Tips Merawat Jaket Kulit Berjamur Agar Tetap Kece Seperti yang Dipakai Artis

Jaket kulit merupakan jenis pakaian luaran yang terbuat dari kulit binatang, digunakan baik oleh pria maupun wanita yang berfungsi sebagai pelindung. Terkadang juga baju rangkap yang ampuh melindungi tubuh dari cuaca dingin dan angin yang berhembus ketika malam. Bentuk dari jaket kulit sangat khas. Memiliki resleting atau kancing dari arah leher ke bawah. Jaket kulit memiliki kerah yang bermacam-macam, dan memiliki variasi panjang yang berbeda-beda. Keseluruhan desainnya sederhana dengan ornamen yang minim. Namun jika tidak dirawat dengan baik, jaket kulit akan berjamur. Meski begitu ada tips merawat jaket kulit berjamur secara tepat.

Jaket kulit atau leather jacket sangat digemari terutama oleh pria dan kalangan pengendara motor gede. Fashion satu ini bisa menambah unsur manly dan macho pada pria, lebih tegas dan gagah. Namun jika tak dipadupadankan dengan baik, bisa jadi akan terlihat monoton. Jangan khawatir, ini bisa disiasati dengan memakai black/white t-shirt, ripped jeans, white sneakers, kaos oblong warna senada, hingga bisa kamu kombinasikan dengan hoodie, topi, dan kacamata senada.

Mengetahui jenis jaket kulit yang akan dibeli atau telah dibeli penting juga lho. Sebab jaket kulit yang tak banyak orang tahu bisa menjadi investasi yang berharga. Jaket kulit asli akan bertahan lebih lama daripada jaket kulit imitasi (berbahan sintesis) yang hanya 2 sampai 3 tahu saja. Berbeda dengan jaket kulit asli yang bahkan bisa diwariskan hingga anak cucu jika dirawat dengan benar.

Artis dan Jaket Kulit

Jaket kulit merupakan salah satu outer pakaian yang bentuknya legend dan tak lekang oleh waktu. Berbagai artis papan atas seperti Syahrini, Mikha Tambayong, Raisa, Luna Maya, Maudy Ayunda, Raline Shah, hingga Dian Sastrowardoyo menjadikan jaket kulit sebagai outer mereka. Beberapa dipadupadankan dengan kacamata hitam, atasan turtleneck, sling bag, boots hitam, topi beanie, dan lain-lain. Padu padan ini menampilkan looks yang terlihat chic, chill, dan pastinya kece.

Bahkan artis Shahiyani Febri Wiraatmadja atau yang populer disapa dengan Aura Kasih juga seorang publik figur yang mencintai jaket kulit. Mantan Miss Indonesia 2007 yang mewakili provinsi Lampung tersebut memiliki hobi yang berbeda dari kebanyakan perempuan, Aura suka naik motor besar (moge) menggunakan jaket kulit. Hal tersebut sebagaimana dia perlihatkan di akun Instagram resminya. Aura Kasih terlihat lebih maskulin menggunakan jaket kulit.

Selain Aura Kasih, penyanyi terkenal Selena Gomez juga kerap mengenakan jake kulit bahkan pada ajang American Music Awards tahun 2017 lalu. Fashion Selena yang ala bikers berhasil menarik perhatian para pengunjung, media, dan juru foto. Selena mengenakan jaket kulit hitam sepaha dipadu dengan rambut pirang pendek.

Jaket Kulit dan Moge

Oiya tahukah kamu mengapa jaket kulit identik dengan motor gede (moge)? Dalam ranah pergaulan anak muda, moge dikenal sebagai raja jalanan. Ini diakibatkan karena deru suaranya yang keras dan terkadang memekakkan telinga. Sang pengendara juga memiliki style yang khas yaitu jaket kulit berwarna hitam dan sepatu boots. Akesesoris lain seperti kacamata yang juga berwarna hitam. Sekilas, memang sangat terlihat mewah dan mahal jika dibandingkan dengan pengendara motor seperti yang biasanya. Ternyata style tersebut tak cuma untuk gaya-gayaan saja lho, tapi juga ada tujuannya.

Presiden Direktur PT Mabua Harley-Davidson Djonnie Rahmat sebagaimana dikutip dari CNN menjelaskan, jaket kulit telah dikenakan oleh para pengendara moge dimulai pada 1953. Fungsi jaket kulit agar sengatan matahari yang bersinar tak masuk ke tubuh dan jaket kulit bisa melindungi tubuh.

Bisa dilacak dari film yang berjudul “The Wild One”, aktor Hollywood pertama yang menggunakan jaket kulit adalah Marlon Brando saat berperan sebagai anggota geng motor. Saat itu jaket kulit yang ia gunakan berlabel Schott Perfecto, dari film ini terciptalah image jaket kulit sebagai asesoris yang berhubungan dengan berbagai hal yang berbahaya.

Sebagaimana jaket kulit, sepatu boots dan celana jins juga berfungsi untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Namun ada alasan yang lebih penting, yaitu mencegah adanya kontak langsung antara body motor dan kulit pengendara. Sebab body moge yang besar memiliki desain yang lekat dengan kaki dan tubuh. Apabila menempel langsng pada kulit tentu akan sakit. Selain itu, mesin moge juga berbeda karena menghasilkan panas yang tinggi jika dibanding dengan motor biasa, dan panas ini menyebar hampir merata khususnya yang dekat dengan kaki.

Kembali ke sejarah, pada dekade 1900-an, para penerbang dan anggota militer sering menggunakan jaket kulit berwarna coklat ketika berdinas. Sebab jaket kulit bisa melindungi dan menjadi aset yang sangat berharga untuk memberikan kehangatan saat terbang. Jaket para penerbang ini kerap dijuluki “jaket bomber”, bahkan menjadi seragam khusus untuk melindungi pilot bomber dari kondisi iklim atau cuaca yang terkadang sangat ekstrim. Jaket kulit menjadi pakaian yang sangat bisa untuk diandalkan. Dalam sejarahnya pula, kaum Bolshevik Rusia juga mengenakan jaket kulit selama Perang Saudara Rusia, di tengah kondisi negara beruang kutub tersebut memiliki cuaca yang begitu dingin.

Tips Membersihkan Jaket Kulit Berjamur

Musuh utama jaket kulit sebelum jamur datang adalah air hujan, jadi usahakan jika hujan turun, tips merawat jaket kulit berjamur dengan menghindarkan jaket kulitmu dari hujan. Namun jika terlanjur terkena noda, entah jamur karena hujan atau noda lainnya, pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkannya secara langsung (spot clean). Namun ingat sekali lagi, jangan membersihkannya dengan mesin cuci ya, karena bisa merusak jaket kulit. Untuk cara menyimpannya pun jangan dilipat, tapi digantung. Sebab melipat dapat membuat tekstur jaket kulit jadi lebih berkerut.

Atau kamu bisa menggunakan pelembab seperti lotion yang sangat berguna untuk merawat jaket kulit, salah satunya produk Biopolish Leather Care. Biopolish Leather Care memiliki kandungan natural anti-oxidant yang menyerap langsung pada lapisan dalam material kulit. Ini membuat warna asli dari jaket kulit jadi terlihat lebih tajam.

Vitamin E-nya juga memberi substrat  ekstra agar jaket kulit jadi lebih indah dan memiliki estetika yang tinggi. Jika kamu takut jaket kulitmu terserang oleh jamur atau serangga berjenis larva lainnya, Biopolish Leather Care yang memiliki kandungan Beeswax akan memberikan perlindungan yang bisa menyingkirkan jamur dan memberikan perlindungan pada jaket kulit kesayangan kamu. Cara membersihkan jaket kulit menggunakan Biopolish Leather Care cukup sederhana dan tidak belibet:

  1. Sebelum Bioplish Leather Care kamu aplikasikan, pastikan jaket kulit sudah bersih dan dalam kondisi kering.
  2. Ambil kain lembut dan bersih untuk mengaplikasikan (mengusap) Biopolish Leather Care dengan merata pada permukaan jaket kulit.
  3. Setelah dioleskan secara merata, diamkanlah terlebih dahulu selama beberapa saat agar kandungan alaminya masuk ke dalam substrat jaket.
  4. Keringkan jaket kulit yang telah terolesi Biopolish Leather Care dengan cara diangin-anginkan, hingga warnanya lebih tajam.