Merawat Furniture Kayu Warna Patina Agar Tetap Terlihat Klasik Dan Menawan

114
39261988 - using yellow sponge for cleaning dusty wood

Merawat furniture kayu warna patina membutuhkan ketelitian dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Jenis finishing yang satu ini mengedepankan warna furniture yang tampak lawas atau tua. Namun jika tidak dirawat tumpukan dari debu dan kotoran justru akan membuat furniture kayu menjadi tidak menarik  dan rusak. Bukan kesan lawas nan vintage yang didapatkan justru terkesan kotor dan tidak terawat.

Merawat dan membersihkan furniture kayu finishing warna patina membutuhkan sentuhan yang berbeda dengan jenis finishing lainya. Furniture kayu warna patina tidak boleh di bersihkan dengan menggunakan bahan bahan kimia yang bersifat abrasive dan keras. Jika di biarkan menggunakan bahan bahan kimia tersebut justru akan merusak tekstur patina yang di hasilkan. Sehingga warna patina yang dihasilkan justru

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Furniture Kayu Warna Patina

Cara merawat furniture kayu finishing warna patina paling lembut dapat dilakukan dengan menggunakan kain katun yang lembut serta sikat yang halus. Jika anda memiliki vakum cleaner anda dapat memebrsihkanya menggunakan vacum untuk menyedot debu dan kotoran yang tidak nampak. Vakum cleaner mampu menganggkat partikel debu serta kotoran yang sulit dijangkau dengan lap kain ataupun sikat. Hal ini bisa berlaku untuk membersihkan ukiran atau lekuk detail pada furniture kayu. Kain lap mampu membebaskan kotoran dari bagian yang mudah di jangkau.

Selain itu berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat furniture  kayu finishing warna patina:

  • Bersihkan debu dan kotoran secara teratur

Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu secara rutin tiap hari. Selain itu anda juga bisa menggunakan kain katun yang lembut untuk membersihkan furniture kayu. Lakukan dengan menggunakan lap kain yang kering. Jika terdapat kotoran yang sulit dibersihkan, gunakan sikat  lembut yang basah untuk membersihkan furniture tersebut. Lakukan hingga bersih. Kemudian keringkan kembali dengan menggunakan kain bersih.

  • Rawat furniture kayu dengan menggunakan furniture polish yang sesuai

Menggunakan furnitur polish ataupun semir kayu sangat penting dilakukan untuk memberikan proteksi tambahan pada permukaan lapisan furniture. Selain itu perhatikan jenis furniture polish yang akan di gunakan. Sebaiknya gunakan semir furniture kayu sesuai dengan jenis furniturenya. Misalnya furniture yang akan digunakan untuk peralatan makan dari kayu atau furniture yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Hal ini tentunya membutuhkan jenis furniture polish yang berbeda.

  • Letakkan furniture di tempat yang teduh

Letakkan furniture kayu di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Anda dapat menempatkan furniture kayu dengan finishing warna patina dimana saja didalam rumah anda. Selain itu anda juga dapat memberikan alas pada meja atau kursi kayu sehingga menahan dari goresan secara langsung.

  • Jika ingin melakukan finishing ulang lakukan dengan bantuan ahli

Furniture kayu yang menua memang memberikan kesan patina yang kuat dan elegan tanpa harus di finishing dengan warna patina. Namun jika anda memiliki furniture kayu dengan finishing warna patina, sebaiknya jika sudah tampak benar benar jelek tidak dapat ditolong dengan poles atau semir furniture kayu, lakukanlah finishing ulang. Agar kesan patina yang ditimbulkan kembali menguat dan elegan.

Jangan Lakukan Hal Ini Pada Furniture Kayu Patina

Jangan berpikir bahwa furniture kayu akan baik-baik saja dalam jangka waktu yang lama. Bahkan mungkin ada hal hal yang tidak anda sadari justru akan membuat furniture kayu semakin kusam dan mudah rusak. Hal-hal demikian ini mungkin tidak anda sadari secara langsung, namun mampu membuat furniture kayu jadi berumur pendek:

  • Terkena paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari merupakan salah satu musuh utama dari furniture kayu. Sinar matahari akan membuat warna kayu memudar, untuk beberapa jenis kayu yang masih muda paparan sinar matahari dapat menyebabkan kayu membengkok.

  • Meletakkan minuman atau benda panas atau terlalu dingin langsung pada permukaan furniture

Tahukah anda bahwa meletakkan minuman dingin ataupun sup panas langsung di atas meja tanpa laas juga mampu merusak tekstur furniture kayu. Jika anda berpikir hal ini justru akan membuat kesan patina, maka salah besar. Benda benda panas atau terlalu dingin seperti itu dalam beberapa kesempatan justru akan merusak kayu. Bisa jadi justru membuat finishing dari furniture tersebut akan mengelupas atau tergores.

  • Meletakkan atau menyimpan furniture pada suhu yang lembab atau terlalu panas

Kelembapan udara ataupun suhu udara juga mempengaruhi kondisi dari furniture kayu. Furniture kayu walaupaun sudah di finishing jika diletakkan pada tempat lembab dalam beberapa keadaan akan berjamur. Baik karena sifat alami kayu tersebut yang basah dan ditambahi kondisi lingkungan dari furniture kayu tersebut.

Kondisi suhu yang sangat panas atau diletakkan di dekat sumber panas, lama kelamaan juga akan mengubah tekstur dan bentuk kayu. Apalagi untuk furniture kayu yang masih muda. Hal ini bisa membuat furniture kayu menjadi lebih mudah bengkok.

  • Jangan gunakan pledge atau pembersih kimia sejenis pada furniture kayu

Mengapa kami berani merekomendasikan hal ini ? pasalnya bahan semacam pledge justru meninggalkan lapisan silikon pada permukaan furniture kayu. Pledge memang bisa menyembunyikan kekurangan furniture kayu, namun produk ini tidak melakukan apapun pada kayu alias tidak ada manfaatnya. Jangan terpukau dengan hasil kilap atau bersih sesaat. Justru berbahaya karena lapisan silikon inilah yang akan merusak tekstur lapisan paling atas dari film finishing atau bahankan lapisan teratas dari material kayu itu sendiri.

Rekomendasi Furniture Polish Untuk Kayu Finishing Warna Patina

Pada dasarnya untuk merawat furniture kayu kita memang harus mengetahui jenis finishing dari kayu tersebut. Apakah menggunakan finishing varnish saja, atau menggunakan cat solid atau finishing dengan warna patina bahkan tidak menggunakan bahan finishing sama sekali. Setelah mengetahui jenis finishing yang digunakan barulah kita dapat memberikan perawatan yang tepat untuk furniture kayu tersebut.

Furniture kayu yang di finishing dengan warna patina sebaiknya jangan dibersihkan dengan pembersih yang mengandung silikon. Hal ini akan merusak dari lapisan finishing itu sendiri. Luangkan sedikit waktu anda untuk mendapatkan furniture kayu yang berumur panjang. Selain itu penggunaan furniture polish juga turut membantu menjaga penampilan furniture kayu tetap menawan. Perhatikan saat memilih furniture polish. Pastikan bahwa furniture polish tersebut terbuat dari bahan bahan alami.

Kami merekomendasikan jenis furniture polish berbahan alami terbaik yang bisa anda gunakan dari biopolish. Produk ini memiliki keunggulan adanya varian yang berbeda untuk jenis furniture yang berbeda. Untuk furniture kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan, furniture kayu anak dan bayi serta untuk ruangan makan dan dapur, produk yang di gunakan adalah biopolish beeswax. Sedangkan untuk furniture kayu yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan, lantai kayu serta hiasan kayu produk yang digunakan adalah biopolish linseed oil.

Kedua produk tersebut memiliki manfaat fungsi semir untuk jenis furniture yang berbeda. Namun pada dasarnya memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Menjaga higienitas produk

  2. Menjaga paparan sinar matahari karena mengandung anti oxidant tinggi

  3. Menajamkan furniture kayu yang kusam

  4. Melindungi furniture kayu dari percikan air dan cairan

  5. Menghambat proses perubahan warna pada furniture

  6. Mempertahankan fleksibilitas pada serat kayu dan finishing sehingga tidak mudah retak

  7. Mengandung anti septik alami

  8. Bersifat food grade dan tidak berbau

  9. Menghambat pelapukan atau oksidasi pada furniture akibat perubahan cuaca

  10. Mempertahankan dan memperpanjang usia pakai dari furniture kayu

Cara Merawat Furniture Kayu Warna Patina Dengan Biopolish

Biopolish beeswax ataupun linseed oil baik di gunakan untuk merawat furniture kayu. Furniture polish yang satu ini berbentuk cream padat. Aplikasi dilakukan dengan cara di gosok menggunakan kain ataupun hand polisher machine. Berikut ini cara aplikasi biopolish untuk perawatan furniture kayu warna patina :

  • Bersihkan furniture kayu yang akan di poles terlebih dahulu. Pastikan bahwa tidak ada noda yang menempel dan kondisi furniture benar-benar kering
  • Jika perlu di amplas, amplas terlebih dahulu furniture kayu tersebut kemudian bersihkan sisa amplasan hingga benar-benar bersih.
  • Oleskan biopolish secara tipis merata dengan kain bersih ke seluruh bagian furniture kayu yang akan di poles
  • Selanjutnya gosok dengan kain hingga terlihat bersih dan tidak lengket
  • Atau gosok dengan menggunakan mesin pemoles hingga terlihat bersih, warnanya tajam dan tidak lengket