Biopolish Beeswax untuk Meja Kayu menjadi Water Repellent

Jika kamu memiliki meja kayu, simak artikel ini untuk membantu kamu membuat meja kayu menjadi water repellent.

Water repellent adalah istilah yang merujuk pada produk yang memiliki sifat tahan air sampai ke tingkatan hydrophobic. Hydrophobic artinya benda tersebut menolak molekul air untuk menempel.

Agar sebuah produk sampai ke tingkatan water repellent umumnya dilapisi oleh lapisan tipis khusus entah di bagian dalam, luar atau keduanya dengan bahan tertentu. Namun lapisan yang digunakan tiap merek beragam, sehingga kerap kali istilah ini suka diperdebatkan, karena untuk istilah yang sama dapat menunjukkan ketahanan air yang berbeda.

 

Cara Membuat Meja Kayu Menjadi Water Repellant

Meja kayu, apalagi meja makan kayu berpotensi untuk terkena banyak residu makanan dan minuman. Residu itu bisa berupai cairan. Baik air dari makanan yang berkuah maupun minuman. Agar tidak cepat rusak, meja kayu yang sering terkena cairan perlu dibuat menjadi water repellant.

Berikut ini adalah cara untuk membuat meja kayu kamu sampai pada tahap water repellant.

Secara garis besar terdapat tiga cara untuk membuat meja kayu menjadi water repellent. Pembagian ini berdasarkan pelapis yang digunakan. Yang pertama menggunakan pelapis minyak. Kemudian menggunakan pelapis sealant. Terakhir menggunakan pewarna atau wood stain. Sedangkan untuk langkahnya secara umum sama.

Menyiapkan Permukaan Meja Kayu

Sebelum dilapisi dengan pelapis. Permukaan meja kayu harus disiapkan terlebih dahulu. Persiapan yang perlu dilakukan untuk pemukaan meja kayu adalah dengan menghaluskan permukaannya. Cara menghaluskan permukaan bisa menggunakan amplas.

Pilih amplas dengan nomor kehalusan yang sesuai. Agar bahan pelapis untuk membuat water repellan bisa menyerap.

 

Menyiapkan Pelapis

Kamu harus menentukan pelapis jenis apa yang akan digunakan. Menentukan pelapis harus disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Kamu bisa memilih pelapis menggunakan minya, sealant atau pewarna.

Baca Juga:  penting mengetahui Perbandingan Poles Beeswax alami dan Parafin wax!

 

Melapisi Permukaan Meja Kayu

Setelah permukaan meja siap. Juga pelapis yang akan digunakan sudah kamu pilih. Saatnya untuk melapisi permukaan meja kayu kamu dengan pelapis.

Cara menggunakan pelapis sangat gampang. Kamu bisa menggunakan kuas halus atau kain lap halus. Oleskan bahan pelapis secara merata ke permukaan meja kayu. Setelah seluruh permukaan meja kayu terutup lapisan. Tunggu sampai pelapis mengering.

 

Membersihkan Lapisan Pertama

Untuk meningkatkan hasil secara maksimal. Kamu harus melapisi permukaan meja kayu dengan beberapa lapis. Untuk itu lapisan pertama perlu dibersihkan lagi. Sehingga ketika dilapisi dengan lapisan kedua maka lapisannya akan semakin merekat.

 

Mengoleskan Lapisan Berikutnya

Setelah lapisan pertama dibersihkan. Kamu harus melapisi meja kayu dengan lapisan kedua dan ketiga. Dengan tiga lapisan ini permukaan meja kayu kamu menjadi semakin tahan air.

 

Membiarkan Pelapis Kering

Tahap terakhir adalah membiarkan pelapis kering. Kamu bisa menunggu beberapa menit agar pelapis menyerap ke permukaan meja. Sekaligus juga membiarkan pelapis kering,

 

Biopolish Beeswax sebagai Pelapis Meja Kayu

Biopolish Beeswax food grade aesthetic and protective merupakan pemoles kayu alami. Produk ini memiliki bahan dasar beeswax atau lilin lebah. Bahan-bahan alaminya diformulasikan khusus sesuai dengan standard sertifikasi U.S Food and Drug Administration (U.S FDA).

Produk Biopolish Beeswax aman digunakan untuk kebutuhan finishing atau perawatan barang kayu. Terutama barang kayu yang memiliki tingkat keamanan bahan yang tinggi. Contohnya seperti meja makan, perabotan dapur, peralatan makan, mainan anak, baby furniture, dll.

Menggunakan Biopolish Beeswax untuk memoles permukaan kayu akan membuat warna alami kayu akan lebih tajam. Selain tajam juga permukaan meja kayu menjadi cerah dan mengkilat alami tanpa lapisan wax.

Baca Juga:  Kenali Bahaya Musim Panas Pada Furniture Kayu di Rumah

Saat dioleskan pada permukaan kayu, bahan Biopolish Beeswax akan meresap jauh ke dalam serat kayu. Produk ini akan menghambat proses oksidasi dan pelapukan, mempertahankan kelenturan serat kayu sehingga mengurangi resiko kayu pecah.

Biopolish Beeswaax yang dioleskan pada permukaan kayu akan menampilkan efek air di daun talas (water repellent). Sehingga permukaan meja kayu tidak rusak oleh air. Produk yang diaplikasikan Biopolish Beeswax dapat dicuci dan mudah dibersihkan. Fungsi lainnya, produk ini akan membantu menjaga kekeringan kayu serta menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

 

Cara Mengaplikasikan Biopolish Beeswax untuk Permukaan Meja Kayu

Sudah disebutkan sebelumnya. Untuk membuat meja kayu menjadi water repellent bisa menggunakan beberapa bahan pelapis. Salah satu bahan pelapis yang bisa digunakan untuk melapisi permukaan meja kayu adalah Biopolish Beeswax.

Cara untuk mengoleskan Biopolish Beeswax untuk permukaan meja kayu adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan permukaan media yang digunakan benar-benar bersih, halus dan kering
  2. Aplikasikan tipis-tipis langsung ke permukaan media dengan menggunakan kuas atau kain kering. Biarkan Biopolish Beeswax menyerap ke dalam substrate media dalam beberapa saat (kurang lebih 10 menit)
  3. Gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk memoles sampai benar-benar bersih, halus dan warna natural mengkilap.
  4. Lakukan secara rutin (lebih sering lebih baik) untuk menghasilkan tampilan lebih indah dan meningkatkan perlindungan pada media.

 

Cara Mendapatkan Biopolish Beeswax

Jika kamu tertarik menggunakan produk ini untuk merawat tas kulit, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/, https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, Shopee, dan BliBli. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Baca Juga:  Ini Bukti Efektifnya Perawatan Kayu dengan Bahan Alami yang aman

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.