Begini Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Sintetis

Kamu termasuk yang suka memakai sepatu dari bahan kulit asli atau bahan sintetis?

Jika dibandingkan, tentu saja sepatu dengan bahan kulit asli jauh lebih unggul kualitasnya dari sepatu dengan bahan sintetis. Banyak keunggulan yang bisa kamu peroleh dengan memakai sepatu kulit asli, terutama dalam hal keawetan dan kenyamanan.

Konsekuensi dari kualitas yang bagus adalah harga yang cenderung mahal. Bagi sebagian kalangan yang memang sangat peduli pada kualitas, harga mahal bukan penghalang untuk mendapatkan kualitas yang bagus. Tapi bagi sebagian kalangan lain yang dari segi kemampuan finansial belum memadai, sepatu dengan bahan sintetis menjadi pilihan.

Tentunya pilihan menggunakan sepatu kulit asli maupun sintetis kembali pada keputusan masing-masing. Untuk membantu kamu memilih mana yang lebih baik, artikel ini akan membantu kamu membedakan mana sepatu dengan bahan kulit asli dan mana yang berbahan kulit sintetis.

 

Mengenal Bahan Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis merupakan bahan kulit buatan manusia yang mirip dengan kulit asli. Pembuatan bahan kulit sintetis sama sekali tidak melibatkan kulit hewan sehingga kadang-kadang disebut juga dengan produk imitasi. Pembuatan kulit sintetis diketahui sudah dilakukan sejak 1850-an menggunakan bahan polimer, campuran karet, dan zat-zat sintetis lainnya.

Jika diamati secara sekilas, bahan kulit sintetis ini mirip sekali dengan bahan kulit meskipun sebenarnya bukan kulit. Penggunaan bahan kulit sintetis sudah banyak dilakukan di dunia fashion, baik untuk membuat tas, jaket, juga sepatu.

Meskipun kualitasnya tidak sama dengan bahan kulit asli, kulit sintetis seringkali dijadikan pilihan karena harga bahannya yang lebih terjangkau. Selain itu, berbeda dengan bahan kulit asli yang bertema gelap, bahan kulit sintetis banyak yang warnanya mengkilap sehingga menimbulkan kesan glowing dan menarik minat banyak orang.

 

Kelebihan Bahan Kulit Sintetis

Memang secara kualitas bahan kulit sintetis kalah jauh dari bahan kulit asli. Tapi bukan berarti bahan kulit sintetis tidak memiliki kelebihan sama sekali. Ada beberapa kelebihan dari bahan kulit sintetis yang perlu kamu ketahui.

Beberapa kelebihan bahan kulit sintetis adalah:

  1. Harga terjangkau

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, dari segi harga bahan kulit sintetis lebih terjangkau dibandingkan bahan kulit asli. Sehingga bahan ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang isi kantongnya pas-pasan.

  1. Ramah binatang

Bagi kamu penyayang binatang, penggunaan kulit asli sebagai bahan fashion yang melibatkan banyak hewat yang disembelih tentu memprihatinkan. Oleh karena itu, penggunakan kulit sintetis yang tidak memakai sedikitpun bahan kulit bisa menjadi solusi.

  1. Pilihan warna lebih beragam

Karena bahan sintetis dibuat oleh manusia, maka warnanya bisa diatur menjadi lebih beragam dibandingkan kulit asli. Pilihan warna yang beragam ini tentu menjadi kelebihan bagi kamu yang suka mengeksplorasi warna dalam berpakaian.

  1. Mudah dibersihkan

Bahan kulit sintetis lebih mudah dibersihkan dibandingkan bahan kulit asli. Dalam membersihkan bahan kulit asli kamu perlu hati-hati karena bisa saja niatnya untuk membersihkan justru malah merusak. Sementara untuk bahan kulit sintetis kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu.

  1. Perawatannya lebih murah

Selain lebih mudah dibersihkan, perawatan bahan kulit sintetis juga lebih murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk poles kulit sehingga lebih hemat.

 

Kekurangan Bahan Kulit Sintetis

Ada kelebihan, tentu ada juga kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa kekurangan dari bahan kulit sintetis:

  1. Tidak breathable

Bahan kulit sintetis memang bisa diatur agar memiliki pori-pori, akan tetapi pori-pori buatan ini tidan bisa menyamai pori-pori pada kulit asli yang breathable.

  1. Mengkilap

Bagi sebagian orang, sifat mengkilap yang muncul pada sepatu kulit sintetis justru mengganggu.

  1. Mudah rusak

Bahan kulit imitasi gampak retak dan bolong. Jadi dari segi keawetan jelas kalau bahan kulit sintetis tidak awet. Hal ini justru akan merugikan kamu, karena meskipun harga sepatu dengan bahan kulit sintetis terjangkau, tapi jika cepat rusak maka kamu akan terpaksa membeli yang baru lagi.

  1. Bau bahan kimia

Terbuat dari bahan-bahan kimia menjadikan kulit sintetis mengeluarkan bau bahan kimia yang mengganggu. Tentu ini membuat kamu sebagai pengguna menjadi merasa tidak nyaman.

 

Cara Membedakan Sepatu Kulit Asli dan Sintetis

Setelah mengetahui tentang kulit asli dan kulit sintetis, saatnya untuk mengetahuai cara membedakan sepatu dengan bahan kulit asli dan sepatu dengan bahan kulit sintetis. Begini cara membedakan sepatu kulit asli dan sintetis:

  1. Mengecek label produk

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek label produk. Produk kulit asli kadang-kadang ditulis dengan real leather, top/full grain leather, made with animal products, atau genuine leather. Sementara itu pada label produk kulit sintetis akan tertulis synthetic leather atau manmade material.  

  1. Mengecek “ketidaksempurnaan”

Permukaan kulit asli memilik “ketidaksempurnaan”. Di antara ketidaksempurnaan permukaan kulit asli adalah pori-pori yang tidak beraturan, adanya serat-serat kulit, adanya perbedaan warna, adanya goresan, bahkan keriput. Saat ditekan, sepatu dengan bahan kulit asli akan mengalami perubahan pada teksturnya.

Sementara itu pada bahan kulit sintetis semua terlihat sama dan sempurna. Pori-pori pada kulit sintetis lebih terlihat rapi. Tidak ada serat-serat. Tidak ada gradasi warna. Semua tampak sama dan sempurna.

  1. Mengecek aroma

Kulit asli memiliki aroma yang khas, sebagaimana bau binatang pada umumnya. Sementara itu bahan kulit sintetis akan mengeluarkan aroma bahan kimia. Baunya menyerupai bau plastik.

  1. Menggunakan api

Cara ini sebenarnya tidak disarankan karena dapat merusak produk. Tapi jika kamu penasaran, kamu dapat mencobanya di rumah. Dekatkan sepatu kamu dengan api selama 5-10 detik dan lihat apa yang terjadi.

Bahan kulit asli tidak mudah terbakar. Dalam waktu 5-10 detik terkena api, paling hanya akan menimbulkan noda gosong saja tapi tidak terbakar. Selain itu, kulit asli akan mengeluarkan bau seperti rambut terbakar.

Berbeda dengan bahan kulit sintetik. Saat terkena api 5-10 detik bahan ini akan langsung terbakar dan mengeluarkan bau seperti plastic terbakar.

 

Biopolish Leather Care untuk Kulit Asli maupun Sintetis

Bahan kulit asli ataupun sintetis untuk sepatu kamu, pilihan ada di tangan kamu. Apapun pilihan bahan sepatu kamu, ntuk perawatannya kamu bisa menggunakan produk perawatan bahan kulit Biopolish Leather Care. Produk ini bisa digunakan untuk sepatu, jaket, atau tas baik yang terbuat dari bahan kulit asli maupun kulit sintetis.

Biopolish Leather Care merupakan bahan yang diformulasikan khusus untuk merawat barang berbahan kulit, baik kulit asli maupun kulit sintetis. Produk ini mengandung bahan alami berupa beeswax, atau lilin lebah. Kandungan tersebut memberikan perawatan yang maksimal karena menyerap ke dalam serat sepatu. Kandungan alami ini juga memberikan aroma natural yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada jaket sepatu.

Kelebihan lain yang akan kamu dapatkan adalah produk ini mampu melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan permukaan kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna sepatu kulit juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

Kamu bisa mendapatkan produk Biopolish Leather Care dengan cara menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, produk Biopolish Leather Care juga tersedia di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.