Cara Perawatan Furnitur Kayu Agar Bebas dari Teter

Hewan tertentu membuat sesi perawatan furnitur kayu di rumah memerlukan penanganan ekstra. Terlebih jika hewan tersebut berukuran kecil sekali dalam ukuran mikron. Hewan jenis ini kurang bisa disadari keberadaannya. Tahu-tahu furnitur kayu yang dimiliki rusak, terutama yang bagian dalam kayu yang telah menjadi santapan makhluk mikro. Hewan mirko itu salah satunya adalah teter, yang menjadi aktor perusak kayu terbanyak setelah rayap.

Perlu perawatan furnitur kayu secara khusus untuk mengatasi teter. Teter, binatang ini ukurannya sangat kecil. Warnanya coklat, bentuknya mirip pasir berukuran 2-5 mm, dan hidup bergerombol. Hewan satu ini adalah sejenis kumbang yang memiliki moncong. Jenisnya ada dua: teter pengebor dan teter jenis serbuk. Jika hewan satu ini tinggal di furnitur rumah berbahan dasar kayu, bisa membuat kayu jadi rusak dan keropos.

Perawatan furnitur kayu yang bebas dari teter mesti dilakukan lebih awal. Bahkan sebelum kayu yang akan dijadikan furnitur rumah tersebut diolah dan siap untuk digunakan. Alasannya sebagaimana yang telah disebutkan di awal, hewan satu ini berukuran amat kecil, sulit dideteksi, tak bisa dipastikan kapan hama satu ini memakan furnitur kayu kesayangan kamu. Bisa jadi rusak begitu saja.

Zaman dahulu perawatan furnitur kayu yang bebas dari teter dilakukan dengan waktu yang lama. Caranya dengan merendam kayu dalam air selama waktu tertentu yang relatif. Di masa sekarang ini di mana permintaan furnitur kayu meningkat dan produksi sangat banyak dilakukan, cara tersebut dianggap ketinggalan zaman.

Merawat Furnitur Kayu Bebas Teter

Guna menjaga furnitur kayu tidak mudah diserang oleh teter. Kamu bisa melakukan perawatan furnitur kayu secara berkala. Ada beberapa cara yang bisa  kamu lakukan sendiri di rumah, baik secara alami maupun menggunakan produk-produk perawatan furnitur kayu menggunakan Biopolish.

  1. Menggunakan Bahan Alami Dari Alam

Perawatan furnitur kayu satu ini tidak butuh banyak biaya. Siapkan puntung rokok dan rendamlah puntung rokok tersebut dengan air garam. Lalu pembasmian teter dapat dilakukan dengan cara menyemportkan atau bisa juga dengan menyuntikkan cairan ini pada seluruh bagian kayu. Bahan alami lainnya yaitu menggunakan air rendaman beras pertama. Kamu juga bisa menggunakan cairan yang terbuat dari campuran daun papaya dan daun sirih yang sudah diblender. Caranya sama dengan melakukan penyemprotan pada furnitur kayu.

  1. Menggunakan Bahan Pembasmi Teter

Bahan yang digunakan untuk membasmi teter bisa dengan mudah kamu peroleh di toko-toko terdekat. Pengaplikasiannya pun cukup mudah. Yaitu dengan mencampur obat pembasi teter dengan air kemudian kamu semprotkan ke seluruh bagian kayu. Selain dengan menyemprot, kamu juga bisa dengan mengoleskannya menggunakan kuas. Obat pembasi teter dapat pula kamu pakai untuk perawatan furnitur kayu dengan cara direndam. Sebelum bahan kayu diolah menjadi furnitur, tahap ini sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

  1. Menggunakan Bubuk Anti Serangga (Rayap)

Bubuk anti serangga atau bubuk anti rayap cukup beda penggunaannya dengan obat pembasmi teter. Sebab kamu tak perlu mencampurnya dengan air, sangat mudah tinggal ditabur pada bahan kayu yang terlanjur digerogoti teter atau rayap. Cara kerja dari bubuk anti rayap ini adalah bubuk akan dibawa ke larva rayap/teter, kemudian bubuk akan mematikan rayap/teter yang ada dalam kayu tersebut. Sebelum dimakan teter pun, bubuk anti rayap ini bisa kamu gunakan untuk perawatan furnitur kayu.

  1. Menyuntik Kayu dengan Obat Pembasmi Hama

Cara suntik kayu ini jamak digunakan dalam perawatan furnitur kayu dan juga oleh pengrajin kayu. Caranya juga sangat simple, kamu terlebih dahulu bisa membeli cairan pembasmi rayap. Ambil alat suntik khusus dan suntikkan langsung ke dalam kayu. Dengan cara ini, hama perusak yang bersemayam pada kayu akan mati dan keluar dengan sendirinya.

Mencegah dan Membasmi Teter Kayu Menggunakan Produk Biopolish

Agar furnitur kamu lebih kuat, awet, kinclong, dan bebas dari teter, produk dari Biopolish bisa menjadi pilihan. Produk Biopolish merupakan produk yang bisa diaplikasikan untuk perawatan furnitur kayu yang ada di rumahmu dengan cara pemakaian yang sangat mudah.

Pertama, agar furnitur kayu kesayanganmu bebas dari teter, kamu bisa menggunakan Biopolish beeswax yang digunakan untuk finishing dan perawatan barang-barang kayu yang berkaitan dengan makanan, dapur, ruang makan, dan lain-lain. Produk ini telah teruji pakar dan aman digunakan meski bersentuhan dengan makanan.

Kedua, selain Biopolish beeswax, kamu juga bisa menggunakan Biopolish linseed oil untuk merawat furnitur keseharian yang biasa digunakan seperti meja, kursi, lemari, lantai kayu, kerangka jendela, dan lain-lain. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah dengan mengoleskannya menggunakan pada bidang kayu.

Ketiga, Biopolish natural oil yang bisa diaplikasikan untuk semua kayu sebelum kayu tersebut diolah jadi furnitur tertentu. Dengan menggunakan produk satu ini, kayu akan jadi lebih awet, berwarna tajam, makin mempesona dan terbebas dari teter atau rayap.

Berbagai jenis produk Biopolish ini sangat ampuh untuk membasmi teter kayu. Tak hanya teter-nya tapi juga telur-telur teter, karena telur inilah yang kustru berbahaya. Pakailah produk-produk Biopolish ini secara rutin dan lakukan perawatan furnitur kayu dengan benar. Produk-produk ini memiliki kualitas yang telah teruji.

Jangan lupa juga ketika akan melakukan perawatan furnitur kayu untuk menggunakan alat pelindung diri. Misalnya sarung tangan karet, kamata pelindung, dan peralatan lainnya yang mendukung. Pahami pula tanda-tanda jika kayu terindikasi terkena teter. Semisal ada lapisan finishing yang keropos atau ditemukan terjadi kerusakan. Segera lapisi kayu tersebut dengan produk dari Biopolish.

Mengingat betapa berbahayanya hewan teter ini, melakukan pencegahan secara lebih dini akan sangat membantu merawat dan mejaga furnitur kayu yang kamu miliki. Jangan sampai ketika perabotan benar-benar rusak, kamu baru melakukan perawatan.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.