Yuk Lebih Peka, Ini Loh Bahaya Tas Kulit Kaku dan Retak Karena Tidak Dirawat

merawat tas kulit

Tas menjadi salah satu bagian dari perlengkapan yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari anak balita, anak usia sekolah, hingga orang dewasa selalu menggunakan tas untuk keperluan sehari-hari. Fungsi utama tas dalam hal ini adalah untuk menyimpan banyak barang bawaan sehingga lebih praktis.

Model tas yang kita temukan dalam sehari-hari juga beragam. Mulai dari travel bag untuk perjalanan jarak jauh, tas ransel yang biasa digunakan anak-anak sekolah, tas kerja yang biasa digunakan untuk bekerja, hingga tas model selempang yang trendi untuk kalangan anak muda. Bahan yang digunakan untuk yas pun beragam, mulai dari katun, polyester, hingga kulit.

travel bag

trevel bag. sumber: https://www.yunru-bag.com/apa-itu-travelling-bag-atau-dufefl/

Tas berbahan kulit menjadi salah satu tas yang paling dicari oleh para kolektor tas, terutama karena keawetan bahannya. Sesuai dengan jenis kulit yang digunakan untuk bahan tas, semakin bagus jenis kulitnya semakin awet usia tasnya. Meskipun demikian, keawetan tas berbahan kulit harus disertai dengan perawatan khusus. Tas kulit yang tidak dirawat dengan baik akan cepat rusak.

Masalah yang Muncul pada Tas Kulit

Ada banyak masalah yang berpotensi muncul pada tas kulit yang tidak terawat dengan baik. Tas kulit sangat rentan terhadap jamur, terutama jika disimpan di lokasi yang gelap dan lembab. Selain itu, tas kulit yang terlalu sering terkena air juga berpotensi menghasilkan jamur.

Masalah lain yang sering muncul pada tas kulit adalah keretakan pada permukaan tas. Keretakan ini muncul akibat beberapa faktor. Kelembaban yang tinggi pada tas bisa menyebabkan tas menjadi retak. Selain itu paparan sinar UV yang terlalu sering juga akan membuat tas berbahan kulit menjadi retak. Faktor lain adalah perubahan suhu yang drastis sehingga tas kulit mengalami pengeringan.

Permukaan tas kulit yang retak biasanya diawali dengan munculnya tekstur kaku. Ketika suhu berubah naik secara drastis, kelembaban pada tas akan berkurang sehingga menyebabkan permukaan tas menjadi kaku. Tekstur permukaan tas yang sudah kaku ini jika ditambah dengan paparan sinar matahari langsung akan menambah efek kerusakan yang lebih parah.

membersihkan tas kulit

membersihkan tas kulit. sumber: https://duniaq.com/tips-merawat-tas-kulit/

Tas kulit yang sudah kaku dan tetap dibiarkan tanpa perawatan akan berakhir dengan keretakan di permukaannya. Setelah retak, permukaan tas kulit lama-lama akan mengelupas sehingga tas menjadi rusak. Oleh karena itu, kita harus lebih peka dengan kondisi tas kulit miliki kita. Jika tanda-tanda kering dan kaku sudah terlihat, jangan sampai dibiarkan retak dan terkelupas. Yuk kita cek cara perawatannya.

Perawatan yang Dibutuhkan Tas Kulit

Jangan sampai menunggu tas kulit kita berubah menjadi kering, kaku, dan retak sebelum akhirnya mengelupas dan rusak. Mulailah untuk merawat tas kulit kita sebelum muncul tanda-tanda kerusakan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merawat tas kulit kita. Berikut adalah beberap tips untuk merawat tas kulit agar terhindar dari kaku dan retak sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Keringkan tas secara alami. Ketika tas kulit kita terkena hujan atau percikan air yang tumah, kita harus mengeringkan tas tersebut dengan cara alami. Bukan dengan cara dijemur di bawah matahari. Paparan sinar UV secara langsung justru akan menambah tas kulit semakin kaku dan retak.
  2. Jangan mencuci dengan deterjen. Jika tas kulit kita kotor maka kita tidak boleh mencucinya dengan deterjen. Hal ini karena residu dari deterjen sangat keras bisa menutup pori-pori kulit pada tas kita. Hal ini menyebabkan tas kulit menjadi kering dan kaku sehingga mudah terkelupas.
  3. Dismpan secara berjajar di rak. Hindari juga menyimpan tas kulit dengan cara ditumpuk atau digantung. Ketika di tumpuk, gesekan yang terjadi antartas menyebabkan tas mudah terkelupas. Sedangkan jika tas digantung dan salah satu permukaannya menyentuh tembok, kemungkinan permukaan tersebut akan cepat rusak.
  4. Jangan gunakan air. Jika tas kulit kamu terkena noda minyak, maka jangan gunakan air ketika membersihkannya. Minyak yang berpadu dengan air justru akan membuat minyak tersebut semakin melekat di pori-pori. Untuk membersihkannya kita memerlukan pembersih khusus yang dibuat untuk produk kulit.
  5. Lembabkan dengan kondisioner khusus. Tas kulit yang sudah mulai kering harus segera dilembabkan. Proses melembabkan tas kulit tidak sembarangan. Harus menggunakan kondisioner khusus yang dibuat khusus untuk produk berbahan kulit. Karena lembab tas kulit yang tidak sesuai justru akan mengundang tumbuhnya jamur.

Biopolish Leather Care untuk Merawat Tas Kulit

Merawat tas kulit agar tidak kering, kaku, dan retak bisa kita lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat tas. Produk kondisioner khusus yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan pada media tas. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat tas kulit jadi awet.

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk kerajinan berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tetap sebagaimana aslinya, juga bisa untuk mencegah keretakan hingga pengelupasan pada permukaan tas kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Ketika tas kulit sering digunakan, paparan sinar matahari juga memberikan pengaruh yang negatif pada tas, bisa membuatnya kusam dan pudar. Dengan mengoleskan Biopolish Leather Care pada kulit, kita bisa menjaganya tetap normal, karena kandungan antioksidan yang terkandung pada Biopolish Leather Care membuat tas kulit terlindung dari teriknya paparan sinar matahari.

Cara membersihkan tas kulit kena noda menggunakan Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna tas kulit, bahkan jika tas kulit terlihat kusam. Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau yangmenyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna tas kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.