utensil kayu keren yang sudah dirawat menggunakan Biopolish Natural Oil

Tips agar Utensil Kayu Awet Digunakan

Untuk kamu yang memiliki utensil kayu. Artikel ini menyediakan tips agar utensil kayu tetap awet dan aman digunakan.

Utensil merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Secara harfiah artinya adalah perkakas. Dalam kamus thesaurus oxford, utensil secara sepsifik diartikan sebagai peralatan yang digunakan di dalam rumah. Khususnya di dapur. Dengan demikian utensil bisa kita artikan sebagai perkakas dapur.

Utensil atau perkakas dapur banyak macamnya. Mulai dari alat masak, alat mengolah makanan, alat makan, dan lain-lain. Selain itu bahan dasar yang digunaan untuk membuat utensil pun beragam. Kebanyakan utensil yang beredar sekarang terbuat dari bahan logam. Khususnya logam stainless steel. Selain itu utensil dengan bahan plastik juga sangat banyak tersedia.

Pilihan lain selain bahan stainless steel dan plastik adalah bahan kayu. Banyak ragam utensil yang terbuat dari bahan kayu yang masih digunakan oleh masyarakat. Selain karena kayu yang bersifat alami. Kesan estetis yang muncul dari utensil bahan kayu ternyata menarik minat banyak kalangan.

Apakah kamu termasuk orang yang menggunakan utensil kayu di dapur kamu? Jika iya, lanjutkan membaca artikel ini untuk tahu tips ahar utensil kayu tetap awet dan aman digunakan.

Cara Merawat Utensil Kayu agar Awet

Memiliki utensil kayu berarti menuntut kamu untuk melakukan perawatan dengan baik. Pasalnya bahan kayu sangat rentan terhadap beberapa hal. Agar utensil di dapur kamu tetap awet, lakukan beberapa hal berikut ini.

Bersihkan Segera Setelah Digunakan

Peralatan dapur selalu identik dengan makanan dan masak memasak. Kegiatan memasak dan makan selalu meninggalkan noda dan kotoran yang luar biasa banyak di perlengkapan dapur kamu. Jika utensil kamu terbuat dari bahan kayu, maka segeralah bersihkan setelah digunakan.

Kotoran dari sisa memasak ataupun sisa makanan berpotensi merusak bahan kayu jika tidak segera dibersihkan. Lemak, minyak, zat asam yang terkandung dalam makanan. Semuanya bisa menyebabkan kerusakan pada kayu.

Cara membersihkannya pun harus hati-hati jika ingin utensil kayu kamu tetap awet. Bersihkan utensil kayu dengan dua tahap. Tahap pertama gunakan air hangat untuk melunturkan semua lemak, minyak dan sisa-sisa makanan pada utensil. Air hangat mempunyai kemampuan untuk mengurai sisa-sisa minyak dan makan.

Tahap kedua cucilah utensil kayu kamu dengan sabun pembersih perabot dapur. Jangan gunakan deterjen untuk menuci utensil karena kandungan di dalam deterjen sangat keras. Bisa merusak bahan kayu.

Keringkan Segera setelah Dibersihkan

Kayu memiliki sifat menyerap air yang sangat tinggi. Sehingga saat kamu membersihkan utensil kayu dengan air, dapat dipastikan air akan menyerap ke bagian dalam kayu. Air yang menyerap ke bagian dalam utensil kayu jika tidak dikeringkan dengan baik bisa merusak. Salah satu efeknya adalah keropos.

Kamu harus segera membuat utensil kayu menjadi kering setelah dibersihkan. Cara mengeringkannya pun tidak boleh sembarangan. Jangan sampai kamu mengeringkan utensil kayu dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung. Menjemur bahan kayu justru akan semakin memperparah kerusakan.

Cara mengeringkan utensil kayu yang aman adalah dengan meniupkan angin. Dengan menggunakan kipas angin atau hair dryer.

Oleskan Poles Kayu

Selain membersihkan dan mengeringkan, perawatan penting lain agar utensil kayu tetap awet adalah dengan melapisi permukaannya. Lapisan yang dimaksud adalah lapisan yang dihasilkan oleh bahan poles kayu.

Poles kayu yang diterapkan pada permukaan utensil dapat memberikan perlindungan yang maksimal. Sehingga utensil kayu kamu menjadi lebih awet. Lapisan ini membuat air tidak mudah menyerap ke bagian dalam kayu. Juga membuat warna kayu tetap cerah dan mengkilap sehingga sellau tampak baru.

Biopolish memiliki produk unggulan yang bisa kamu pilih untuk merawat utensil kayu kamu. Produk yang pertama berbentuk minyak. Yaitu Biopolish Natural Oil. Sementara bentuk yang kedua adalah pasta atau krim. Produk ini adalah Biopolish Beeswax. Kedua produk ini memiliki keunggulan yang sudah terbukti kualitasnya.

Hilangkan Bau dengan Lemon

Jika sisa-sisa makanan menyebabkan bau tidak enak pada utensil kayu, maka kamu bisa melakukan trik berikut ini. Dijamin bau tidak sedap yang muncul pada utensil kayu kamu perlahan-lahan akan hilang.

Saat membersihkan tahap kedua, dibandingkan menggunakan sabun pembersih alat dapur, kamu bisa menggantinya dengan air perasan lemon. Ya, lemon dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap yang muncul pada utensil kayu.

Menjaga Utensil Kayu tetap Aman

Menjaga utensil kayu tetap awet saja tidak cukup. Harus juga disertai dengan memberikan perawatan agar utensil kayu tetap aman digunakan. Lakukan cara-cara berikut ini agar utensil kayu kamu tetap aman.

Sterilkan dengan Disinfektan

Sebagian besar utensil digunakan untuk memasak dan makan. Karena makanan akan masuk ke dalam tubuh kita, artinya sangat penting agar utensil kayu kamu steril. Kamu tentuk tidak ingin utensil kayu kamu dipenuhi bakteri kemudian kamu gunakan untuk makan. Otomatis bakteri-bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh kamu.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesterilan utensil kayu kamu. Setiap selesai dibersihkan dan dikeringkan, tambahkan perawatan lain. Kamu bisa menambahkan semprotan disinfektan untuk memastikan semua kuman, bakteri, dan virus sudah hilang dari permukaan utensil kayu kamu.

Lapisi dengn Poles Kayu Food Grade

Melapisi utensil kayu dengan poles kayu saja tidak cukup. Kamu harus melapisi utensil kayu kamu dengan poles kayu yang memuiki standar food grade. Standar food grade diperlukan untuk semua produk poles kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Kedua produk Biopolish, baik Biopolish Natural Oil maupun Biopolish Beeswax memiliki standar keamanan yang tinggi. Biopolish Beeswax bahkan sudah mengantongi sertifikat dari U.S. FDA, yaitu badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat. Sehingga sudah terbukti keamanannya.

Cara Merawat Utensil Kayu dengan Biopolish

Perawatan utensil kayu sangat penting. Entah dari segi keawetan. Maupun dari segi keamanan. Produk Biopolish sudah terjamin keamannya untuk digunakan pada peralatan dapur karena sudah food grade.

Cara menggunakan produk Biopolish pada utensil kayu sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan dan keringkan permukaan utensil kayu yang akan dipoles
  • Ambil sedikit demi sedikit produk Biopolish dengan kuas dan oleskan ke seluruh permukaan utensil secara merata
  • Tunggu beberapa saat antara 5-10 menit agar kandungan alami produk Biopolish menyerap ke dalam substrat kayu
  • Setelah beberapa saat, gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk menggosok seluruh permukaan utensil sampai halus dan mengkilat alami
  • Ulangi jika perlu

Cara Mendapatkan Produk Biopolish

Mempunyai utensil kayu tentu harus disertai dengan perawatan yang rutin. Produk Biopolish, baik Biopolish Natural Oil maupun Biopolish Beeswax, menawarkan banyak manfaat yang besar untuk utensil kamu. Cara menggunakannya juga tergolong sangat mudah.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan produk Biopolish untuk perawatan utensil kayu di rumah kamu. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli secara online ataupun offline. Untuk pembelian online kamu dapat membeli di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Atau melalui whatsapp di nomor 081225784920.

Untuk pembelian offline. Kamu bisa menghubungi store point Biopolish yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sementara itu, bagi kamu yang berdomisili di DIY, kamu bisa langsung mengunjungi store point di alamat Jln. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, 55162. Phone/fax (0274) 388301.