Cara Paling Mudah Refinishing Cabinet Dengan Poles Kayu biopolish

Butuh refinishing cabinet kayu dirumah? Cara paling mudah gunakan dengan poles kayu. Di bandingkan harus melakukan finishing ulang, mencerahkan dan menajamkan warna alami kayu dapat dilakukan dengan menggunakan poles kayu atau polish furniture kayu.

Nah bagaimana cara menggunakan poles kayu untuk melakukan finishing ulang pada cabinet kayu? Simak artikel kami dibawah ini.

Cabinet banyak digunakan untuk semua hunian rumah baik di Indonesia maupun berbagai negara di dunia. Fungsi dari cabinet ini banyak digunakan untuk menaruh barang atau alat kebutuhan penghuni sehingga ruang lebih praktis dan tidak terkesan penuh. Bahkan cabinet juga banyak digunakan untuk melengkapi ruangan menjadi lebih indah dan menawan. Pada umumnya, cabinet yang banyak digunakan adalah cabinet yang terbuat dari kayu karena tampilannya yang natural dan sangat cocok untuk semua tipe atau gaya hunian rumah.

Kayu sampai saat ini merupakan material yang paling banyak diminati oleh konsumen karena lebih tahan lama, memiliki tampilan serat yang indah dan bahkan terdapat beberapa kayu yang tahan terhadap cuaca. Namun, kayu menjadi cukup sulit didapatkan karena kebutuhan masyarakat yang begitu banyak. Alhasil, furniture kini banyak memanfaatkan material lain seperti bambu, rotan atau kayu lapis. Dan material kayu lapis ini lah yang menjadi bahan baku furniture seperti cabinet karena memiliki tampilan yang mirip dengan kayu solid meskipun ketahanan maupun kekuatannya tidak sama.

poles kayu

Perawatan cabinet kayu lapis hampir sama dengan kayu solid, begitu pula ketika sudah waktunya harus refinishing atau cat ulang. Pada umumnya, usia furniture yang harus refinishing adalah lebih dari 5 tahun karena warnanya yang mulai mengusam dan banyak noda membandel di permukaan furniture tersebut. Untuk refinishing, sebenarnya Anda tidak perlu mengecatnya kembali namun cukup mengoleskan dengan poles kayu yang memiliki kemampuan untuk mempertajam tampilan furniture kayu.

Refinishing Yang Bagus Untuk Furniture

Cabinet menjadi furniture yang cukup banyak diterapkan pada hunian rumah. Tak jarang, perawatannya pun juga harus dilakukan secara rutin mengingat bahwa material yang digunakan adalah kayu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidak semua jenis kayu memiliki ketahanan atau kekuatan yang sama sehingga mudah rusak apabila tidak diperhatikan dengan baik. Maka dari itu, pentingnya perawatan bagi furniture kayu adalah untuk mempertahankan kekuatan kayu agar bisa bertahan lebih lama.

Furniture yang terbuat dari kayu sangat memungkinkan terserang rayap maupun jamur karena kotor atau pun keadaan kayu yang lembab. Jika tidak dirawat secara rutin maka debu akan menebal dan sulit untuk dihilangkan. Jika demikian maka tampilan warna furniture akan menjadi lebih cepat kusam dan membuatnya harus lebih segera untuk di cat kembali. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan tampilan furniture menjadi lebih baru, selain itu juga bertujuan untuk menjaga kayu lebih bertahan lama dan tidak mudah terserang jamur, serangga maupun mikroorganisme perusak kayu.

poles kayu biopolish

Adapun refinishing cabinet yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan furniture baik dari debu maupun cat yang masih tersisa.
  2. Pastikan permukaan kayu bersih kemudian amplas agar sisa-sisa cat benar-benar hilang sehingga akan memudahkan untuk refinishing
  3. Cat kembali menggunakan plitur atau pernis untuk menajamkan tampilan furniture. Oleskan plitur atau pernis menggunakan kain atau kuas. Kemudian diamkan sampai mengering.
  4. Atau Anda bisa mengaplikasikan poles kayu untuk mempertajam warna permukaan cabinet. Poles untuk kayu ini juga bisa diaplikasikan setelah dilapisi cat agar tampilan menjadi lebih optimal. Selain itu, poles untuk kayu tersebut juga menjaga permukaan kayu tidak mudah terserang jamur, serangga maupun mikroorganisme lainnya.

Refinishing diatas bisa Anda lakukan selama furniture Anda mulai mengusam dan tidak indah dipandang. Pada umumnya banyak orang yang tidak memperdulikan akan hal ini sehingga mengakibatkan lapisan cat pada permukaan furniture mengelupas dan memungkinkan terserang serangga seperti rayap. Maka dari itu, sebelum furniture sampai mengusam alangkah baiknya untuk merawat cabinet maupun furniture lainnya secara rutin. Dan ada baiknya apabila mengaplikasikan poles untuk kayu secara rutin sehingga cabinet akan lebih bertahan lama dan sedikit kemungkinan untuk refinishing lebih cepat.

Poles Kayu Yang Aman Untuk Perawatan Maupun Refinishing Furniture

kabinet kayu ruangan

Furniture yang terbuat dari kayu maupun serat alam lainnya sangat penting untuk dirawat secara rutin mengingat bahwa serat alam sangat rentan terhadap organisme perusak yang menyebabkan furniture atau perabotan tersebut tidak bisa digunakan kembali. Seperti halnya dengan cabinet kayu yang memiliki sifat yang sama terlebih cabinet banyak digunakan untuk penyimpanan alat, barang atau aksesoris milik penghuni sehingga kekuatan cabinet tersebut juga harus diprioritaskan.

Perawatan furniture merupakan langkah yang perlu Anda lakukan secara rutin sebelum terlanjur harus di refinishing. Terutama pada furniture yang terpapar sinar matahari atau air hujan secara langsung yang membuat furniture tersebut cepat rusak karena perubahan cuaca. Awal yang terjadi memungkinkan furniture tersebut cepat mengusam kemudian lapisan kayu mengelupas. Dan apabila dibiarkan begitu saja maka furniture tersebut tidak layak untuk digunakan karena keropos diakibatkan oleh serangga, jamur yang tumbuh atau faktor lainnya.

Biopolish Natural Oil

Baik furniture interior maupun eksterior sebaiknya mencegah refinishing lebih cepat yakni dengan perawatan rutin. Karena dengan perawatan rutin maka furniture bisa terjaga dengan baik dari bahaya-bahaya yang memungkinkan untuk merusak kayu. Nah, untuk perawatan kayu ini maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan poles kayu secara rutin yakni dua minggu sekali. Poles untuk kayu memang baik untuk menjaga kualitas dari furniture tersebut baik kualitas tampilan maupun kualitas material yang digunakan. Namun, tidak semua jenis poles untuk kayu baik untuk kesehatan maupun lingkungan.

Poles untuk kayu yang banyak dipasaran biasanya masih menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan bahkan memiliki kandungan VOC yang tinggi. Faktor ini lah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan rusaknya lingkungan. Sehingga ada baiknya untuk memilah dan memilih poles untuk kayu yang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Kandungan bahan pada furniture saat ini sudah mulai diperhatikan oleh berbagai negara karena tidak menimbulkan dampak buruk pada manusia maupun makhluk hidup disekitarnya.

Poles untuk kayu yang aman dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya adalah Biopolish Natural Oil. Poles untuk kayu tersebut terbuat dari bahan yang alami yakni beeswax kemudian dicampur dengan Natural oil dan bahan-bahan lainnya. Pengaplikasian Biopolish Natural oil ini juga sangat efisien waktu karena bisa bertahan lama dan Anda cukup mengaplikasikannya dengan lap kering.

Biopolish Natural Oil ini bisa menjaga tampilan furniture lebih tajam karena bisa menyerap ke dalam serat kayu sehingga tidak hanya menjaga bagian luar saja melainkan juga bagian dalam. Dengan demikian, poles untuk kayu tersebut bisa menjaga kayu dari faktor-faktor perusak seperti jamur, serangga, bakteri maupun mikroorganisme lainnya. Sekali oles saja, tampilan furniture menjadi tajam terlebih jika diaplikasikan secara rutin. Poles untuk kayu ini juga tidak membuat permukaan furniture luntur sehingga baik untuk menjaga tampilan permukaan furniture terlihat tetap natural dan terkesan baru setiap harinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *