum, biocide atau biosida merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk mengendalikan organisme yang berbahaya atau merusak pada produk alami atau buatan pabrik.

Tips Finishing untuk Meja Makan Rayapan

Untuk membersihkan dan merawat kayu dari teter, thotor dan rayap, jangan lupa untuk menggunakan Biocide. Cara pakainya dengan menguas bagian furniture yang terkena hama atau mikroorganisme. Dan jika digunakan untuk pengawetan, rendamlah kayu menggunakan biocide sebelum dibentuk menjadi berbagai macam furniture. Tips finishing mudah untuk meja makan rayapan natural oil, Biocide beguna untuk mengontrol dan mengendalikan bakteri sampai tingkat yang aman.

Tak bisa dipungkiri jika furniture atau mebel di tempatkan pada tempat yang memiliki suhu yang tidak normal, maka akan muncul bakteri-bakteri yang mengganggu. Bakteri yang dimaksud di sini adalah makhluk atau miro-organisme yang berukuran sangat kecil termasuk menempel pada furniture kayu. Bakteri menghasilkan sifat asam sehingga bisa membuat rusak material yang dihinggapinya. Dengan menggunakan Biocide, bisa menjadi obat organsik yang bisa menembus substrat kayu dan mudah untuk diaplikasikan.

Baca Juga:  Cara Merawat Furniture Kayu Jati Dari Jepara yang Memiliki Ukiran Indah

Biocide produk dari Bioindustries, untuk perawatan awal dibutuhkan dalam jumlah yang lumayan besar. Sedangkan untuk kontrol selanjutnya dibutuhkan jumlah yang lebih sedikit. Jumlah ini juga tergantung tingkat kekotoran dan kerusakan dari material yang akan dibersihkan menggunakan dengan biocide.

Untuk mencegah meja makan dari serangan rayap, kamu bisa mengaplikasikan Biopolish Natural Oil dan Biocide Inseticide dengan penggunaan yang sangat mudah. Tips finishing mudah untuk meja makan rayapan Natural Oil, Biocide adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan material kayu terlebih dahulu meja kayu menggunakan lap atau kuas
  2. Siapkan air dan Biocide, kemudian campurkan Biocide dengan air secukupnya dan aduk secara merata
  3. Oleskan larutan tersebut pada permukaan meja kayu, kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan cara disemprot
  4. Tunggu hingga beberapa saat sampai luratan meresap secara merata
  5. Siapkan Biopolish Natural Oil dan poleskan ke permukaan meja kayu tersebut dengan menggunakan kain hingga merata
  6. Tunggu hingga kering

Produk Biocide dan Biopolish Natural Oil bisa kamu dapatkan dan kamu pesan di berbagai platform dan aplikasi. Dari Whatsapp, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Yuk, rawat rutin dan jaga furniture di rumahmu dari rayap!