Jangan Sembarangan, Begini Cara Menyimpan Jaket Kulit yang Benar

Apakah kamu termasuk orang yang baru menggunakan jaket kulit? Jika iya, kamu harus mengetahui beberapa hal dalam merawat jaket kulit.

Jaket kulit sekarang menjadi pilihan banyak orang karena memiliki banyak keunggulan. Jaket dengan bahan kulit lebih nyaman digunakan karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Artinya, saat kondisi suhu di sekitar kamu sangat panas, jaket kulit bisa membuat kamu tidak merasa kepanasan. Sebaliknya, saat suhu di sekitar kamu sangat dingin, jaket kulit bisa membantu kamu tetap hangat.

Baca Juga : 10 Daftar Manfaat Biopolish Leather Care Untuk Jaket Kulit anda

Selain sirkulasi udara yang lancar sehingga membuat kamu nyaman, jaket kulit memiliki daya tahan yang sangat tinggi. Jaket kulit bisa tahan bertahun-tahun dengan kualitas yang sama seperti saat membeli. Keunggulan lain, jaket kulit memiliki elastisitas yang lumayan tinggi dibanding jaket dari bahan lain. Kamu bisa merasakan saat memakai jaket kulit, bagian luar jaket akan terasa lentur.

Tapi jangan salah, meskipun jaket dengan bahan kulit terkenal awet, tingkat keawetan jaket kulit sangat tergantung pada bagaimana kamu merawatnya. Artinya, semakin kamu merawat dengan baik jaket kulit kamu, maka semakin awet jaket kulit kamu jadinya.

Baca Juga : Rawat Jaket Kulit dengan Biopolish Leather Care agar Tidak Kaku dan Retak

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara merawat jaket kulit dengan benar? Jika belum, simak artikel berikut ini.

Beberapa Kerusakan yang Sering Terjadi pada Jaket Kulit

Saat kamu menggunakan jaket kulit untuk beraktivitas di luar ruangan, kondisi cuaca bisa mempengaruhi kondisi jaket kulit kamu. Saat cuaca panas, sengatan sinar matahari akan mengenai jaket kulit kamu sehingga semakin lama warna jaket semakin pudar. Sebaliknya, saat kondisi cuaca hujan, memaksakan diri menggunakan jaket kulit di bawah guyuran air hujan akan membuat jaket kulit sangat lembab sehingga memicu tumbuhnya jamur.

ilustrasi sinar matahari
ilustrasi sinar matahari. sumber: unplash.com/Mahime bhm

Sengatan sinar matahari tidak hanya membuat warna menjadi pudar. Jika tidak ditangani dengan baik, paparan sinar matahari yang terus menerus dapat membuat jaket kehilangan kelembaban sehingga menjadi kering. Jaket yang sudah kering akan menjadi kaku, tidak lagi elastis, sehingga tidak nyaman untuk digunakan.

Sementara itu untuk jaket yang terlalu lembab, selain tumbuh jamur juga bisa membuat jaket kulit terlihat kusam dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jaket yang kusam tidak enak dipandang, sehingga mau tidak mau kamu harus menyimpan jaket tersebut dan tidak menggunakannya lagi. Artinya, definisi jaket kulit awet tidak lagi berlaku.

Kembali ke prinsip awal tadi. Tingkat keawetan jaket kulit sebanding dengan upaya perawatan. Jika kamu menyisihkan waktu dan tenaga untuk merawat jaket kulit kamu, maka kamu akan mendapatkan jaket yang awet.

Menyimpan Jaket Kulit dengan Benar

Banyak cara untuk merawat jaket kulit agar tetap awet. Salah satunya adalah cara menyimpan yang baik dan benar. Menyimpan jaket kulit tidak bisa sembarangan karena ada beberapa kondisi yang mengharuskan jaket berada dalam kondisi yang ideal.  Kamu bisa mencoba beberapa cara menyimpan jaket kulit di bawah ini agar jaket kamu tetap aman, tidak berjamur, tidak kaku dan kusam.

  1. Simpan jaket pada suhu ruangan

Karena kelembaban lingkungan sangat berpengaruh pada kondisi jake kulit, maka kamu harus menyimpan jaket kamu pada suhu ruangan. Yaitu sekitar 25 derajat celcius. Suhu ini adalah suhu yang paling ideal. Tentu sulit tercapai dalam kehidupan nyata. Yang penting, tidak melebihi 35 derajat celcius dan tidak kurang dari 20 derajat celcius.

  1. Pastikan tidak melipat jaket

Cara yang satu ini juga penting. Jaket kulit itu elastis. Tapi pantang melipat jaket kulit karena di bagian lipatannya akan menimbulkan kerutan. Kerutan ini dapat membuat bagian jaket kulit menjadi retak dan mengelupas. Pastikan agar kamu menyimpan jaket kulit dengan cara digantung di hanger.

  1. Simpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik

Mayoritas orang menyimpan pakaian, termasuk jaket, adalah di lemari. Lemari adalah tempat yang tertutup. Kondisi ini kurang baik untuk menyimpan jaket kulit. Kamu harus memilih lemari yang memiliki sirkulasi udara yang bagus jika ingin menyimpan jaket kulit kamu di lemari. Kecuali jika kamu memilih untuk menyimpan jaket kulit kamu di tempat penyimpanan lain yang lebih terbuka. Maka tidak akan menjadi masalah

  1. Lapisi dengan lotion jika disimpan dalam waktu yang lama

Jika kamu berencana untuk menyimpan jaket kulit kamu dalam waktu yang lumayan lama, upayakan untuk mengolesnya terlebih dahulu dengan lotion khusus jaket kulit. Hal ini bertujuan untuk melapisi permukaan jaket kulit sehingga terlindungi. Selain itu, secara rutin lakukan pengolesan terhadap permukaan jaket kulit secara rutin dua minggu sekali jika jaket kulit yang disimpan dalam waktu yang sangat lama.

 

Lotion Khusus Jaket Kulit, Ya Biopolish Leather Care

Salah satu lotion perawatan khusus produk-produk berbahan kulit, termasuk jaket kulit, adalah produk dari Bioplosih. Produk Biopolish yang dibuat khusus untuk perawatan kerajinan berbahan kulit adalah Biopolish Leather Care.  Beberapa keunggulan yang bisa kamu peroleh dari Biopolish Leather Care dibandingkan produk lainnya yang sejenis di antaranya adalah:

 

  1. Terbuat dari Bahan Alami

Biopolish Leather Care terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak membahayakan. Bahan utamanya adalah beeswax (lilin lebah), linseed oil (minyak biji rami), pine oil (minyak pinus) dan minyak nabati lainnya. Produk ini terbuat dari 100% bahan alami bersertifikat US-FDA sehingga aman dan rmah lingkungan.

  1. Tidak Berbau (odorless)

Produk lotion pada umumnya memiliki bau bawaan, terutama bau bahan-bahan kimia yang menjadi bahan pembuatnya. Biopolish Leather Care sebagai produk yang terbuat dari bahan alami memiliki fiat tidak berbau (odorless). Ketika dioleskan ke jaket kulit kamu, tidak menimbulkan bau tidak sedap sehingga kamu tetap nyaman memakai jaket kulit kamu.

  1. Warna Netral (colorless)

Biopolish Leather Care tidak berwarna sehingga dapat digunakan untuk semua jenis warna jaket kulit kamu. Selain itu, penggunaan produk ini pada jaket kulit juga tidak akan mengubah warna aslinya.

  1. Menjaga Kelenturan dan Kelembutan Kulit

Kandungan beeswax pada produk Biopolish Leather Care akan meresap ke dalam substrat kulit sehingga dapat menjaga serat-serat kulit tetap fleksibel. Serat yang fleksibel menjadikan jaket kulit tetap lentur dan lembut saat digunakan.

  1. Mencegah Permukaan Pecah dan Mengelupas

Produk Biopolish Leather Care memiliki sifat natural plastilizer, yaitu kemampuan membuat kulit binatang maupun kulit sintetis menjadi lentur. Sifat yang dimiliki Biopolish Leather Care ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu untuk mecegah jaket kulit pecah dan mengelupas karena kehilangan kelenturannya.

 

Tertarik dengan Biopolish Leather Care?

Jika kamu tertarik menggunakan Biopolish Leather Care, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.