perawatan jaket kulit

3 Langkah Penting Perawatan Jaket Kulit Agar Tetap Awet

Sudah jadi rahasia umum kalau jaket kulit adalah simbol maskulinitas, ini dia 3 langkah penting perawatan jaket kulit agar tetap awet!

Klasik, stylish, dan awet. Itulah standar kualitas jaket kulit yang bagus dan bisa awet bahkan bisa bertahan seumur hidup. Sudah jadi rahasia umum kalau jaket kulit adalah simbol maskulinitas dengan gaya busana yang macho dan terlihat tangguh. Coba saja lihat gaya para koboy dalam serial televisi Amerika tahun 1940-an. Material kulit tak hanya sekadar untuk bergaya saja, melainkan juga karena daya tahan saat digunakan di lapangan atau jalan raya.

Akan tetapi, gak mungkin dong jaket kulit hanya digunakan saja tanpa perawatan? Seiring berjalannya waktu, koleksi jaket yang seringkali digunakan menjadi kotor, bau, atau bahkan retak karena pengaruh cuaca. Jika kondisi jaket kulit kotor, terlalu kering, atau lembab, jaket kulit tentu memerlukan dibersihkan dan diberi perawatan ekstra untuk mempertahankan bentuk, kekuatan, dan warna alaminya.

Buat kamu yang baru saja membeli barang kulit pertama atau pecinta kulit yang sudah punya beragam koleksi, simak tiga tips utama perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan pada jaket kulit agar tampak mengkilap dan selalu tampak bersih di artikel ini!

Jaket kulit sebagai simbol maskulinitas

jaket kulit

Penggunaan jaket kulit sebagai bagian dari trend busana pria tak lepas dari penggunaan material kulit di Amerika pada awal abad 19 di kalangan masyarakat menengah atas yang gemar berburu.

Tak hanya berhenti pada kalangan tersebut, pada tahun 1900an, jaket kulit model bomber adalah aksesoris yang wajar dijumpai di kalangan pilot dan para penerbang. Kini, jaket kulit bisa dikenakan oleh siapa saja.

Langkah perawatan jaket kulit

Jaket kulit juga bisa jadi investasi berharga yang perlu dijaga dengan baik agar tetap awet dan terlihat gagah. Bagi kamu, pria macho yang peduli pada keindahan dan keawetan jaket kulit, merawat dengan tepat adalah suatu keharusan.

1.       Bersihkan jaket kulit secara teratur

Pertama-tama, jaket kulit perlu dibersihkan secara teratur. Tentu caranya berbeda dengan jaket yang terbuat dari kain yang harus dicuci dengan detergen dan air. Untuk koleksi jaket kulit, kamu cukup menyemprotkan larutan pembersih khusus jaket kulit pada permukaannya. Kemudian gunakan kain lembut dan bersih untuk menggosok dan meratakan secara perlahan. Pastikan kamu memperhatikan bagian yang terkena noda atau kotoran yang menempel pada permukaan kulit dengan hati-hati agar tidak merusak tekstur ataupun motif kulit.

Bersihkan setiap sudut, lipatan, atau jalur jahitan dengan teliti. Karena kotoran terkadang bersembunyi di tempat-tempat yang tak terduga. Jika kurang bersih, material kulit juga beresiko terkena jamur, loh!

2.      Jaga kelembaban dan elastisitas material kulit

Material kulit rentan terkena jamur jika kondisi di sekitar terlalu lembab, juga bisa kusam dan rentan retak jika terlalu sering terkena sinar matahari. Oleh karena itu, hal yang tak boleh dilewatkan adalah menjaga kelembaban dan elastisitas material kulit, baik yang alami maupun yang sintetis. Kamu bisa menggunakan conditioner untuk kulit yang berkualitas secara berkala untuk mejaga kelembaban alami material kulit dan mencegahnya dari retakan atau kerusakan yang lebih parah.

Oleskan conditioner dengan gerakan melingkar dan pastikan untuk meratakan ke seluruh permukaan jaket, beserta dengan lipatan-lipatannya. Dengan cara tersebut, kamu tidak hanya menjaga keindahan, tetapi juga meningkatkan umur penggunaannya.

3.      Simpan dengan benar

Siapa yang masih suka asal-asalan menggantung dan menyimpan jaket kulit di rumah atau kontrakan? Langkah terakhir  yang tak kalah penting adalah menyimpan jaket kulit dengan benar. Hindari menggantung jaket kulit di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung atau dekat dengan sumber panas. Sebaliknya, simpan jaket kulit kamu di tempat kering dan sejuk seperti lemari pakaian yang tertutup.

Jangan lupa untuk menggantung jaket dengan bantuan gantungan baju yang lebar agar tidak merusak bentuk aslinya, terutama bagian bahu.

Dengan mengikuti ketiga langkah penting ini, kamu bisa memastikan bahwa jaket kulit kamu bisa tetap awet dan siap menemani perjalanan kamu dengan gaya yang bikn tampil makin PD.

Leather Care Perawatan Jaket Kulit 3 in 1

Biopolish Leathercare diformulasikan khusus sebagai pembersih, pelembab, dan pelembut jaket kulit kamu. Terbuat dari 100 persen bahan alami. Cara yang aman dan lembut untuk membersihkan semua bahan kulit kecuali jenis suede. Dapat juga digunakan untuk membersihkan dan melembutkan jenis vinyl, karet, dan kulit imitasi. Dapatkan perawat jaket kulit 3 in 1 dengan harga spesial di sini!