Perawatan Peralatan Makan Dari Kayu Dengan Biopolish Beeswax

Peralatan makan dari kayu kini banyak digunakan baik untuk pemilik kafe , resto ataupun untuk pribadi. Peralatan makan dari kayu memiliki keindahan tersendiri sehingga dari hari kehari kita menyaksikan banyak oraang menggunakan peralatan  makan dari kayu mulai dari garpu, piring, hingga sendok kayu untuk bersantap. Nah agar peralatan makan dari kayu tetap tampak menarik, tidak berjamur dan tampak cerah tentunya perawatan peralatan makan dari kayu harus diperhatikan baik.

Peralatan makan dari kayu sangat rentan jamur dan kotor. Apalagi jika tidak difinishing dengan finishing food grade tentu menjadi malapetaka  yang lebih besar. Peralatan makan dari kayu agar selalu dalam kondisi higienis dan bersih harus dirawat dengan baik. Perawatan peralatan makan dari kayu pada dasaranya tidaklah sulit. Bahkan anda bisa melakukanya sendiri tanpa menggunakan jasa teknisi.

Perawatan peralatan makan dari kayu tentu berbeda dibandingkan dengan perabot lainya. Jika peralatan makan dari kayu salah perawatan bisa jadi justru merusak peraalatan makan yang anda miliki. Sendok, garpu, bahkan piring perawatanya harus berbeda beda, karena mereka digunakan cara yang berbeda. Namun anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips mudah perawatan peralatan makan menggunakan biopolish interior.

Perawatan Peralatan Makan Dari Kayu Dengan Penggunaan Yang Tepat

perawatan peralatan makan dari kayu

Perawatan peralatan makan dari kayu bisa anda lakukan dengan memperhatikan pemakaian peralatan tersebut dengan tepat. Kayu sangat rentan terkena jamur jika dikondisikan dalam keadaan yang lembab dan basah. Oleh karena itu jangan terlalu sering menggunakan peralatan makan dari kayu untuk menyajikan makanan yang berkuah. Sebaiknya gunakan saja untuk menyajikan makanan seperti gorengan, tumisan ataupun kue. Hal ini juga berlaku untuk sendok atau garpu. Sendok kayu tidak disarankan untuk menggunakan sendok untuk menyantap makanan yang berkuah.

Baca Juga:  Furniture Wax Polish Alami Pengganti Furniture Wax Polish Parafin

Selain tidak disarankan untuk menyajikan makanan yang berkuah, peralatan makan dari kayu juga tidak disarankan untuk menyajikan makanan yang kuah. Pada dasarnya tidak masalah meletakkan makanan yang panas pada peralatan makan dari kayu, namun makanan yang panas ketika diletakkan pada peralatan makan adri kayu justru akan membuat warna kayu menjadi kusam. Hal ini karena suhu yang panas bisa merubah warna kayu. Jika anda tidak ingin peralatan makan dari kayunya berubah warna ada baiknya unntuk tidak melakukan kebiasaaan ini. sajikan makanan pada peralatan makan dari kayu selagi hangat.

Tips Membersihkan Peralatan Makan Dari Kayu

Perawatan peralatan makan dari kayu agar awet dan tidak mudah berjamur sebaiknya jangan merendam peralatan makan terlalu lama didalam air. Jika anda memiliki kebiasaan merendam peralatan makan dari kayu, sebaiknya anda segera merubah kebiasaan tersebut. Merendam peralatan makan sebelum dicuci memang akan memudahkan anda dalam mencucinya. Namun ingatlah bahwa material kayu sangat rentan jika direndam didalam air dalam waktu yang lama. kayu yang lembab akan membuat peralatan makan dari kayu mudah berjamur dan kusam.

perawatan peralatan makan dari kayu

Selain itu untuk menjaga penampilan peralatan makan dari kayu ada baiknya jika anda mencuci jangan menggunakan detergen ataupun bahan kimia lainya. Gunakan jeruk nipis saat membersihkan peralatan makan dari kayu. Sabun atau detergen akan menimbulkan bau sabun yang menyengat walaupun sudah anda bilas berkali kali. Tentunya bau seperti itu akan membuat sajian makanan anda menjadi tidak selezat aslinya.

Setelah anda selesai membersihkan peralatan makan tersebut segera lap hingga kering. Gunakan lap bersih yang kering untuk menyerap sisa air yang ada pada bekas cucian anda. Pastikan anda telah mengelapnya hingga kering, setelah itu letakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga peralatan makan dari kayu bisa kering dengan diangin-anginkan. Perawatan peralatan makan dari kayu harus telaten bahkan setelah kering anda harus tetap merawatnya.

Baca Juga:  cara Finishing Mangkuk Kayu Food Grade Dengan Biopolish beeswax

Jika peralatan makan dari kayu anda sudah kering, gunakanlah biopolish beeswax. perawatan peralatan makan dari kayu dengan biopolish beeswax bisa anda lakukan secara berkala. Hal ini digunakan untuk menjaga penampilan dan menjaga kayu agar tidak mudah rusak. Biopolish beeswax memiliki kandungan alami dari beeswax dan bahan alainya yang membuat kayu memiliki efek water repellent, tahan jamur, tahan goresan dan aman ramah lingkungan.

Jangan lupa untuk menyimpan peralatan makan dari kayu dengan benar. Peralatan makan dari kayu sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering  dengan sirkulasi udara yang lancar. Tempat yang lembab akan membuat  peralatan makan dari kayu  mudah berjamur, warnanya kusam sehingga akan mudah rusak.  Menyimpan dengan benar merupakan bagian dari perawatan peralatan makan dari kayu yang wajib anda lakukan agar perabot makan dari kayu anda tetap awet.

Aplikasi Biopolish Beeswax Untuk  Finishing Peralatan Makan Food Grade

Perawatan peralatan makan dari kayu dapat dilakukan dengan sangat mudah berkat biopolish beeswax. berikut cara aplikasi biopolish beeswax untuk perawatan :

  • Bersihkan peralatan makan yang akan dipoles dengan biopolish beeswax
  • Oleskan dengan mengggunakan kain atau kuas biopolish beeswax pada seluruh bagian peralatan makan
  • Diamkan beberapa saat agar biopolish meresap pada subtract kayu
  • Gosok dengan kain sehingga kayu warnanya tampak lebih tajam dan tidak lengket

Leave a Comment

Your email address will not be published.