produk ramah lingkungan

Ketahui Inilah Produk Ramah Lingkungan Buka Jutaan Lapangan Kerja

BrioPrefered, sebuah badan bentukan pemerintah AS menemukan fakta bahwa produk ramah lingkungan berbasis bio telah mampu menyerap jutaan tenaga kerja. Berkembangnya produk berbasis bio ditunjukkan dengan dibukanya lowongan kerja hingga 4 juta.

Pemerintah Amerika Serikat melalui Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada tanggal 17 Juni 2015 merilis laporan yang menemukan bahwa industri ramah lingkungan (organik) mampu mendorong aktivitas ekonomi. Jumlah tenaga kerja yang terbuka hingga mencapai 4 juta lowongan. Pencapaian ini menunjukkan bahwa penggunaan produk ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dengan baik. Bukan sekedar aman digunakan untuk kelestarian lingkungan saja.

Baca Juga : jenis kayu yang baik untuk pekerjaan ukiran

Produk berbasis bio sendiri merupakan produk yang terbuat dari bahan alami sebagai alternatif produk yang dibuat atau menggunakan bahan olahan minyak bumi. Berbagai produk seperti itu masuk dalam kategori produk ramah lingkungan.

ramah lingkungan

Upaya pemerintah Amerika Serikat untuk mendukung penggunaan produk tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2002. Pada saat itu, pemerintah menerbitkan undang-undang pertanian yang berhasil melahirkan Program BioPreferred. Program tersebut dilaksanakan dan diawasi oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat dengan maksud mempopulerkan berbagai produk aman dan ramah lingkungan kepada masyarakat.

Baca Juga : maksud mdf

Adapun produk-produk ramah lingkungan berbasis bio yang dikelola meliputi produk yang digunakan dalam rumah tangga (domestik) maupun produk-produk untuk keperluan industri. Misalnya, produk untuk perkantoran tinta printer yang terbuat dari material organik. Juga berbagai produk yang digunakan dalam dunia otomotif seperti oli atau pelumas.

Hasil Temuan BrioPrefered: Produk Ramah Lingkungan yang Mendukung Ekonomi

Pada tahun 2014, mulai dilaksanakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui hasil kinerjaBioPreferred sejak awal berdirinya. Dari penelitian itu, dihasilkan laporan yang berjudul Economic Impact of the Biobased Product Industry. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa pada tahun 2013, terdapat 1.64 juta lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan industri penghasil produk bio.

1.1 juta lapangan pekerjaan yang tidak berhubungan langsung, dan 1.4 juta lapangan pekerjaan baru yang timbul karena beredarnya berbagai produk bio dipasaran. Secara keseluruhan, produk berbasis bio mampu menyumbang 396 milyar dollar Amerika Serikat atau hampir setara dengan Rp. 4.000 trilyun.

Penerapan aturan produk aman ini bisa dijadikan sebagai contoh dalam pelaksanaan pembangunan yang mendukung kelestarian lingkungan. Hal ini disebabkan karena pengelolaan produk berbasis bio dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus tidak membahayakan lingkungan. Hal ini tergambar dalam laporan USDA yang menemukan bahwa produk ramah lingkungan berbasis bio telah mampu menggantikan 300 juta galon minyak bumi sehingga polusi bisa ditekan.

Cerita sukses di Amerika Serikat tersebut munkin masih akan lama bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Namun, bagi kita yang sudah sadar pentingnya penggunaan produk ramah lingkungan, tentu tak ada salahnya untuk mengutamakan penggunaan produk-produk tersebut. Sebagai contoh, menggunakan produk kimia seperti semir kayu ramah lingkungan, Biopolish interior, Biopolish eksterior dan biopolish leather care. Biopolish merupakan semir alami yang ditujukan untuk memberikan proteksi dan meningkatkan estetika produk-produk kayu, vinyl, kulit, dan berbagai jenis serat alam.

biopolish beeswax

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *