Punya Sarung Tangan Kulit? Yuk dirawat agar Tidak Pudar dan Kusam

sarung tangan kulit

Pakaian dan aksesoris dari bahan kulit banyak diminati oleh berbagai macam kalangan karena memiliki berbagai macam kelebihan. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pakaian atau aksesoris dari bahan kulit adalah bahan yang awet. Selain itu kenyamanan saat digunakan dan kesan macho yang timbul ketika menggunakan pakaian atau aksesoris berbahan kulit bagi sebagian orang menjadi tujuan utama.

Industri aksesoris dari bahan kulit di Indonesia juga sedang berkembang. Ditandai dengan semakin banyaknya industri baik rumahan maupun pabrikan yang memproduksi aksesoris dengan bahan kulit. Jika dulu hanya di beberapa daerah saja yang terkenal dengan industri kulit, sekarang hampir di setiap kota di Indonesia terdapat industri aksesoris kulit.

Banyak aksesoris dengan bahan kulit yang bisa kita temukan di pasaran. Aksesoris dengan bahan kulit yang paling sering kita temukan diantaranya adalah tas kulit, jaket kulit, sepatu kulit, sandal kulit, sabuk kulit, jam tangan kulit. Semua aksesoris ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menambah kepercayaan diri.

Ada beberapa aksesoris yang dipakai hanya pada momen-momen tertentu. Misalnya, bagi kamu yang suka berkendara sepeda motor, dalam kondisi panas biasanya menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari sengatan matahari. Bagi mereka yang tergabung dalam komunitas motor gede, menggunakan aksesoris sarung tangan dengan bahan kulit sudah menjadi kewajiban untuk melengkapi outfit yang digunakan.

sarung tangan raider

sarung tangan rider. sumber: https://otomotifnet.gridoto.com/read/231151893/lebih-baik-mana-sarung-tangan-kulit-atau-tekstil

Selain pengendara motor, pandemi covid-19 membuat olahraga bersepeda semakin banyak penggemarnya. Bagi mereka yang lumayan serius menggeluti olahraga ini sejak pandemi, sarung tangan menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki. Selain untuk melindungi tangan dari sengatan matahari, juga untuk melindungi kulit dari iritasi grip setang sepeda.

Masalah pada Sarung Tangan Kulit dan Cara Mengatasinya

Mengingat fungsi utamanya sebagai alat untuk melindungi tangan dari sengatan matahari, sarung tangan kulit memiliki potensi untuk cepat pudar dan kusam. Kamu tentu sudah tahu bahwa radiasi sinar UV dapat membakar kulit. Terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Hal yang sama terjadi pada sarung tangan kulit milik kamu. Penggunaan sarung tangan kulit sebagai alat pelindung saat kita mengendarai motor atau saat kita berolahraga sepeda membuat sarung tangan kita terkena sinar UV. Sarung tangan kulit yang sering dipakai akan sering terkena sinar matahari sehingga warnanya akan semakin cepat pudar.

Selain warnanya cepat pudar karena terkena sinar matahari, sarung tangan kulit juga bisa menjadi kusam jika terlalu sering dipakai. Hal ini terjadi karena sarung tangan kulit yang kita gunakan sering terkena keringat yang keluar dari kulit kita. Keringat mengandung minyak, dan minyak membuat sarung tangan kulit menjadi semakin kusam.

Sarung tangan yang sudah pudar warnanya karena terkena sengatan sinar matahari dan kusam karena terkena keringat tentu membahayakan. Selain menyebabkan penampilan kita menjadi kurang menarik, kesehatan kulit kita juga bisa terganggu karena sarung tangan kulit yang tidak terawatt bisa menumbuhkan jamur dan bakteri.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir. Masalah yang timbul pada sarung tangan kulit bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari, bukan? Jangan sampai, karena tidak ingin sarung tangan pudar dan kusam, kamu lantas menyimpannya begitu saja. Selama dirawat dengan baik, sarung tangan kulit milik kamu akan tetap awet dan layak untuk digunakan.

Jika kamu termasuk yang menggunakan sarung tangan kulit setiap hari, maka sarung tangan tersebut harus dicuci setidaknya 2 kali dalam seminggu. Akan tetapi perlu diperhatikan dalam mencuci sarung tangan kulit tidak boleh sembarangan. Saat mencuci, gunakan air hangat dan sabut pencuci piring. Hindari penggunaan deterjen karena deterjen memiliki residu yang kuat sehingga bisa merusak serat kulit.

sarung tangan kulit variasi

sarung tangan kulit variasi. sumber: https://www.pesonagarut.com/sarung-tangan-motor-kulit.html

Sarung tangan harus direndam terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun cuci piring. Setelah itu sarung tangan tidak boleh disikat, cukup dikucek saja, untuk menghindari kerusakan pada bahan kulit. Hindari memeras sarung tangan kulit setelah diangkat dari rendaman. Sebaiknya sarung tangan langsung digantung untuk meniriskan air bekas rendaman.

Setelah dicuci, sarung tangan kulit tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya sarung tangan dikeringkan dengan cara diangin-angin saja di depan kipas. Hal ini bertujuan agar kelembaban sarung tangan kulit tidak berubah drastis. Setelah itu, agar kualitas sarung tangan kulit tetap terjaga, kamu bisa mengoleskan kondisioner khusus untuk produk berbahan kulit.

Merawat Sarung Tangan Kulit dengan Biopolish Leather Care

Merawat sarung kulit agar tidak pudar dan kusam bisa kita lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat produk berbahan kulit. Produk kondisioner khusus yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat sarung tangan kulit jadi awet.

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk kerajinan berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tetap sebagaimana aslinya, juga bisa untuk mencegah warna pudar hingga kusam pada sarung tangan kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Dengan mengoleskan Biopolish Leather Care pada sarung angan kulit, kamu bisa menjaga sarung tangan kulit kamu tetap normal, karena kandungan antioksidan yang terkandung pada Biopolish Leather Care membuat sarung tangan kulit terlindung dari teriknya paparan sinar matahari.

Menggunakan Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna sarung tangan kulit, bahkan jika sarung tangan kulit sudah terlanjut pudar dan kusam.

Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau yangmenyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna sarung tangan  kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.