Pelajari Bagaimana Cara Merawat Furniture Kayu Dengan Polish Furniture

Industri mebeling saat ini bisa dikatakan sangat ketat mengingat peminat dari furniture atau perabotan kayu juga semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa bahan baku kayu masih menjadi bahan baku favorit dari semua kalangan. Kualitas kayu sendiri juga berbeda-beda mulai dari yang paling rendah hingga yang berkualitas kelas I. Terlepas dari sisi kualitas, hampir semua kayu memiliki ciri khas serat kayu yang berbeda. Dan ini lah yang menjadi alasan utama bahwa finishing banyak dilakukan dengan warna natural kayu.

Furniture dengan warna natural sendiri sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu hingga saat ini pun masih menjadi warna favorit dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa, penghobi kayu maupun desainer interior-eksterior. Wajar saja jika pangsa pasar mebeling di dunia banyak menampilkan tampilan natural kayu. Terlebih desain furniture yang selalu berkembang baik mulai dari gaya tradisional hingga modern.

meja kayu

Namun, furniture dengan bahan kayu juga tidak menutup kemungkinan menerapkan tampilan warna solid. Pada umumnya, tampilan warna semacam ini menyesuaikan dengan gaya hunian rumah yang ada. Jika gaya rumah minimalis-modern maka furniture yang banyak digunakan adalah furniture minimalis dengan warna putih. Ada pula gaya hunian bertemakan Clasic Eropa yang pada umumnya lebih menerapkan furniture-furniture dengan warna pantone. Dari semua gaya rumah tersebut tergantung dari penghuni untuk menerapkan furniture dengan tema seutuhnya atau tidak. Biasanya kita tetap akan menjumpai gaya hunian rumah apapun akan menyematkan furniture dengan warna natural kayu untuk memberikan sentuhan natural atau alami.

Begini Cara Merawat Furniture Yang Pas Dengan Polish Furniture

Furniture dengan bahan baku banyak digunakan oleh berbagai kalangan bahkan juga dibutuhkan untuk kebutuhan kantor atau pun restaurant. Namun, tidak sedikit dari masyarakat menjaga dengan baik furniture kayu tersebut dengan baik. Alhasil furniture kayu tersebut menempel debu membandel yang sulit dihilangkan, warna mulai mengusam atau bahkan rusak.

perawatan furniture kayu

Furniture kayu yang rusak biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri atau mikroorganime yang menyerang. Hal ini dikarenakan furniture kayu tersebut tidak terlalu diperhatikan perawatannya bahkan kerusakan furniture tersebut juga sangat berpengaruh pada cuaca seperi saat hujan yang memungkinan cuaca menjadi sangat lembab. Udara yang lembab sangat memungkinkan jamur menyerang furniture. Jamur sangat berdampak buruk bagi furniture, tidak hanya mengurangi kualitas tampilan furniture saja bahkan furniture tersebut tidak bisa digunakan karena sulit untuk dihilangkan.

Agar furniture tersebut bisa terjaga kualitasnya maka kita harus sesering mungkin membersihkan furniture tersebut. Diantara kita masih banyak yang melakukan kesalahan ketika merawat furniture sehingga furniture tersebut terlihat tidak terawat. Begini cara yang tepat untuk merawat furniture Anda:

  • Bersihkan debu setiap hari menggunakan kemoceng. Debu memang banyak dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal debu kemungkinan menyimpan benih jamur atau mikroorganisme perusak yang bisa mengancam kualitas dari furniture Anda.
  • Bersihkan setiap sudut terutama yang furniture ukir menggunakan kain kering. Sangat tidak disarankan untuk membasahi lap karena air bisa memicu timbulnya jamur. Hal ini karena air menyebabkan permukaan kayu menjadi lembab, apabila dilakukan secara terus-menerus tidak menutup kemungkinan jamur tumbuh begitu saja.
  • Apabila terdapat noda membandel sebaiknya bersihkan dengan polish furniture. Jika Anda membasahi furniture kemudian mengelapnya, selain permukaan furniture menjadi lembab warna furniture tersebut juga menjadi belang.
  • Aplikasikan polish kayu ke permukaan furniture menggunakan lap kering. Akan lebih efektif jika Anda mengaplikasikannya setiap dua minggu sekali. Tujuan polish kayu tersebut adalah agar furniture tetap terjaga tampilannya sehingga selalu terlihat mengkilap.

Lakukan perawatan furniture dan perabotan kayu Anda secara rutin terutama furniture yang sangat sering berinteraksi dengan matahari. Furniture yang selalu terpapar sinar matahari sangat rawan mengelupas jika diarkan begitu saja.

Perawatan tersebut juga berlaku untuk perabotan-perabotan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Terkadang banyak masyarakat yang membersihkan perabotan kayu dengan merendam atau mencucinya dengan kayu. Alhasil perabotan kayu tersebut menjadi menghitam dan apabila dicuci akan terasa licin. Ini sagat membahayakan apabila digunakan untuk makan karena terkontaminasi dengan jamur yang bisa menyebabkan sakit perut.

Polish Furniture Biopolish Natural Oil dan Beeswax Yang Baik Untuk Merawat Furniture atau Perabotan Kayu

polish kayu

Perawatan furniture dan perabotan kayu sangat penting untuk dilakukan dengan rutin karena akan menjaga kualitas dari furniture tersebut. Tidak hanya bertujuan untuk menjaga tampilan furniture saja, perawatan menggunakan polish furniture juga akan sangat membantu serat kayu tetap terjaga sehingga menutup kemungkinan timbulnya jamur, serangga maupun mikroorganisme perusak kayu.

Banyak masyarakat juga masih kebingungan karena sudah dirawat secara rutin namun furniture tetap saja kusam atau bahkan terserang jamur. Jika hal ini terjadi maka perhatikan kembali sekitar lingkungan atau ruangan dalam hunian. Agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan semacam ini, perhatian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum merawat furniture.

  1. Ketahui letak furniture

kabinet kayu

Hal ini sangat penting karena ruangan yang lembab sangat memicu pertumbuhan jamur sehingga wajar saja ketika furniture sudah dirawat secara rutin namun masih saja jamur atau serangga muncul. Sebaiknya letakkan furniture jauh dari tampungan-tampungan air dan tutup tampungan air tersebut dengan rapat. Karena tampungan air memicu meningkatnya molekul air di udara yang menyebabkan ruangan tersebut semakin lembab.

  1. Pastikan Pencahayan Cukup

Banyak sekali orang yang mengabaikan untuk membuka pintu maupun jendela sehingga ruangan tersebut menjadi pengap. Pencahayaan yang masuk sangat berpengaruh mengurangi kelembaban sehingga keadaan udara dalam ruangan lebih lega. Pencahayaan ini tidak berarti sinar matahari harus masuk langsung ke ruangan melainkan hanya sekedar pembiasan cahaya saja.

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan perawatan furniture tersebut maka langkah selanjutnya adalah aplikasikan secara rutin polish furniture beeswax dan natural oil.

Kedua poles kayu ini sangat cocok digunakan untuk perawatan furniture maupun perabotan kayu karena terbuat dari bahan alami dan sangat aman digunakan. Poles kayu natural oil merupakan poles kayu yang digunakan untuk furniture baik interior maupun eksterior semacam kursi, meja, lemari, stole dan lain-lainnya.

gambar teknik menggunakan Biopolish Natural Oil

Sedangkan poles kayu beeswax digunakan untuk merawat furniture atau perabotan kayu yang bersentuhan dengan makanan. Bahkan Beeswax sudah mendapatkan label ‘Food Grade’ sehingga aman jika bersentuhan dengan makanan. Kualitas makanan tidak akan berkurang meskipun perabotan tersebut sudah dipoleskan Beeswax karena kinerja poles kayu tersebut menyerap ke serat kayu dan bahkan tidak menimbulkan bau sehingga tetap nyaman digunakan.

Kedua poles kayu tersebut sangat baik untuk perawatan karena tahan air sehingga ketika furniture sudah dipoleskan dengan Beeswax maupun Natural Oil dan tersentuh air maka warna furniture tidak akan berubah. Maka dari itu, poles kayu ini sangat baik untuk menjaga tampilan furniture agar tetap tampil cemerlang.

Anda bisa menghubungi agen biopolish terdekat untuk membeli biopolish natural oil dengan ongkos kirim yang lebih murah karena lokasinya lebih dekat dengan anda. Klik gambar dibawah ini untuk mengetahui dimana saja lokasi agen biopolish yang paling dekat di kota anda.

alamat agen biopolish di seluruh indonesia

Selain membeli di agen biopolish terdekat, anda dapat membeli secara online dengan menghubungi customer care kami di nomor 081225784920  atau membeli langsung di akun marketplace kami di bawah ini :

BUKALAPAK                       : Klik Disini

TOKOPEDIA                        : Klik Disini

SHOPEE                               : Klik Disini

Blibli                                      : Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *