Merawat Tas Kulit Berjamur Agar Awet, Bag Lovers Wajib Tahu

Barang-barang yang berharga tak cukup jika sekadar memilikinya saja, tapi juga butuh perawatan yang telaten agar tetap awet. Salah satu barang yang berharga bagi para bag lovers yaitu tak kulit. Sebenarnya, tas merupakan benda zaman prasejarah, fungsinya sangat vital untuk membantu membawa barang bawaan. Zaman dulu, tas dibuat menggunakan kulit dan kayu. Lalu bahan  untuk membuat tas semakin berkembang, salah satunya tas kulit dari bahan kulit alami binatang hingga kulit sintetis hingga vinyl. Bentuknya yang catchy juga membuat tas sangat mendukung dunia mode dan fashion.

Tas yang terbuat dari kulit memang dikenal memiliki kualitas, baik secara tekstur, warna, kelembutan permukaan, dan penampilannya yang elegan. Sayangnya, tinggal di kawasan yang memiliki iklim tropis cukup membuat seseorang harus berhati-hati melakukan perawatan terhadap tas. Jika perawatan tidak benar, maka jamur, debu, dan lain-lain bisa menempel.

Tentu ini akan membuat tas jadi terlihat rusak. Terlebih jamur, bisa merusak penampilan original si tas. Untuk itu mengatasi tas kulit berjamur diperlukan teknik-teknik merawat tas kulit berjamur tersendiri. Membersihkan tas kulit tentu berbeda dengan membersihkan kulit manusia. Meski tas tak kotor, tak memiliki noda, tak ada debu maupun bercak, kamu mesti rutin untuk membersihkannya.

Penyebab tas kulit berjamur ada berbagai faktor, mesti hati-hati merawatnya tak boleh sembarangan. Sebab jika dirawat secara sembarangan jamur akan muncul. Namun secara umum jamur muncul karena tas berada di kondisi yang lembap. Entah disimpan di tempat yang lembap, terkena hujan, tertumpuk dengan pakai basah, atau karena lupa untuk tidak segera dibersihkan ketika tas terkena air. Tas kulit berjamur lebih karena penempatan yang salah di tempat lembap, perawatan yang salah, atau pemakaian yang tak hati-hati ketika terkena hujan. Untuk itu hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tas kulit yaitu dengan memperhatikan tempat penyimpanan.

Baca Juga:  Soundcloud music

Tips Merawat Tas Kulit Secara Umum

Mempunyai tas kulit yang terlihat baru dan awet tentu menjadi idaman. Meski keawetan ini sangat tergantung dengan jenis material yang digunakan. Terlebih di bagian warna tas, karenanya menyimpan tas di dust bag atau kantong pembungkus bisa melindungi tas dari kotoran. Jangan lupa juga untuk menjaga bentuk tas kulit agar terus konstruktif. Caranya dengan mengisinya dengan bubble wrap atau kamu bisa menggantinya dengan plastik, kertas, kain atau lain-lainnya agar bentuknya tetap baik. Terlebih jika tas ditindih dengan barang-barang lain.

Bagi kamu para perempuan yang sering menempatkan produk kosmetik seperti bedak, lipstik, foundation, dan lain sebagainya sebagiknya menggunakan pouch khusus untuk kosmetik. Ini untuk menghindari agar produk tersebut tak tumpah langsung ke dalam tas kulit. Pouch bisa menampung sementara jika kosmetik jatuh ke dalam tas kulit. Jika tas kulit tak terpakai, sebaiknya kamu bersihkan dan kosongkan isinya. bersihkan dengan lap atau lainnya.

Mencegah tas kulit jamuran bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara menghilangkan noda tas kulit yang berjamur paling mudah adalah dengan menggunakan baking powder. Baking powder sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap akibat jamur; sekaligus menghilangkan jamur. Caranya pun cukup mudah. Bungkus tas kulit menggunakan sarung bantal (dust bag), letakkan satu mangkuk baking powder pada tas kulit secara merata. Biarkan kurang lebih selama 24 jam, maka bubuk pengembang yang biasa digunakan untuk membuat kue tersebut akan menyerap bau-bau tak sedap yang ada pada tes. Untuk lebih detailnya secara khusus, berikut beberapa cara mencegah tas kulit berjamur:

Memberi Penyerap Kelebapan

Jika tas kulit tidak sedang berada di suhu normal, ada baiknya kamu memberi tas kulit tersebut penyerap kelembapan. Ini menjadi bahan yang efektif agar jamur ogah menempel pada tas kesayanganmu. Selain memberi penyerap kelembapan, jangan lupa untuk memberikan tas dengan sedikit sinar dari matahari alias paparkan matahari sebentar saja untuk mencegah tas kulit berjamur. Kamu juga bisa menggantungkan tas di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Gantung selama beberapa jam, khususnya ketika siang haru agar tas tetap kering.

Baca Juga:  Temukan disini! Distributor Biopolish untuk Seluruh Wilayah Indonesia

Meski begitu, tas kulit berjamur tidak boleh diletakkan di tengah terik matahari secara langsung. Jika hal ini kamu lakukan, bisa membuat warna tas jadi pudar, tekstur dan permukaannya jadi mudah retak. Yang paling aman dengan menyimpannya pada tempat yang kering dan sejuk; atau jika basah bisa diangin-aningkan atau menepuk-nepuknya menggunakan handuk. Hindari pula menumpuk tas kulit dengan tas-tas lainnya karena massa yang berat di satu sisi membuat pori-pori jadi tertutup membikin tas tak bsa bernafas, sehingga jamur pun tumbuh.

Mengeringkan Tas Kulit

Jamur sangat anti dengan sinar matahari. Alasan mengapa muncul jamur pada tas kulit salah satunya karena tas berada tidak dalam kondisi kering. Untuk itu tas kulit berjamur perlu dikeringkan, terlebih ketika tas habis terkena hujan, terkena tumpahan air, maupun keciprat air secara sengaja atau tidak sengaja lainnya, threatment pengeringan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Pertolongan pertama untuk membersihkan tas yang terkena air ialah dengan mengelapnya menggunakan kain atau handuk. Caranya dengan menepuk-nepukannya berdasarkan serat tas kulit. Oiya, jangan pakai tisu sebab bisa melekat pada bahan tas. Jika ada noda, bersihka dengan minyak dan jangan menggunakan air karena kulit nanti bisa mudah terkelupas.

Sirkulasi udara yang baik mempengaruhi kualitas tas kulit mlikmu. Tas kulit berjamur udah tumbuh di tempat tertutup, mencegah tas kulit jamuran bisa kamu lakukan dengan meletakkannya di tempat yang lebih terbuka, yang tidak lembap. Jangan sampai tas kulit yang berharga tinggi rusak dan mengelupas kulit permukaannya karena salah penyimpanan.

Mengolesi dengan Lition Anti-jamur dari Bioplish

Tas kulit berjamur tidak cukup hanya dibersihkan saja, tapi kalau perlu oleskan pula dengan lotion. Salah satu produk berkualitas yang bisa kamu gunakan adalah Biopolish Leather Oil. Produk satu ini merupakan produk khusus yang difungsikan untuk perawatan segala jenis material kulit seperti tak kulit, baik tas kulit asli maupun tas kulit sintetis.

Baca Juga:  merawat tas kulit dengan Poles Tas Kulit Vinyl biopolish leather care

Biopolish Leather Care memiliki banyak keunggulan, karena tidak berwarna bisa membuat permukaan tas kulit jadi lebih  tajam dan terlihat baru. Diformulasikan secara khusus dari lilin lebah atau beeswax, dengan linseed oil dan pine oil, bahannya tidak merusak permukaan tas. Juga nyaman untuk diaplikasikan karena tidak berbau sebagaimana semir yang memiliki kandungan kimia. Sangat ampuh untuk mencegah tas kulit berjamur.

Cara mengaplikasikan Biopolish Leather Oil juga cukup mudah pada tas kulit. Pastikan terlebih dahulu tas kulit telah bersih dan kering sebelum dioles menggunakan Biopolish Leather Oil. Kamu bisa menggunakan kain bersih untuk memoles atau menggosok secara merata pada permukaan tas kulit. Diamkanlah selama beberapa saat hingga formulasi Biopolish Leather Oil menyerap pada substrat tas. Dengan menggunakan Biopolish Leather Oil tas kulit akan tambah lentur dan warnanya jadi lebih bersinar.