Merawat Tas Kulit Sintetis Agar Bisa Kamu Tenteng Bertahun-Tahun

Tas kulit sintetis menjadi salah satu aksesoris fashion yang banyak digandrungi baik oleh perempuan maupun laki-laki. Model tas kulit pun dari hari ke hari terus mengalami perkembangan dan tak ada matinya. Sifatnya yang cocok untuk dikenakan oleh semua kalangan usai, baik anak-anak, orang dewasa, hingga tua membuat tas kulit sintetis jadi salah satu produk yang laris. Meski begitu merawat tas kulit sintetis tak semudah yang dibayangkan. Salah merawatnya bisa merusak tampilan tas kulit sintetis favorit kamu.

Fyi, tas berbahan sintetis atau imitasi yang terbuat dari poliuretan, PVC, atau lainnya memang memiliki harga yang lebih terjangkau daripada tas kulit asli. Sayangnya jika tak dirawat dengan benar, tas kulit sintetis akan berumur pendek karena permukaannya uang terbuat dari bahan kimia terebut mudah mengalami pengelupasan, perapuhan, dan kerusakan. Berikut cara merawat tas kulit sintetis agar tetap awet:

promo produk biopolish beeswax
  • Menjauhkan Tas Kulit Sintetis dari Sinar Matahari

Namanya juga tas, sering dibawa bepergian kan? Sehingga tak lepas dari lingkungan luar termasuk salah satunya paparan sinar matahari secara langsung. Eits, bagi kamu yang memiliki tas kulit sintetis, memaparkan tas kulit sintetis pada sinar matahari secara langsung bisa membuat tas kulitmu jadi pudar lho. Sebabnya, merawat tas kulit sintetis yang mesti kamu perhatikan adalah menjauhkannya dari sinar matahari secara langsung agar tak pudar dan teksturnya jadi tak mudah retak. Terlebih ini terjadi pada siang hari ketika sinar surya tengah terik-teriknya.

Selain sinar matahari, panas juga tidak baik bagi tas kulit sintetis kesayanganmu. Jadi jangan meletakkan tas kulit sintetis di tempat dengan suhu yang sangat panas, atau sebaliknya sangat lembap. Merawat tas kulit sintetis dari panas juga bisa kamu lakukan dengan tidak menggunakan dryer panas untuk mengeringkannya. Dryer yang panas bisa membuat permukaan tas kulit sintetis jadi lebih sensitif, jika tak sesuai suhu akan menyebabkannya mengelupas.

  • Pastikan Permukaan Tas Kulit Sintetis Terjaga Tetap Kering

Jika musim hujan tiba, air tak bisa dipungkiri akan lebih sering berinteraksi dengan kita. Terlebih jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan sembari tak lepas dari tas kulit sintetis. Sayangnya, tas yang berbahan sintetis mesti kamu jaga tetap kering agar terus awet. Sebab, cipratan air yang mengenai tas kulit sintetis ketika air tersebut tak segera dibersihkan akan membuatya lembap. Jika lembap akan rentan dengan berbagai mikroorganisme parasit berdatangan seperti jamur. Merawat tas kulit sintetis yang mesti kamu sadari adalah segera mengelapnya ketika sedikit saja tas terkena air.

promo produk biopolish natural oil

Tak hanya itu, sehabis digunakan simpanlah tas kulit sintetis ke lemari atau tempat yang memiliki suhu normal. Benar-benar hindari ruangan, lemari, atau tempat yang lembap. Lembap di sini memiliki suhu yang di bawah standar, dengan ciri-ciri ruangan yang lebih dingin daripada biasanya sehingga jamur atau lumut bisa mudah muncul. Merawat tas kulit sintetis dengan meletakkannya pada ruangan bersuhu normal akan menambah umur tas.

  • Jangan Pernah Menumpuk-Numpuk Tas Kulit Sintetis dengan Tas Atau Barang Lain

Kebiasaan menumpuk-numpuk barang harus kamu hindari ketika kamu memiliki tas kulit sintetis. Merawat tas kulit sintetis bisa dilakukan dengan tidak menumpuk tas kulit tersebut. Cara yang tepat adalah dengan menyusunnya secara berderet dan rapi. Pastikan pula agar antara tas satu dengan tas lainnya memiliki ruang untuk bernafas, sehingga tidak saling dempet-dempetan. Jika kamu melanggarnya, maka tas kulit sintetis milikmu akan mudah rusak tekstur, bentuk, dan kelenturannya. Ini akan semakin buruk jika kamu menumpuknya dengan benda-benda yang lebih berat seperti balok atau kardus tertentu.

Merawat tas kulit sintetis dengan cara dijejer secara rapi juga memberi keuntungan lebih karena tas itu bisa bertahan lebih lama dan bisa dengan anggun kamu tenteng selama bertahun-tahun, mungkin malah bisa kamu wariskan kepada generasi setelahmu. Jika kamu memiliki tas kulit asli, ada baiknya untuk memisahkannya dengan tas kulit sintetis. Ini dikarenakan tas kulit sintetis memiliki kandungan zat kimia berwarna yang cukup kuat. Di mana tas kulit asli bisa menyerap kandungan kimia tersebut jika tidak dibedakan ruangannya. Jika sudah terserap, akan timbul bercak-bercak noda pada tas kulit asli.

  • Istirahatkan Tas Kulit Sintetis Jika Terlalu Lama Terpakai

Menggunakan tas kulit sintetis secara terus menerus ternyata tak baik juga lho, sama halnya dengan tak baik jika kita menggunakan peralatan lain secara terus menerus pula. Tas juga perlu istirahat setelah kita menggunakannya seharian di ruang tertutup maupun terbuka. Merawat tas kulit sintetis bisa dilakukan dengan mengistirahatkannya, membersihkannya, dan menyimpannya selama satu atau dua hari sesuai kebutuhan untuk menghindari risiko permukaan tas kulit jadi pudar dan warnya terlihat kusam.

Kebalikannya pula, jangan mendiamkan atau menyimpan tas kulit sintetis terlalu lama. Jika kamu mendiamkan terlalu lama atau jarang banget kamu pakai, maka permukaan tas kulit jadi mudah untuk mengelotok atau mengelupas. Ini dikarenakan kelenturannya berkurang karena tak pernah kamu pakai. Jadi, merawat tas kulit sintetis bisa kamu lakukan denan memakai atau mengenakannya secara rutin pada berbagai aktivitas atau kegiatan. Baik formal ataupun non-formal sesuai kebutuhan.

  • Mengolesinya dengan Biopolish Leather Care, Produk Perawatan Kulit Terbaik

Memberi kondisioner pada tas kulit sintetis selain membuat warnanya jadi lebih cerah juga akan memperpanjang umur tas kulit sintetis milikmu. Salah satu produk perawatan kulit terbaik adalah Biopolish Leather Care. Produk ini dibuat dengan bahan alami lilin lebah dan formulasi lain yang sangat berguna untuk merawat aneka barang berbahan dasar kulit, termasuk merawat tas kulit sintetis maupun tas kulit asli.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Biopolsih Leather Care adalah bisa melembutkan, melenturkan, dan melindungi tas kulit sintetis. Produk ini juga mencegah agar permukaan tas kulit sintetis jadi tak mudah pecah, mengelupas, dan mengelotok karena berbagai faktor. Entah itu karena percikan air, paparan sinar matahari secara langsung, atau karena serangan jamur yang memudarkan warna tas kulit sintetis. Merawat tas kulit sintetis dengan menggunakan Biopolish Leather Care juga sangat membantu di musim hujan karena bisa mencegah rembesan percikan air hujan yang masuk ke dalam substrat atau permukaan tas kulit sintetis.

Khasiat lain dari Biopolish Leather Care adalah menjaga keaslian warna tas kulit sintetis menjadi lebih tajam dan lebih cerah. Produk ini bisa diaplikasikan dengan mudah pula menggunakan lap kain halus, lalu mengusapkannya secara merata pada seluruh bagian tas kulit sintetis. Lalu diamkanlah selama beberapa saat agar bahan material alami meresap ke pori-pori tas. Lakukan hingga warnanya jadi lebih tajam dan teksturnya jadi lebih lentur. Merawat tas kulit sintetis dengan Biopolish Leather Care jadi mudah kan. Jadi rawat tas kulit sintetismu secara rutin.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer