Tips Merawat Bahan Kayu Furnitur Yang Ada Di Rumah Sesuai Jenisnya

Bahan kayu biasa kita temukan di rumah. Di gunakan untuk membuat beragam jenis furniture mulai dari meja, kursi, lemari, bahkan hiasan kayu hingga juga peralatan makan dari kayu. Berbagai furnitur dari bahan kayu ini sebaiknya di lakukan perawatan secara rutin.

Merawat bahan kayu di rumah sangat gampang. Anda tidak perlu repot menggunakan banyak produk atau barang untuk perawatanya. Berikut ini kami berikan detail perawatan furniture dari bahan kayu yang gampang dan mudah.

Umumnya bahan furniture kayu di rumah terdiri dari dua jenis yaitu bahan kayu yang masih mentah atau belum di finishing dan bahan kayu yang sudah dilapisi atau di finishing. Finishing atau lapisan di sini umumnya menggunakan cat kayu ataupun pernis. Untuk merawat kedua jenis bahan furntiur kayu ini, berikut kami berikan panduanya.

Langkah-Langkah Merawat Bahan Kayu Mentah Atau Belum Di Finishing

Merawat bahan kayu di rumah tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan produk yang ramah lingkungan lagi terjangkkau harganya untuk perawatan furniture kayu di rumah.

Merawat Bahan Kayu

Jika furniture di rumah anda masih menggunakan kayu mentah atau belum di lapisi dengan bahan finishing baik seperti bahan finishing seperti melamin, pelitur atau cat kayu lainya. Merawat kayu mentah harus di lakukan ekstra. Karena funirutr kayu seperti ini belum di berikan perlindungan apapun. Sehingga membutuhkan perawatan sekaligus perlindungan.

Untuk merawat furniture kayu mentah, kami merekomendasikan menggunakan produk alami yang mengandung linseed oil. Bahan ini terbukti efektif mampu memberikan perlindungan pada furniture kayu.

Berikut ini langkah-langkah perawatan furniture kayu dengan menggunakan bahan linseed oil untuk bahan kayu mentah :

  • Amplas permukaan kayu hingga bagian-bagian sudutnyaa
  • Perhatikan gerakan saat mengamplas. Amplas searah dengan serat kayu. Bersihkan sisa amplasan setelah selesai mengamplas dengan kuas atau kain lap
  • Aplikasikan biopolish linseed oil dengen mesin pemoles ataupun kain lap atau kuas. Diamkan beberapa menit hingga linseed oil meresap ke dalam kayu.
  • Gunakan kain lap bersih atau mesin pemoles untuk menggosok bagian yang telah di olesi dengan linseed oil. Gosok searah serat kayu hingga bersih dan tidak lengket
  • Lakukan langkah-langkah di atas secara berkala untuk merawat furniture kayu mentah sehingga tidak mudah lapuk, terkena rayap dan rusak

Biopolish linseed oil kami rekomendasikan sebagai bahan merawat kayu mentah. Dauk perawatan furniture kayu mentah ataupun kayu outdoor. Dari pada anda harus sibuk mencari linseed oil, kami memberikan solusi dengan menghadirkan linseed oil yang telah di campur dengan natural oil lainya yang di buat sesuai dengan standar internasional.

Merawat Bahan Kayu

Biopolish Linseed oil sangat bermanfaat dalam proteksi dan perlidungan pada material bahan kayu. Linseed oil di kenal tahan lama menghadapi perubahan cuaca serta menjaga kondisi kayu agar bentuknya tetap, Tidak mudah melengkung.

Tak hanya itu, biopolish linseed oil juga di formulasikan dengan anti jamur alami. Sehingga mampu melindungi furniture kayu dari berbagai mikroorganisme perusak dan penggangu. Biopolish linseed oil di lengkapi dengan anti jamur dari pine oil sehingga aman untuk kesehatan manusia dan lingkungan.

Panduan Lengkap Merawat Bahan Kayu Yang Sudah Di Finishing

Lalu bagaimana cara merawat bahan kayu yang telah finishing atau di lapisi dengan pelitur ataupun cat ?

Merawat kayu yang telah di finishing atau di lapisi dengan cat umumnya lebih mudah. Kayu di finishing atau di berikan lapisan cat atau pelitur untuk menangkal berbagai masalah dan meningkatkan keindahan kayu.

Merawat Bahan Kayu

Namun, walaupun begitu, seiring dengan berjalanya waktu, cat kayu akan memudar atau bahkan mengelupas. Untuk menjaga gar warnannya tetp cerah, tidak mudah mengelupas, di butuhkan perawatan bahan kayu yang telah di finishing tersebut.

Berikut ini langkah- langkah merawat bahan kayu yang telah di finishing dengan praktis dan mudah :

  • Bersihkan furniture kayu yang akan di rawat dengan menggunakan lap kain yang bersih dan kering
  • Pastikan kondisi furniture bersih dari minyak dan kotoran lainya
  • Oleskan beeswax furniture wax dengan kain lap bersih secara tipis merata.
  • Diamkan sesaat agar furniture wax meresap
  • Gosok pada seluruh bagian yang telah di olesi dengan furniture wax searah dengan serat kayu
  • Saat menggosok jangan terlalu menekan, namun perlahan lahan saja
  • Gunakan sikat untuk bagian yang tidak mudah di jangkau oleh lap kain
  • Gunakan kuas yang biasa di gunakan untuk melukis untuk bagian lekukan lukisan atau patung yang kecil
  • Lakukan aplikasi secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Minimal seminggu sekali

Rekomendasi Produk Untuk Merawat Bahan Kayu Terbaik

Merawat bahan kayu dapat di lakukan menggunakan produk yang kami rekomendasikan. Produk ini akan membantu anda untuk membersihkan dan merawat bahan kayu dengan lebih mudah, praktis dan aman.

Merawat Bahan Kayu

Kami merekomendasikan biopolish linseed oil dan biopolish beeswax untuk merawat dan menjaga furniture agar tidak mudah lapuk dan kusam. Biopolish baik linseed oil dan beeswax dapat di aplikasikan untuk bahan furniture kayu baik di finishing atau masih mentah.

Biopolish linseed oil di aplikasikan pada furniture yang tidak bersentuhan dengan makanan, bayi atau anak-anak secara langsung. Sedangkan biopolish beeswax di aplikasikan untuk berbagai furniture kayu yang di gunakan untuk peralatan makan, ruang makan, furniture interior dan juga furniture anak dan bayi.

Biopolish di formulasikan dengan 100 % bahan alami sehingga aman di gunakan untuk kesehatan dan lingkungan. Bahan utama yang di gunakan untuk membuat biopolish merupakan beeswax atau lilin lebah. Lilin ini berbeda dnegan lilin naftalena yang justru keras dan tidak bagus di gunakan untuk furniture.

Biopolish dengan berbagai komposisi natural oil yang ada di dalamnya mampu memberikan proteksi pada perubahan cuaca, perlindungan jamur, menjaga lapisan film finishing tidak mudah retak dan juga menjaga agar warna kayu semakin cerah dan tajam.

Berbagai manfaat mulai dari membersihkan, merawat dan menjaga furniture kayu agar tidak mudah dalam satu produk. Kini merawat furniture bahan kayu semakin mudah dan praktis menggunakan biopolish.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.