Tips Cerdas Buat Sepatu Kanvas, Soede, dan Katun Jadi Anti Air

Bila sepatu kesayangan Anda terbuat dari katun, kanvas, soede, dan semacamnya, tentu Anda suda familiar dengan masalah yang diakibatkan air. Tahukah Anda, untuk melindungi sepatu-sepatu tersebut, Anda bisa membuatnya tetap awet dengan semir beeswax anti air?

semir beeswax anti air

Sepatu kanvas cantik ini jelas sayang bila rusak karena hujan.

Beberapa jenis sepatu memang lebih rentan rusak akibat air. Memasuki musim hujan seperti ini, kerusakan yang diakibatkan siraman air pun berpotensi lebih besar terjadi. Tak jarang para para pemilik sepatu menyimpan alas kaki cantik kesayangannya selama musim penghujan.

Hesty, seorang ibu rumah tangga di Yogyakarta yang gemar mengoleksi sepatu pun melakukan kiat serupa. Ia akan menyimpan sepatu berbahan “kain” kesayangannya selama musim hujan. Namun tak jarang pula ia nekat. Kadang ia beruntung, kadang tidak. Saat-saat tidak beruntung pernah ia alami ketika memakai sepatu soedenya untuk menghadiri pesta pernikahan teman. Meski sudah menggunakan mobil, sepatunya akhirnya kotor saat berjalan dari lokasi parkir yang becek. Kalau hanya basah tentu tak masalah. Yang jadi persoalan, cipratan air tersebut kotor, sehingga menimbulkan banyak noda yang meresap di sepatu branded-nya.

Kiat Membuat Sepatu Awet dengan Semir Beeswax Anti Air

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa kiat cerdas yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan semir sepatu dengan bahan anti air. Mungkin Anda belum pernah dengar, namun beeswax atau lilin lebah, rupanya memiliki fungsi menakjubkan membuat permukaan sepatu jadi water resistance atau tahan air!

Beeswax atau lilin lebah sendiri adalah komponen sarang lebah. Lebah madu menggunakan bahan ini sebagai pelindung cadangan makanan dan larva dari paparan air dan cuaca. Semir beeswax anti air bisa Anda dapatkan langsung dari peternak lebah atau dari produk yang sudah jadi seperti Biopolish® Leather care. Menggunakan produk yang sudah jadi akan memberikan lebih banyak keuntungan karena formulasinya sudah dibuat tepat dan ada penambahan bahan lain yang akan membuat sepatu makin menarik.

Baca Juga:  mengetahui macam penyakit akibat paparan jamur dalam ruangan

Nah, berikut ini langkah sederhana melindungi sepatu dengan semir beeswax anti air:

Bahan

  • Lilin lebah atau semir beeswax yang sudah jadi (Biopolish Leather care)

Peralatan

  • Kain lembut dan bersih
  • Hair dryer

Langkah-langkah Menggunakan Semir Beeswax Anti Air

  • Bersihkan sepatu dan keringkan dulu bila basah
  • Panaskan beeswax dengan hair dryer agar permukaannya lembek. Langkah ini tak perlu dilakukan bila Anda memanfaatkan Biopolish® Letaher care.

Membuat sepatu anti air

semir beeswax anti air

  • Ratakan

semir beeswax anti air

  • Setelah merata, keringkan dengan hair dryer

semir sepatu anti air

  • Sepatu Anda sudah anti air! Untuk mengetesnya, cipratkan atau siramkan air pada permukaan sepatu.

Saatnya testing!

Saatnya testing!

Seoatu yang dibeeswax (kiri) tak menyerap air dibanding yang belum dibeeswax (kanan).

Sepatu yang dibeeswax (kiri) tak menyerap air dibanding yang belum dibeeswax (kanan).

<

p style=”text-align: justify;”>Sangat mudah bukan? Dengan cara ini, kerusakan sepatu akibat terkena air bisa Anda hindari. Anda pun tak perlu khawatir saat memakai sepatu kesayangan dari bahan kanvas hingga soede ketika musim hujan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.