Perawatan Mebel Kayu Agar Bebas Dari Debu yang Membandel

Perabotan klasik yang terbuat dari kayu memang memiliki pesona dan gayanya sendiri. Melihatnya saja kamu bisa menikmati produk budaya dan masa yang berbeda, entah itu masa lalu, vintage, bahkan modern. Tak heran perawatan mebel kayu klasik ini kadang bikin frustrasi bagaimana cara maintenance yang tepat agar bersih dan bebas dari debu membandel.

Ketika kamu tengah melakukan perawatan pada perabot mebel kayu, untuk menjaga agar kayu terlihat bagus kamu harus mengetahui dasar-dasar membersihkannya. Paling tidak, lakukan perawatan mebel kayu secara rutin dari debu, kotoran, hingga risiko terserang serangga yang bisa merusak kayu kesayanganmu. Debu misalnya, dapat menyebabkan adanya endapan udara yang menumpuk pada permukaan furniture kayu.

Jika debu bersarang terlalu lama di permukaan, maka akan bisa menyebabkan hal-hal yang tak mengenakkan. Dari tampilan yang kusam dan kotor, sampai risiko menjadi pemicu alergi atau bagi orang yang memiliki penyakit asma bisa membahayakan kesehatan. Sayangnya, debu ini setiap hari ada dan sebagian besar akan melekat pada kain dan mebel kayu yang ada di rumahmu.

Untuk itu diperlukan teknik perawatan mebel kayu yang benar, sehingga debu bisa dibersihkan dari permukaan dan tidak malah menyebar ke seluruh ruangan. Caranya bisa bermacam-macam, yang paling sederhana ambillah kain microfiber dan basahilah sedikit sebelum melakukan pengelapan. Lalu bersihkan kelebapan berlebih dari kain microfiber tersebut menggunakan handuk kering.

Berbagai Macam Pembersih Debu yang Efektif untuk Membersihkan

Di pasaran terdapat berbagai jenis pembersih debu yang belum banyak dikenal. Sebelum mencari alat pembersih debu yang tepat untuk perabotan kayu, periksalah dulu jenis debu seperti apa yang menempel pada perabotan. Berikut beberapa di antaranya yang mesti kamu tahu agar prosesi perawatan mebel kayu milikmu jadi lancar.

  1. Lap Bulu Klasik Atau Kemoceng

Tentu jenis pembersih debu satu ini tidak asing dan sering ditemukan sebagai salah satu alat untuk bersih-bersih. Bentuknya yang khas dengan bulu-bulu yang lembut, ringan, dan mudah dipegang bisa dijadikan alat perawatan mebel kayu yang paling sederhana. Gunakanlah kemoceng yang terbuat dari bulu unggas, aplikasikan pada furniture kayu seperti meja, kursi, bingkai foto, karya seni, dan lain-lain.

  1. Lap Kain dari Wol Domba

Lap wol domba memilliki kandungan lanonin yang bisa menarik debu. Lap satu ini juga efektif untuk membersihkan lekuk-lekuk perabotan mebel kayu yang susah dijangkau oleh kemoceng maupun kain biasa, karena strukturnya sendiri bisa menempel lembut pada kayu. Area yang sulit dikangkau dalam perawatan mebel kayu seperti rak tinggi, kipas langit-langit, ornament rumit dalam karya seni, bisa kamu atasi menggunakan lap dari wol domba.

  1. Kain Katun yang Mudah Menyerap

Kain katun memang biasanya dipakai untuk membersihkan debu dan menjadi alat lap. Kain ini tidak akan menggaruk atau melukai permukaan perabotan mebel kayu rumah ketika kamu tengah mengambil debu kotoran. Agar teraplikasikan dengan baik, kamu bisa membasahi sedikit kain katun ini menggunakan air sebelum membersihkan debu yang hendak dituju. Selain kotoran bisa diangkat, debunya pun jadi tidak ikut berpencar.

  1. Lap Microfiber

Lap jenis atu ini merupakan lap yang tebuat dari serat yang sangat halus. Cirinya memiliki sensasi sentuhan yang begitu lembut pada permukannya. Baik ketika lap itu kamu usap ke permukaan tangan atau ke permukaan benda seperti kayu, kaca, hingga motor/mobil. Lap satu ini mempunyai kemampuan menyerap dan menyimpan air sangat tinggi. Tak heran, lap microfiber menjadi lap yang banyak digemari dan sering dibawa kemana-mana. Lap ini juga sangat cocok ketika digunakan untuk membersihkan debu perabotan kayu unik dan klasik yang kamu miliki.

Cara Membersihkan Mebel Kayu Bebas dari Debu

Ketika melakukan perawatan mebel kayu, pilihlah salah satu atau dua alat pembersih debu yang telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Jangan kamu memakai semprotan pembersih serbaguna sebagaimana yang biasa kamu gunakan di meja makan atau lainnya. Jangan juga langsung membersihkan air dengan air, tapi celupkan kain katun ke dalam sabun yang telah dilarutkan dalam air. Kemudian peras secukupnya dan seka pada bagian yang kotor. Bilaslah segera dan keringkan menggunakan kain yang bersih dan lembut.

Setelah bebas dari debu, langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan mebel kayu lanjutan menggunakan produk-produk dari Biopolish.  Biopolish Beeswax, Biopolish Linseed Oil, dan Biopolish Natural Oil bisa menjadi pilihan perawatan yang menjaga agar perabotan kayu tetap awet, kinclong, bersih, dan bisa mengatasi debu yang membandel.

Dengan menggunakan Biopolish Natural Oil misalnya, yang bisa diaplikasikan untuk perawatan semua jenis furniture kayu bisa melindungi dan membuat permukaan kayu jadi tambah licin. Minyak ini tergolong serbaguna untuk perawatan mebel kayu yang bisa meresap ke dalam tanpa ada lapisan film pada permukaan kayu. Komposisinya terbuat khusus dari bahan-bahan alami dan mineral sehingga keindahan mebel kayu jadi terjaga.

Selain debu-debu dapat terangkat, dengan menggunakan Biopolish Natural Oil niscaya mebel kayu milikmu akan terlihat lebih cerah dan tajam secara alami. Cara menggunakannya pun sangat-sangat mudah, kamu tinggal menggosok atau mengelap menggunakan kain permukaan kayu yang telah dibersihkan terlebih dahulu secara manual. Dengan produk ini mebel kayu akan terlihat lebih eksotis.

Selain Biopolish Natural Oil, Biopolish Beeswax juga bisa menjadi pilihan. Biopolish Beeswax bisa diterapkan pada pemukaan kayu untuk melindungi permukaan. Lapisan Beeswax yang terbuat dari bahan alami dan aman digunakan bahkan untuk perabotan makanan akan membantu mengurangi goresan permukaan. Beeswax juga memberikan perawatan mebel kayu menjadi tahan lama, tidak luntur, dan membuatnya terlihat berkilau. Untuk mengaplikasikan Biopolish Beeswax, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

  1. Bersihkan dulu perabotan yang berdebu menggunakan kemoceng dan kain hingga bersih. Ini penting dilakukan sebagai tahap pembersihan paling dasar dan awal sebelum bidang permukaan kayu diolesi menggunakan Biopolish Beeswax.
  2. Ambillah Biopolish Beeswax sedikit demi sedikit, kemudian oleskan pada bidang menggunakan kain sampai rata. Tekniknya tentukan titik-titik perabotan yang akan dibersihkan dan diolesi, jangan gugup, dan lakukan dengan tenang dan hati-hati. Fokuskan konsentrasi secara penuh agar energi kamu sampai pada perabotan yang ingin kau bersihkan.
  3. Tunggulah selama beberapa saat hingga kering, butuh waktu sekitar lima hingga sepuluh enit. Pakailah kain yang telah direkomendasikan seperti kain katun atau wol agar bisa menjagkau bagian-bagian yang sulit.
  4. Setelah Biopolish Beeswax kering, pakailah kain bersih dan lembut ke permukaan sampai terlihat mengkilap secara alami. Pastikan debu-debu telah dibersihkan dengan sempurna.

Setelah cara-cara ini berhasil kamu selesaikan, maka perabotan mebel kayu kamu akan lebih bersih, bebas debu, dan terjaga. Orang-orang yang melihatnya pun jadi tambah senang dan tak ragu untuk mendekati atau menggunakannya.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.