Minyak Biji Rami, Kandungan dan Khasiatnya

Minyak biji rami merupakan minyak nabati dari biji rami. Minyak ini memiliki banyak fungsi, termasuk sebagai bahan pembuat poles kayu.

Minyak biji rami adalah minyak yang dihasikan dari proses pengeringan biji tanaman Linum (Linum usitassimun) alias rami. Biji tersebut diberikan tekanan sehingga menghasilkan cairan ekstrak. Minyak ini memiliki sifat khusus karena dapat terpolimerasi dalam bentuk padatan. Karakter tersebut membuat minyak biji rami dapat digunakan sebagai kombinasi dengan berbagai bahan lain dari minyak hingga pigmen.

Secara historis, minyak biji rami telah dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan. Minyak ini dianggap memiliki pengaruh baik bagi kesehatan tubuh sehingga sering dimanfaatkan untuk menjaga stamina. Di Eropa, anggapan semacam itu berkembang dan secara tradisional banyak dikonsumsi bersama makanan pokok mereka seperti kentang. Mengingat adanya kandungan asam lemak omega-3 (asam alfa linoleat), anggapan tersebut terbukti benar.

Kandungan Linseed Oil atau Minyak Biji Rami

Berbeda dengan jenis lain, minyak biji rami memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi. Lebih dari 50% kandungan minyak biji rami merupakan asam lemak omega-3. Kandungan lain adalah adalah asam linoleat ganda tidak jenuh, asam oleat tidak jenuh, dan asam palmitat jenuh.

Fungsi dan Keunggulan Minyak Biji Rami sebagai Poles Kayu

Karena karakternya mudah terpolimerasi begitu terpapar oksigen, minyak biji rami sering dimanfaatkan untuk proses yang membutuhkan pengeringan, selain sebagai suplemen karena memiliki kandungan nutrisi. Dalam proses pengolesan kayu, minyak ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat produk polishing. Minyak biji rami yang mudah terpolimerasi akan masuk ke dalam pori-pori permukaan kayu dan menciptakan perlindungan yang baik. Pengisian dalam pori-pori kayu menjadikan kayu lebih kuat dan tahan terhadap tekanan sehingga tidak mudah melekuk.

Poles Berbahan Linseed Oil yang Bagus

Gunakanlah Biopolish linseed oilyang mengandung linseed oil untuk perawatan furniture kayu outdoor dan Biopolish beeswaxuntuk indoor. Produk ini akan menghambat proses pelapukan kayu karena berbagai faktor seperti usia dan cuaca. Produk ini juga akan membuat kayu tahan terhadap serangan jamur, mikroorganisme, hingga bakteri. Selain itu, semir kayu ini pun termasuk produk ramah lingkungan dan aman digunakan karena tidak mengandung logam berat maupun zat-zat toksik lainnya yang dapat mencemari udara sekitar.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.