Rekomendasi Alternatif Pengganti Cat Kayu Natural Untuk Rak Kayu Pinus

alternatif cat kayu natural

Rak kayu untuk keperluan rumah interior rumah seperti di dapur harus menggunakan bahan finishing yang aman. Jika anda memilih menggunakan cat kayu natural seperti varnish, pilihlah varnish yang aman. Selain di finishing menggunakan varnish atau pelitur, tentu ada alternatif cat kayu natural yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan wax furnitur kayu.

Jika anda menggunakan varnish untuk melakukan fnishing cat kayu, jangan lupa menggunakan varnish yang menggunakan pelarut air. Jangan menggunakan varnish dengan pelarut tiner. Apalagi jika rak tersebut akan di gunakan untuk keperluan di dapur. Pilihlah varnish yang aman, tidak berbau dan aplikasinya mudah sehingga tidak memberikan kontaminasi yang buruk pada kesehatan karena diletakkan di dapur. Kami merekomendasikan varnish yang aman dengan menggunakan pelarut air dari Biovarnish.

Biovarnis merupakan varian varnish waterbased atau pelitur dengan pelarut air. Biovarnish dapat digunakan sebagai alternatif cat kayu natural dengan warna clear atau cenderung ke warna coklat seperti walnut brown. Berikut ini aplikasi biovarnish untuk mengganti cat kayu sebagai varnish aman ramah lingkungan untuk rak kayu pinus :

  • Amplas halus seluruh bagian rak kayu untuk menghilangkan kotoran seperti debu dan minyak dan lain lain
  • Encerkan atau aduk biovarnish wood filler sebagai lapisan dasar jika bagian rak kayu ada yang tidak rata sempurna
  • Apliaksikan biovarnish wood filler
  • Tunggu hasil apliaksi biovarnish wood filler mengering
  • Setelah kering amplas hasil wood filler tersebut
  • Kemudian setelah bersih dan kering aplikasikan biovarnish clear coat untuk mendapatkan hasil warna natural sesuai dengan warna asli rak kayu
  • Jika anda inign tampilan natural glossy atau doft, anda bisa menggunakan biovarnish clear gloss atau doft sesuai kebutuhan
  • Kuas hingga seluruh bagian tertutup dan biarkan hingga kering maksimal hingga 1 X 24 jam
Baca Juga:  Semir Alami Biopolish® Leather care lebih Baik dari Semir Kimia!

Biovarnish merupakan alternatif untuk cat kayu natural aman dan tidak mengandung timbal ataupun bahan kimia lainya. Bahan yang ada dalam cat pelarut solvent sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu gunakan alternatif yang aman dan alami. Jika anda memilih menggunakan varnish jangan lupa perawatanya menggunakan wax polish yang berbahan alami dan tidak berbau dari biopolish beeswax.

Alternatif Cat Kayu Natural Untuk Rak Menggunakan Wax Furnitur Kayu

rak kayu natural

Cat kayu natural biasa dipalikasikan untuk melakukan finishing pada rak kayu. Biasanya menggunakan varnish atau pelitur untuk warna natural transparan. Alternatif cat kayu natural selain menggunakan varnish atau pelitur anda dapat menggunakan menggunakan wax furnitur kayu.

Wax furnitur kayu dari biopolish yang kami rekomendasikan menggunakan bahan alami. Biopolish merupakan wax furnitur kayu yang dapat digunakan sebagai perawatan kayu ataupun sebagai finishing kayu. Untuk membuat rak kayu pinus dengan warna natural dengan aplikasi yang sangat sederhana, kami merekomendasikan menggunakan biopolish.

Produk biopolish untuk finishing rak kayu pinus yaitu. biopolish beeswax. Jika rak kayu tersebut digunakan untuk rak kayu makanan atau perabot makan di dapur atau ruang makan kami rekomendasikan menggunakan biopolish beeswax.

aplikasi besswax pada kayu

Alternatif cat kayu natural dengan biopolish dapat diaplikasikan sebagai berikut :

  • Pastikan kayu yang digunakan sebagi rak harus benar-benar kering
  • Amplas kayu tersebut untuk menghilangkan bagian yang tidak rata, bagian yang kotor ataupun bekas noda pada kayu
  • Setelah di amplas, siapkan biopolish, lap kering atau mesin pemoles
  • Oleskan biopolish secara tipis ke seluruh bagian rak kayu
  • Gosok dengan kain atau mesin pemoles hingga warnanya tampak tajam dan tidak lengket
  • Ulangi aplikasi jika di butuhkan
Baca Juga:  Apa Rahasia Jaket Kulit Nyaman Dipakai Dan Awet ? Temukan Disini!

Alternatif cat kayu natural dengan biopolish di pilih jika anda menginkan untuk finishing yang sederhana dan mudah. Finishing ini dapat dilakukan siapa saja tanpa harus menjadi teknisi ahli. Tak hanya itu biopolish juga dapat digunakan sebagai perawatan finishing. Sehingga warna finishing yang memudar dapat di aplikasikan lagi menggunakan biopolish.

Rak kayu pinus umumnya berwarna pucat jika belum di cat atau di finishing. Menggunakan varnish clear dapat menjadi solusi yang bisa anda lakukan. Namun jika anda ingin menampilkan keindahan alami warna kayu pinus yang tua, kami rekomendasikan untuk menggunakan biopolish.

biopolish beeswax

Biopolish beeswax bahan utamanya adalah beeswax dan disertai berbagai natural oil. Bahan bahan ini mampu melindungi dan menjaga furnitur kayu dari berbagai paparan yang merusak seperti sinar matahri, air dan juga mikroorganisme perusak. Alternatif finishing dengan biopolish memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Tampilan benar-benar alami alias natural look lebih tepat ke arah wet look tanpa menggunakan banyak produk
  • Tidak berbau untuk biopolish beeswax
  • 100 % alami tanpa bahan kimia
  • Aplikasi sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja
  • Mampu menjaga kayu tidak mudah kusam dan pucat
  • Mengandung beeswax yang mampu memberikan sifat water repellant atau anti cipratan air

Alternatif cat kayu natural kini dapat anda pilih dengan mudah menggunakan wax furnitur kayu dari biopolish. Anda tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan rak  yang anda buat. Apakah akan membuat rak kayu biasa yang tidak bersentuhan dengan perabotan makan atau bahan makanan atau membuat rak kayu yang diletakkan di dapur dan ruang makan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.