Atasi Cat Kayu yang Mudah Retak dengan Biopolish Natural Oil

Apakah kamu sering mengalami masalah pada lapisan cat kayu? Biasanya cat kayu mudah mengelupas atau warna menjadi pudar. Hal ini biasa terjadi pada furniture, decking flooring, pagar hingga cat kayu exterior lainnya. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan warna furniture kayu menjadi pudar, retak atau mengelupas. Salah satunya adalah ketahanan kayu terhadap cuaca.

Ketika musim kemarau tiba, biasanya cat kayu luntur dan terkelupas karena serat yang dehidrasi dan kehilangan kelembabannya. Sebenarnya tidak hanya cat kayu, hal ini juga bisa terjadi pada banyak jenis cat lainnya, baik itu cat dinding, kayu, besi atau genting dan mobil. Kerusakan tersebut membuat bentuk serpihan pecah-pecah yang mengurangi estetika dari media yang sudah diaplikasi cat.

Sangat penting bagi orang yang punya kepentingan, para pengoleksi furnitur kayu atau pengrajin agar dapat memberikan perawatan yang tepat. Cat kayu yang mudah retak tentu akan kurang enak dipandang mata. Selain itu, cat yang mengelupas tersebut juga merupakan tanda bahwa kondisi furniture kayu sedang tidak dalam keadaan baik, sehingga butuh perawatan tertentu untuk mengembalikan kualitasnya seperti semula.

Penyebab Lapisan Cat Mudah Retak

Ketika kondisi normal, kerusakan lapisan cat atau yang biasa disebut flaking disebabkan karena proses oksidasi yang terjadi secara terus menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Proses tersebut menyebabkan struktur lapisan cat menjadi tidak stabil dan kehilangan kelenturannya. Ketika terjadi pergerakan kembang susut pada permukaan kayu atau media lainnya, lapisan cat jadi mudah retak. Selain itu, lapisan cat juga akan kehilangan sifat adhesinya. Hal ini menyebabkan lapisan cat menjadi mudah terkelupas dan membentuk serpihan kecil-kecil. Ketika diraba, permukaan kayu akan terasa kasar dan tidak rata.

Baca Juga:  Merawat Kursi Kayu dari Serangan Rayap dengan Biopolish Natural Oil dan Biocide

Proses oksidasi ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena intensitas sinar matahari secara langsung. Artinya, furniture kayu dibiarkan terlalu lama terpapar sinar di ruang terbuka tanpa pelindung apapun berpotensi mengalami proses oksidasi.

          Baca Juga: Biopolish Beeswax Produk Terbaik untuk Merawat Furniture Kayu

Perlu diperhatikan bahwa sinar matahari terutama ketika sedang terik menjadi faktor paling tinggi yang menyebabkan cat kayu mudah retak dan terkelupas. Selain itu, terdapat perubahan suhu dan juga kelembaban udara yang membuat serat kayu harus mampu beradaptasi. Padahal seharusnya kayu diletakan pada ruangan dengan suhu dan kelembaban yang normal.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama, akan membuat furnitur kayu terkelupas. Daya tahan kayu pun juga akan berkurang. Kayu menjadi mudah keropos, dihinggapi rayap sampai jamuran. Proses oksidasi biasa terjadi pada furnitur yang berada di luar ruangan, sedangkan untuk kasus furniture dalam ruangan, prosesnya jauh lebih lambat.

Bagaimana Mengatasi Cat Kayu Agar Tidak Mudah Retak?

Bagi pemula yang masih belajar mengenai finishing, yang mengharapkan furniture kayu bisa kembali mengkilap seperti pertama kali beli, hal itu tentu sangat bisa dilakukan. Pertama, kamu bisa mengamplas terlebih dahulu baru media yang memperlihatkan gejala akan retak kemudian melakukan finishing ulang. Setelahnya, lakukan proses refinishing untuk menutup kerusakan kayu.

Saat mengecat ulang, pastikan jika cat yang digunakan memiliki formulasi yang tepat. Ikuti petunjuk dengan baik dan benar. Baik mulai cata mencampurkan produk dengan pelarutnya, sampai pada proses pengeringan. Pastikan juga, apakah harus menggunakan alat pengering, dijemur, atau dengan cara lainnya, karena efek retak pada furniture bukan hanya karena faktor yang dipaparkan di atas saja. Jika terdapat langkah yang salah saat proses aplikasi, akan memengaruhi hasil akhirnya.

Baca Juga:  Bingung Memilih Produk Perawatan Furniture Kayu? Coba Biopolish Natural Oil

Jika kamu masih bingung dengan banyaknya produk di luar sana yang dikhususkan untuk perawatan media kayu, kamu dapat mencoba salah satu produk dari Biopolish. Terdapat dua varian dari Biopolish untuk kebutuhan finishing dan perawatan kayu. Salah satunya adalah Biopolish Natural Oil. Produk ini dipastikan dapat mempertahankan kualitas alami air kayu tanpa merusak serat di dalamnya. Hal ini karena Biopolish Natural Oil mengandung bahan alami sehingga aman untuk digunakan.

Selain itu Biopolish Natural Oil juga dapat meresap dengan mudah pada permukaan kayu sehingga tekstur permukaan kayu akan tampak mengkilap. Hal ini akan mengurangi kejadian kayu mengelupas akibat kelembaban dan suhu udara yang tidak menentu.

Proses pengaplikan Biopolish Natural Oil juga mudah dan dapat dilakukan pada hampir semua jenis furnitur kayu di rumah.

Untuk aplikasi Biopolish Natural Oil secara cepat untuk perawatan dan perlindungan maksimal, bisa mengikuti tips berikut. Pertama, haluskan furnitur dengan ampelas. Hilangkan goresan, noda dan permukaan rusak lainnya. Setelah itu, tutup pori-pori kayu menggunakan Biovarnish Wood Filler. Kamu bisa mengaplikasi Biovarnish Sanding Sealer untuk hasil yang lebih maksimal dan bagus. Selanjutnya, oleskan Biopolish Natural Oil secara merata pada seluruh permukaan termasuk sela-sela furniture.

Gosok secara perlahan sampai warna permukaan tampak mengkilap. Untuk hasil sempurna, kamu bisa mengulang step di atas dengan mengoleskan kembali Biopolish Natural Oil. Dengan cara ini dijamin furnitur kayu di rumah tidak akan mudah retak kembali. Selain melakukan perawatan menggunakan Biopolish Natural Oil, kamu juga harus memperhatikan berbagai faktor lainnya yang dapat merusak lapisan cat kayu, misal munculnya jamur.

Jika penasaran kamu bisa mendapatkan produk Biopolish Natural Oil dengan cara menghubungi reseller yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, produk Biopolish Natural Oil juga tersedia di beberapa marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan Blibli. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.

Baca Juga:  Cara Mudah Melakukan Perawatan Mebel Kayu Mahoni dengan Biopolish