Hand Rail Tangga di Rumah Kusam? Begini Cara Mudah Merawatnya

Jika rumah kamu termasuk rumah yang memiliki lebih dari satu lantai, sudah pasti ada tangga yang menghubungkan antara satu lantai ke lantai lainnya. Agar penghuni rumah tetap aman saat naik dan turun tangga, maka tangga rumah dilengkapi dengan hand rail.

Ada dua jenis barang yang perlu dibedakan dalam hand rail. Yang pertama adalah railing yang kedua adalah hand rail. Railing adalah bagian pembatas tangga, berbentuk seperti pagar. Berfungsi untuk melindungi para penghuni rumah agar tidak terjatuh.

Sementara hand rail adalah bagian paling atas dari railing yang berfungsi sebagai pegangan tangan. Yuk mengenal lebih jauh seluk beluk soal rail dan handrail tangga rumah agar kamu bisa merawatnya dengan baik.

 

Mengenal Material Hand Rail Tangga Rumah

Hand rail merupakan elemen material konstruksi yang berfungsi untuk pegangan sekaligus pagar. Selain berfungsi untuk pengaman, hand rail juga bisa memiliki fungsi estetik. Hand rail bisa membuat tampilan tangga, atau balkon rumah jadi lebih indah dan enak dipandang.

Karena fungsinya tidak hanya pengaman tapi juga memperindah, maka kamu harus memilih material untuk handrail tangga rumah kamu dengan tepat. Material hand rail tangga rumah harus sesuai dengan gaya desain rumah yang ingin ditampilkan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan material untuk hand rail tangga rumah yang bisa kamu coba:

  1. Metal

Beragam jenis metal dari mulai stainless steel, besi, hingga aluminium bisa digunakan sebagai material hand rail untuk tangga rumah. Metal termasuk material yang populer untuk digunakan sebagai material hand rail tangga rumah. Salah satu keunggulannya adalah material ini menghasilkan berbagai model yang bisa disesuaikan dengan gaya desain rumah.

Misalnya, untuk rumah bergaya klasik, kamu bisa menggunakan stainless steel atau besi yang dibentuk untuk menampilkan beragam ornamen. Untuk bergaya desain modern, bisa menggunakan stainless steel atau aluminium dengan bentuk-bentuk yang minim ornamen.

  1. Kayu

Material kayu memiliki karakter yang kuat pada tampilannya, termasuk material yang sering digunakan untuk material hand rail tangga rumah. Salah satu keunggulan menggunakan material kayu untuk hand rail tangga rumah adalah mudah dibentuk dan memiliki bobot yang lebih ringan. Sangat cocok digunakan untuk rumah yang memiliki desain ingin menampilkan kesan natural dengan cara mengekspos serat kayunya.

Akan tetapi material kayu memiliki kekurangan. Kekurangan dari material ini adalah rawan terhadap cuaca yang bisa mengakibatkan lapuk, keropos, serangan rayap, bahkan kusam. Material kayu untuk hand rail tidak cocok digunakan untuk tempat yang terbuka atau yang tidak terlindung atap.

  1. Batu alam

Batu alam yang sering digunakan sebagai material hand rail tangga rumah.  Jenis batu alam yang sering digunakan adalah marmer. Tampilannya sangat mewah, biasanya cocok untuk rumah-rumah bergaya klasik yang elegan. Hand rail tangga rumah dengan material ini umumnya dibentuk dengan model-model tertentu. Kekurangan yang dari material batu alam adalah harganya yang tergolong mahal.

  1. Kaca

Kaca juga sering digunakan untuk hand rail tangga, meskipun material kaca lebih sering digunakan untuk tangga perkantoran atau pusat perbelanjaan dibanding untuk tangga rumah. Tapi material ini tetap cocok digunakan untuk hand rail tangga rumah jika memang sesuai dengan desain rumah kamu.

Biasanya material kaca yang digunakan untuk hand rail tangga akan dipadukan dengan material lain. Misalnya, kaca sebagai railing, sedangkan untuk hand railnya terbuat dari metal atau kayu.

 

Beberapa Model Desain Hand Rail Tangga Rumah

Dari beberapa material yang biasa digunakan untuk hand rail tanga rumah yang sudah disebutkan tadi, kamu bisa membentuk beberapa model hand rail. Berikut ini adalah beberapa model hand rail tangga rumah yang bisa kamu coba menggunakan material-material tersebut:

  1. Hand rail kaca

Untuk hand rail desian kaca seluruhnya terbuat dari kaca. Baik bagian hand rail maupun bagian rail terbuat dari kaca.

  1. Rail kaca dengan hand rail kayu atau logam

Model ini menggunakan kaca sebagai railing sedangkan hand railnya terbuat dari kayu atau logham.

  1. Hand rail kayu untuk rak

Desain ini bisa kamu pilih jika kamu ingin memanfaatkan setiap sudut ruang kami menjadi fungsi tertentu. bagian railing yang menghadap ke luar tangga dibuat menjadi rak sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan banyak barang.

  1. Hand rail kayu atau logam dengan tali baja

Untuk desain ini hampir sama seperti railing kaca dengan hand rail kayu atau logam. Bagian railing terbuat dari tali baja memanjang sepanjang tangga. Kemudian di bagian paling atas yaitu bagian hand rail terbuat dari logam atau kayu.

  1. Railing geometri

Railing dengan desain geometri mulai banyak digunakan di rumah atau perkantoran. Ciri dari railing dengan desain ini adalah bentuk railing yang memanjang dari lantai hingga ke atap di sepanjang tangga. Sehingga tidak lagi memerlukan bagian hand rail karena seluruh tangga sudah tertutup sampai ke atap.

  1. Hand rail spiral

Hand rail tangga jenis ini memiliki pola melilit di sepanjang jalur spiral. Hand rail dengan desain sprial umumnya terbuat dari baja dan dibuatkan custom design untuk melingkar membentuk spiral.

Karena terbuat dari baja, hand rail tangga jenis ini memiliki kapasitas penahan beban yang bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Desain hand rail tangga spiral juga tersedia dalam banyak pola, artwork, dan harga yang gampang ditemui di pasaran.

 

Hand Rail Tangga Kayu untuk Kesan Alami

Jika kamu ingin membuat rumah dengan desain alami, maka material kayu untuk hand rail tangga rumah kamu adalah pilihan yang tepat.  Selain itu, pemilihan warna kayu yang tepat juga akan membuat suasana desain interior anda menjadi lebih serasi karena anda dapat memilih warna tangga yang sesuai dengan warna dinding maupun lantai rumah anda. Berikut kelebihan dan karakteristik railing tangga kayu.

  1. Cocok dengan segala gaya rumah
  2. Meningkatkan nilai jual rumah
  3. Mudah dibersihkan dan tahan lama

 

Produk Biopolish untuk Perawatan Hand Rail Kayu

Biopolish memiliki produk unggulan untuk merawat hand rail tangga rumah kamu yang terbuat dari material kayu.  Produk unggulan Biopolish untuk perawatan kayu adalah Biopolish Natural Oil dan Biopolish Beeswax.

Kamu bisa menggunakan kedua produk ini untuk merawat handrail tangga kayu rumah kami agar tidak kusam. Caranya mudah sekali. Kamu bisa mengikuti cara mudah merawat hand rail tangga kayu berikut ini:

  1. Siapkan kain lap atau sikat halus, dan produk Biopolish
  2. Pastikan permukan hand rail kayu benar-benar bersih, halus dan kering
  3. Gunakan kain atau sikan untuk mengoleskan tipis-tipis ke permukaan hand rail
  4. Tunggu selama kurang lebih 10 menit agar bahan alami Biopolish meresap
  5. Gsetelah itu gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk memoles sampai benar-benar bersih, halus dan warna natural mengkilap.
  6. Lakukan secara rutin (lebih sering lebih baik) untuk menghasilkan tampilan lebih indah dan meningkatkan perlindungan hand rail kayu.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Kamu bisa mendapatkan dengan mudah produk Biopolish Natual Oil atau Biopolish Beeswax untuk perawatan hand rail kayu agar tidak kusam. Caranya adalah dengan menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia.

Selain itu, produk Biopolish Natural Oil dan Biopolish Beeswax juga tersedia di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dan BliBli. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kayu"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.