Meremajakan Furniture Kayu Menguntungkan, Berikut Alasannya

meremajakan furniture kayu

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia menjadi gudang dari furniture berbahan kayu yang berkualitas. Furniture dengan bahan kayu yang dibuat para pengrajin Indonesia memiliki nilai estetis yang sangat tinggi. Baik dari segi ukiran maupun desain furniture itu sendiri.

Berikut ini beberapa contoh furniture rumah dengan bahan kayu yang pastinya sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Sofa

Sofa menjadi furniture wajib yang harus ada di rumah. Apalagi jika diletakan di ruang tamu. Sofa memiliki perananan penting di ruang tamu, yaitu untuk membuat tamu yang datang merasa dihargai. Sebagian besar sofa yang digunakan terbuat dari bahan empuk. Meskipun demikian, beberapa orang memilih untuk menggunakan sofa dengan bahan kayu. Biasanya untuk kenyamanan sofa berbahan kayu akan ditambahi bantal empuk.

  1. Meja

Sofa dan meja merupakan pasangan yang tidak terpisahkan. Jika ada sofa, sudah pasti ada meja.

  1. Tempat Tidur

Berbicara tentang kenyamanan, salah satu furnitur yang paling wajib diperhatikan adalah tempat tidur. Tempat tidur yang nyaman juga punya efek bagus untuk kesehatanmu, karena kasur yang baik bisa membuat tidurmu lebih nyenyak.

  1. Meja Makan

Adanya meja makan ternyata sama pentingnya dengan kehadiran sofa di dalam rumah. Meja makan sering kali dikaitkan dengan simbol keharmonisan keluarga. Tapi, terlepas dari anggapan tersebut, meja makan menjadi pemersatu keluarga saat makan bersama.

furniture kayu

furniture kayu. sumber: https://www.dekoruma.com/artikel/27433/kayu-jati-furniture-idaman-wanita

  1. Lemari

Lemari menjadi furniture selanjutnya yang wajib ada di rumah. Lemari memiliki manfaat yang sangat besar, terutama untuk menyimpan banyak barang-barang yang kita miliki sehingga membantu rumah menjadi tetap terlihat rapi.

 

Jenis-jenis Kerusakan pada Furniture Kayu

Furniture dengan bahan kayu memang lebih kuat dan tahan lama. Beberapa kayu bahkan memiliki tingkat keawetan nomor I, yang artinya bisa tahan selama bertahun-tahun. Akan tetapi jika tidak disertai dengan perawatan yang tepat, seringkali furniture kayu juga mengalami kerusakan lebih cepat. Hal ini karena ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan dan tak disadari bisa membuat furnitur kayu cepat rusak.

Beberapa jenis kerusakan yang bisa terjadi pada kayu diantaranya adalah kerusakan dalam bentuk goresan. Goresan bisa terjadi karena furniture kayu berbenturan dengan benda lain, atau secara tidak sengaja putra-putri kita bermain-main menggunakan alat tertentu dengan furniture kayu.

Noda dan debu adalah kerusakan yang juga tidak boleh diremehkan. Noda yang disebabkan oleh makanan atau organisme tertentu bisa merusak furniture kayu lebih cepat jika tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu kamu harus memeriksa dan membersihkan furniture kayu kamu sesering mungkin sebelum muncul noda dan debu membandel.

Jenis kerusakan lain yang cepat membuat furnitur kayu rusak adalah retakan. Ini dapat disebabkan oleh pukulan atau hanya karena kayunya berkualitas buruk. Di sisi lain, penggunaan reguler dapat merusak permukaan atau meninggalkan retakan.Penting untuk memeriksa setiap furnitur kayu, jika terdapat retakan putar agar penggunaan sisinya jadi lebih imbang. Hindari juga menaruh beban yang berat di atasnya.

Pudar dan kusam adalah kerusakan lain yang bisa tejadi pada kayu. Warna furniture yang memudar biasanya terjadi karena sengatan sinar matahari langsung. Oleh karena itu hindari menaruh perabot kayu dekat dengan jendela yang mendapat paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menghitamkan kayu dan menyebabkan material memburuk. Biasanya menyebabkan kayu kehilangan kecerahan dan ketahanannya.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi tersebut setidaknya disebabkan oleh tiga faktor utama. Yang pertama adalah faktor lingkungan. Lingkungan tempat furniture disimpan seringkali tidak ideal. Terutama dalam hal kelembaban kekeringan. Kelembaban dan kekeringan yang berlebihan dapat menyebabkan furniture menjadi retak.

Faktor kedua adalah faktor kimiawi. Saat ini banyak tersedia produk pembersih furniture dengan campuran kimiawi yang tidak cocok sehingga malah merusak bahan kayu. Selain itu, noda-noda yang disebabkan tumpahan makanan juga bisa merusak bahan kimiawi permukaan furniture.

Faktor ketiga adalah faktor fisik. Faktor fisik bisa terjadi dalam bentuk benturan, goresan, kebakaran dan lain-lain. Kerusakan karena faktor fisik lebih gampang terlihat tetapi juga paling sulit untuk ditangani karena langsung merusak fisik furniture. Oleh karena itu, jika furniture kayu kamu sudah terlanjur mengalami kerusakan, saatnya untuk melakukan peremajaan furniture kayu, atau biasa disebut dengan refinishing.

 

Melakukan Refinishing dengan Biopolish Natural Oil

Jika furniture kayu di rumah kamu sudah terlanjur mengalami kerusakan, maka refinishing bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kualitasnya. Melakukan refinishing atau peremajaan ulang diperlukan memiliki banyak keuntungan, di antaranya adalah

  1. Furniture kembali terlihat baru
  2. Kerusakan fisik furniture bisa tertutupi
  3. Permukaan furniture kayu lebih mengkilap dan warnanya kembali cerah
  4. Permukaan furniture kayu menjadi tahan lama karena terlapisi oleh minyak kayu

Salah satu produk perawatan kayu yang bisa digunakan untuk melakukan peremajaan ulang adalah Biopolish Natural Oil.  Biopolish Natural Oil merupakan cairan berkualitas yang dibuat khusus menggunakan formula alami. Cocok untuk diaplikasikan baik di dalam atau di luar ruangan. Berbagai jenis kayu juga bisa diolesi dengan minyak satu ini, seperti kayu jati asli, kayu jati belanda, kayu mahoni, dan lain-lain.

Bahan Biopolish Natural Oil sanggup meresap ke permukaan dalam kayu yang membuatnya terlihat baru dan terawat. Sangat cocok sekali digunakan pada furniture yang permukaannya sudah mulai kusam dan pudar. Dengan bahan-bahan alami yang dikandungnya, Biopolish Natural Oil adalah pilihan yang sangat baik untuk finishing maupun perawatan. Minyak ini terbuat dari mineral oil bermanfaat untuk menambah keindahan dan keawetan furniture kayu dengan cara pengaplikasikan yang mudah.

Biopolish Natural Oil mempunyai fungsi utama memberikan kecerahan dan ketajaman kayu dengan alami, melindungi dari percikan air, dan mencegah datangnya organisme yang mengganggu. Selain itu, Biopolish Natural Oil juga membuat furniture rumah jadi tampak lebih alami dengan sifat natural look yang diberikan. Produk ini juga mudah untuk digunakan, yakni cukup dengan menggunakan dengan alat bantu berupa lap atau kuas.

Untuk melakukan peremajaan ulang dengan menggunakan Biopolish Natural Oil kepada furniture kayu, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  1. Untuk membuat permukaan kayu lebih halus, ambilah amplas dan lakukan pengampelasan dengan menggunakan amplas halus.
  2. Jika ada bagian dari furniture kayu yang retak atau pecah, tutup terlebih dahulu dengan dempul kayu yang cocok.
  3. Tunggu dempul hingga kering secara alami, jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung
  4. Oleskan Biopolish Natural Oil secara merata ke seluruh permukaan.
  5. Tunggulah hingga Biopolish Natural Oil menyerap pada substrat kayu dengan mendiamkannya selama beberapa waktu hingga mengering. Sekitar 10 hingga 15 menit.
  6. Terakhir, oleskan cat warna sesuai selera kamu.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Natural Oil bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.