Cara Merawat Jaket Kulit Berjamur Secara Alami

jaket kulit

Salah satu item populer yang banyak digemari oleh banyak kalangan usia adalah jaket kulit. Merawat jaket kulit yang berjamur memang gampang-gampang susah karena kamu perlu tahu jenis jaket kulit apa yang dimiliki. Cara mengetahuinya cukup mudah dengan melihat label fabrikasinya, atau bagi kamu para pecinta jaket kulit sebelum membeli pasti sudah mengetahui terlebih dahulu jenis jaket kulit apa yang telah dibeli. Cara merawat jaket kulit berjamur akibat faktor-faktor ini tentu memerlukan trik khusus.

Jamur pada jaket kulit diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Baik dari segi teknis perawatan maupun dari faktor manusianya sendiri. Misalnya dengan sengaja menyimpan jaket kulit pada tempat lembap, yang merupakan ekosistem tumbuhnya jamur. Lalu tidak sering mengecek jaket kulit karena lama tidak digunakan. Ada pula terkena jamur karena faktor manusia yang terbiasa meletakkan jaket kulit yang basah, entah terkena hujan atau kena percikan air langsung ke dalam keranjang baju tanpa tidak lanjut segera untuk membersihkan.

Meski membutuhkan cara merawat jaket kulit berjamur yang benar, salah satunya dengan tidak mencucinya memakai mesin cuci karena bisa merusak serat dan permukaan kulit jadi mudah mengelupas. Aturan lainnya adalah jangan sampai mencuci jaket kulit dengan cairan pemutih! Sebab akan merusak permukaan jaket. Jika secara tak sengaja jaket kulitmu terkena noda pemutih, segeralah bawa ke profesional untuk mendapat penanganan lebih lanjut secara tepat. Jangan mencoba menanganinya sendiri jika tak bisa.

Begini Cara Merawat Jaket Kulit Berjamur Dengan Bahan Alami

Sebenarnya, merawat jaket kulit yang berjamur bisa dilakukan dengan cara-cara yang alami. Berikut bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai untuk membersihkan jaket kulit jamuran:

  1. Cuka Putih

Cara bersihkan jaket kulit berjamur pertama adalah dengan menggunakan cuka putih. Yap, cuka putih biasanya digunakan untuk campuran bahan makanan seperti bakso, kue, tambahan membuat keripik agar renyah, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, cuka putih ternyat efektif untuk membasmi bintik-bintik yang ada pada jaket berjamur. Cara merawat jaket kulit berjamur secara aman juga bisa menggunakan cairan yang memiliki rasa kecut satu ini.

Cara membersihkan jaket kulit jamuran pertama-tama dengan mencampurkan air dingin dan sedikit cuka dengan ukuran yang sebanding. Lalu ambil kain atau sikat gigi yang bersih untuk diusapkan pada permukaan jaket. Diamkan sebentar, lalu cuci dengan air yang bersuhu tinggi.

Cara bersihkan jaket kulit berjamur secara efektif lainnya dengan menyiapkan botol semprotan untuk memasukkan air dan cuka ke dalam botol. Kemudian pakai botol tersebut untuk menyemprot pada jaket kulit yang terkena noda atau jamur secara tipis-tipis. Lakukan berulang kali hingga noda yang menempel benar-benar menghilang. Kemudian gantung jaket tersebut ke tempat yang kering. Cairan cuka ini efektif pula untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada kulit.

  1. Lemon dan Garam

Campuran garam dan lemon dipercaya bisa menghilangkan jamur lho. Cara merawat jaket kulit berjamur menggunakan bahan alami satu ini bisa kamu lakukan dengan memeras lemon untuk diambil sarinya. Taruh sari ke dalam gelas, lalu ambil 1-2 sdm garam untuk dicampurkan ke air lemon. Kemudian larutkan dengan air hangat. Ambil kain atau sikat gigi untuk mengoleskannya ke permukaan jaket kulit secara perlahan tanpa merusak permukaan. Lakukan hingga noda jamur benar-benar terangkat, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Selain dipercaya dapat membersihkan noda jamur, kombinasi dua bahan alami aman pula untuk membersihkan noda lem; tentunya tanpa merusak serat. Cara pengaplikasian mudah lainnya yaitu dengan menggunakan botol penyemprotan yang telah diisi dengan cairan garam dan lemon secara merata. Semprot secara merata ke permukaan hingga bersih. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan bau pula. Merawat jaket kulit yang berjamur dengan cara ini mudah bukan?

  1. Baking Soda

Baking soda dipercaya tak hanya sebagai bahan untuk mengembangkan kue, tetapi juga bisa untuk menghilangkan jamur yang ada pada pakaian dan jaket kulit. Baking soda juga menjadi bahan spesialis untuk menghilangkan noda membandel yang ada pada pakaian. Cara membersihkan jaket kulit berjamur menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan pasta baking soda dengan air secukupnya.

Lalu oleskan campuran bahan ini ke permukaan jaket yang terkana noda jamur, diamkan selama kurang lebih 15 menit, gosok dan oles hingga jamur hilang menggunakan kain atau sikat bulu halus yang bersih. Langkah terakhir adalah dengan mencucinya hingga bersih. Angin-anginkan jaket kulit ke tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar.

  1. Sedikit Minyak Goreng

Ternyata minyak goreng tak cuma digunakan untuk menggoreng saja lho, cara bersihkan jaket kulit berjamur menggunakan minyak goreng ternyata juga bisa. Minyak goreng murni yang dioleskan sedikit ke permukaan jaket kulit yang licin bisa mengangkat jamur yang menempel. Apalagi jika bercak tersebut susah dibersihkan. Namun sedikit dan secukupnya saja ya, jangan terlalu banyak, dan jangan sampai mengenai bagian kain dari jaket itu sendiri kecuali permukaan yang licin.

  1. Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care memiliki beberapa keunggulan karena produk satu in diuat menggunakan bahan-bahan alami seperti lilin lebah (beeswax), minyak biji rami (linseed oil), minyak pinus (pine oil), serta campuran dari komposisi minyak nabati lainnya. Keunggulan lain yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care dibandingkan dengan semir biasa yang memiliki kandungan bahan kimia yaitu, Biopolish Leather Care tidak berbau. Ini membuat ketika kamu mengaplikasikannya langsung pada jaket kulit jadi tidak bau.

Produk ini aman diaplikasikan pula pada seluruh warna jaket karena Biopolish Leather Care tidak memiliki warna. Semua warna jaket dari hitam, coklat, atau lainnya jadi lebih aman warnanya, tidak merusak warna asli, tapi malah menambah kecerahannya. Meski cerah, kelebihan Biopolish Leather Care lain tidak mengubah tampilan produk kulit yang sebenarnya. Jika warna jaket kulit tersebut doff atau gloss, akan tetap sedia kala menjadi doff atau gloss.

Biopolish Leather Care juga tidak licin, karena formulasinya yang dibikin bisa meresap langsung ke serat kulit, karet, dan polimer sinstesis lainnya. Bagi kamu yang seorang leather lovers dan membutuhkan perawatan yang cukup praktis, Biopolish Leather Care cocok untuk merawat produk kesayangan yang terbuat dari kulit.

Tips lain cara merawat jaket kulit berjamur yaitu dengan tidak membiarkan jaket kulit dalam keadaan lembap. Jika basah langsung keringkan segera. Hindari pula menumpuk terlalu lama pakaian atau jaket kulit yang lembap untuk mencegah munculnya jamur. Jika musim hujan tiba, cucilah baju sedikit demi sedikit untuk menghindari tumpukan jemuran yang begitu banyak, karena sinar matahari tak beroperasi sebagaimana biasanya. Jika jemuran lembap ditumpuk-tumpuk juga bisa menyebabkan bau, itu sebabnya perlu untuk dihindari. Jamur harus dicegah karena bisa membuat kulitmu jadi gatal hingga menimbulkan alergi.