perawatan kursi kayu

Merawat Kursi Kayu dari Serangan Rayap dengan Biopolish Natural Oil dan Biocide

Salah satu hewan menjengkelkan yang kerap kita temui di rumah adalah rayap. Lebih menjengkelkan lagi jika rayap tersebut menyerang kursi kayu yang digunakan sehari-hari. Atau justru kursi kesayangan warisan dari kakek/nenek.

Merawat kursi kayu rayapan bisa dikaukan dengan beragam cara, bisa menggunakan natural oil, bisa juga dengan biocide.

Furniture-furniture yang telah terserang rayap jadi tak tahan lama, tak awet, dan cepat rusak. Rayap akan memakan kandungan selulosa yang ada pada kursi sehingga bentuknya jadi tak cantik lagi. Rayap juga membuat kerangka kayu jadi keropos dan sangat mudah rapuh.

Tak jarang serangan rayap ini akan menciptakan jalur-jalur semacam aliran bahkan gundukan tempat rayap berada. Perawatan anti rayap ini penting untukmu, terlebih jika rumah yang kamu tempati sebagian besar terbuat dari kayu. Entah pada lantai, jendela, pintu, dan perabotan semacam kursi dan meja.

Rayap juga tak hanya merugikan secara finansial, tapi juga tenaga dan estetika. Jika kamu tak segera mengatasinnya, bisa jadi furniture akan termakan dan digerogoti habis. Kamu butuh solusi yang tepat untuk membasminya agar rayap memang benar-benar menghilang. Untuk kursi semisal, salah satu solusinya merawat kursi kayu rayapan natural oil, biocide. Terlebih dahulu, kenali ciri-ciri dari mebel yang terserang oleh rayap:

  • Furniture mengeluarkan serbuk kayu: jika kamu mendapati ada butiran-butiran kecil kayu menyerupai pasir yang jatuh ke lantai atau bagian furniture, bisa dipastikan mebel tersebut terserang rayap. Butiran tersebut muncul karena proses pencernaan hasil makan si rayap.
  • Furniture tersebut berongga: ketika kayu berongga, kayu tersebut keropos dan mudah patah. Rongga menunjukkan sisi dalam kayu biasanya sudah dibombardir oleh pasukan rayap. Kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengetuk-ngetuk bagian dalamnya. Jika kamu menemukan bunyi yang tak biasa seperti suara butiran jatuh, bisa dipastikan furniture atau kayu tersebut terserang rayap atau teter.
  • Rayap keluar dengan jelas dari furniture: tentu hewan rayap dan hewan kecil lainnya seperti semut bisa dibedakan dengan jelas. Rayap berbentuk serangga kecil berwarna coklat yang tak jarang memunculkan bentuk aslinya pada furniture kayu yang diserang. Terlebih kayu yang tak terlapisi oleh biocide atau minyak natural oil ketika finisihing.

Tips Mencegah Rayap Datang

Sebelum kerusakan dan hal-hal yang tak diinginkan terjadi, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap dari furniture. Ada beberapa tips mencegah datangnya rayap di rumah secara alami.

  1. Memberi Sirkulasi (Ventilasi) yang Cukup
Baca Juga:  Bahan Finishing Kayu Oil Based Food Grade untuk Kitchenware

Jika rumahmu sebagian besar terdiri dari kayu, jangan pelit memberikan ventilasi. Ventilasi yang memadai akan membuat udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan sehingga rayap jadi tak betah. Sirkulasi yang buruk bisa membuat ruangan jadi lembap dan rayap berkembangbiak. Ketika kamu menjumpai ada perabotan yang terlanjur diserang gigi-gigi rayap, segeralah untuk menjemurnya di bawah sinar matahari.

  1. Cek Saluran Pipa dan Keramik Secara Rutin

Kasus ini bisa jadi sepele dan sering terabaikan, keramik yang rusak (misal pecah-pecah) bisa membuat uap air masuk secara mudah di dalam rumah. Ketika uap air mudah masuk, secara otomatis ruang akan menjadi lembap. Ini akan diperburuk lagi jika ada saluran pipa mengalami kebocoran, kelembapanmu akan semakin bertambah dan memancing rayap untuk datang. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah perbaiki jika terjadi kerusakan kecil pada keramik dan cegah kebocoran pipa.

  1. Segera Perbaiki Tembok yang Retak

Celah atau retakan yang terjadi pada dinding rumah (tembok) juga perlu kamu perhatikan untuk mencegah berdirinya koloni rayap. Periksalah secara rutin kondisi tembok, jika menemukan retakan, segeralah untuk memperbaiki dengan cara menambalnya. Kamu bisa menggunakan semen putih yang dengan mudah kamu temukan di toko bangunan. Jika tak bisa melakukannya sendiri, mintalah bantuan pada tukang sehingga rumahmu terlindungi dari rayap yang masuk lewat celah.

  1. Jangan Menghubungkan Langsung Tanah dengan Dinding Kayu

Memperhatikan jarak material kayu yang berhubungan langsung dengan tanah juga perlu mendapat perhatian. Sebab kondisi ini sangat rentan sekali kayu akan dilahap oleh rayap. Terlebih jika kayu tersebut tidak diolah dan terlapisi dengan baik, misal terlapisi dengan Biocide atau minyak pelindung Biopolish Natural Oil. Kondisi kayu yang berkontak langsung dengan tanah sangat disukai rayap.

  1. Memanfaatkan Kapur Barus untuk Mengusir Rayap
Baca Juga:  Cara Mengkilapkan Meja Kayu Kusam Paling Gampang dengan Biopolish

Kapur barus tidak hanya berguna untuk mencegah bau apak pada pakaian. Ternyata kapur barus bisa digunakan juga untuk mencegah rayap datang secara efektif. Kapur barus memiliki kandungan naftalena yang tidak disukai rayap. Tak hanya rayap, kecoa dan serangga-serangga kecil pun akan mundur mengganggu furniture milikmu. Caranya mudah, letakkan kapur barus di beberapa sudut ruangan dan di sekitar furniture kayu, rayap pun akan menghindari tempat yang sudah kamu beri kapur barus.

Cara Merawat Kursi Kayu dari Rayap dengan Biocide dan Biopolish Natural Oil

Sebenarnya bahan-bahan alami seperti menggunakan cucian beras bisa dipakai untuk menceah rayap. Sayangnya cara ini kuran efektif dan tidak praktis, cara yang lebih efisien yakni menggunakan bahan kimia terpercaya seperti Biocide dan Biopolish Natural Oil. Di sini akan dibahas salah satu mebel yang terkena rayap, semisal kursi kayu. Membasmi dan mencegah kursi kayu rayapan natural oil, biocide bisa digunakan.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yakni: (1) Biopolish Natural Oil, (2) Biocide Insecticide, (3) Kain, (4) Semprotan, (5) Air. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan: siapkan Biocide Insecticide kemudian campur dengan air secukupnya. Oleskan pada permukaan kayu atau furniture kursi kayu secaramerata menggunakan kain ataupun semprotan. Tunggu sampai kering dan meresap selama beberapa saat. Setelah itu, oleslah dengan Biopolish Natural Oil secara merata. Cukup mudah bukan?

Merawat kursi kayu rayapan natural oil, biocide ini bisa menjaga kayu atau furniture tetap awet, tajam, natural look, dan terhindar dari hewan-hewan pengganggu seperti rayap, teter, totor, dan lainnya yang merusak kayu. Biocide Insecticide juga bisa diaplikasikan sebelum kayu dibentuk menjadi perabotan mebel tertentu. Biocide Insecticide juga bisa diaplikasikasikan untuk mengawetkan kayu dengan cara meremdamnya di dalam larutan biocide.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Mengenai Wax Furniture Polish Biopolish Kayu

Biocide Insecticide merupakan produk biosida yang ramah lingkungan dan aman digunakan pada kayu. Stabilitasnya bisa mencapai hingga 2 tahun dengan pengalplikasian yang mudah. Biocide Insecticide cocok untuk kebutuhan woodworking, bangunan, dan ampuh untuk mengusir berbagai macam serangga, rayap, kutu, kumbang bubuk, dan lain-lain. Biocide Insecticide juga merupakan produk top quality dan best seller di pasaran.

Melindungi mebel dan merawat kursi kayu rayapan natural oil, Biocide Insecticide bisa menjadi pilihan dan bisa kamu beli di distributor-distributor terdekat. Sedangkan Biopolish Natural Oil bisa menjadi pelengkap perawatan yang membuat kayu jadi semakin cerah, estetik, dan terawat.