masalah di jaket kulit

Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Jaket Kulit

Penasaran kenapa jaket kulit bisa awet? Ikuti cara mudah Minleca (Admin Leather Care) membersihkan barang kulit kamu biar kelihatan selalu terawat dan mengkilap. 

Material kulit merupakan bahan mewah yang awet banget dan cocok digunakan untuk fashion maupun dekorasi. Daya tahan material tersebut, terutama jaket kulit diklaim bisa lebih dari puluhan tahun sekalipun sering digunakan di luar ruangan. 

Meskipun tahan terhadap debu, lumpur, atau terkena kondisi yang lumayan ekstrim di luar ruangan, jaket dengan material kulit juga bisa mengalami kondisi yang kotor, bernoda, kusam, dan retak. Material yang bisa menyerap keringat ini secara alami ini bisa mengalami perubahan bentuk seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk merawat material kulit tersebut dengan benar. 

masalah di jaket kulit

Hal penting saat merawat jaket kulit agar lebih mudah

Sobat LeCa tahu gak kalau cara terbaik untuk membersihkan jaket kulit adalah mengusap permukaannya secara lembut? Bayangkan jika merawat material kulit sama seperti merawat kulit tubuh sendiri. Semakin lembut usapannya, maka semakin teliti dan semakin bersih bekas noda hingga ke sela-selanya. Selain itu, kamu juga perlu tahu

  • Kenali jenis kulit bahan jaket 

Kenapa hal ini menjadi penting? Karena jenis kulit yang digunakan menentukan metode apa yang bisa digunakan untuk membersihkan permukaannya. Apakah material kulitmu terbuat dari kulit alami hewan, kulit nabati, atau sintetis. Material jaket kulit juga dibagi lagi menjadi jaket kulit yang mengkilap dan suede (memiliki bulu-bulu tipis).

  • Hindari larutan pembersih kulit yang dibuat sendiri

Sebaiknya gunakan air atau produk alami yang dirancang khusus untuk membersihkan dan melembutkan jaket kulit. Biasanya beberapa orang menyarankan untuk menggunakan bahan yang ada di dapur, namun hal tersebut kurang tepat untuk diaplikasikan ke material kulit. Bahan seperti soda kue, larutan cuka, atau jus lemon bisa saja merusak permukaan jaket kulit dan menimbulkan perubahan warna atau kerusakan yang lebih fatal. 

  • Hilangkan noda sesegera mungkin

Jika jaket kulit kamu terkena noda cair, segera lap dengan kain lembut yang kering untuk menghilangkan kelembaban atau sisa cairannya. Kemudian lap dengan kain lembab yang diberi air, tanpa sabun untuk menghilangkan sisa gula (jika yang tumpah adalah minuman manis). Dan satu hal penting lainnya, jangan pernah menggosok permukaan jaket kulit. Cukup lap saja, kemudian tunggu hingga permukaan kulit mengering. 

  • Lembabkan permukaan kulit

Setelah membersihkan kulit yang terkena noda atau mulai mengalami kusam, dengan pembersih kulit, kamu juga bisa menggunakan pelembab untuk mengembalikan elastisitas permukaannya. Oles secara perlahan ke permukaan jaket kulit dengan gerakan memutar menggunakan bantuan kain microfiber.

Bahan apa saja yang bisa mudah digunakan untuk membersihkan jaket kulit? 

Seperti yang sudah dibahas di atas, jenis material kulit untuk jaket yang kamu miliki akan berpengaruh terhadap cara membersihkan dan perawatannya. Tapi, secara umum ada cara praktis dan mudah untuk membersihkan semua jenis kulit. Kamu bisa menyempatkan waktu 10-15 menit untuk membersihkan koleksi jaket kulit, diantaranya adalah;

  • Kain kering: Kamu bisa menggunakan kain microfiber yang kering untuk membersihkan permukaan jaket kulit secara rutin. Hal ini memungkinkan pori-pori jaket tidak tertutup dengan debu dan menghindari kusam.
  • Sabun tanpa pewangi dan air: Jika noda lumayan “berat”, lengket, dan harus segera dihilangkan, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring yang telah diencerkan ke dalam air. Kemudian, basahi lap dengan larutan sabun dan usapkan secara lembut ke permukaan jaket kulit untuk menghilangkan bekas nodanya. 
  • Produk pelembab leather care: Permasalahan yang sering dijumpai para kolektor jaket kulit adalah material yang mengering dan pecah seiring dengan berjalannya waktu jika tidak dirawat dengan benar. Punyamu seperti itu juga? Tapi tenang, Biopolish Leather Care ini bisa jadi produk khusus yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus membantu membersihkan noda pada jaket kulit. Pastikan untuk mengaplikasikan Biopolish Leather Care secara rutin dengan bantuan kain microfiber untuk mengembalikan kilau jaket kulit dan menghindari permukaan yang mengering, ya!

Dapatkan Biopolish Leather Care, semir kulit multifungsi yang bisa melembabkan dan melembutkan jaket kulit kamu dengan harga spesial di sini. Cukup dioles dan biarkan meresap kurang dari 5 menit! Praktis kan, sobat LeCa?