kenali jenis kayu untuk furnitur eksterior dan tips untuk merawatnya

Pastikan Anda mengetahui jenis kayu untuk eksterior yang paling tepat saat Anda memerlukan produk berbahan kayu untuk diletakkan di luar ruangan. Salah memilih jelas akan membuat Anda rugi baik secara materi, tenaga, maupun waktu.

kayu eksterior kualitas bagus

Pilih kayu untuk eksterior yang kualitasnya bagus.

Berbagai furniture dan produk-produk berbahan kayu bisa Anda andalkan untuk menambah keindahan halaman rumah Anda. Anda bisa membuat pagar, bangku taman, hingga gazebo yang akan meningkatkan daya tarik bagian depan rumah Anda tersebut. Namun demikian, Anda harus benar-benar cermat dalam memilih jenis kayu untuk eksterior yang akan gunakan untuk pagar hingga gazebo impian Anda. Salah memilih kayu akan membuat keindahan halaman rumah Anda tidak bisa bertahan lama.

Lingkungan Eksterior yang Ekstrim

Tidak seperti lingkungan dalam ruangan yang lebih stabil dan tidak ekstrim, lingkungan eksterior rumah cenderung tidak stabil dan berubah-ubah pada rentang yang lebih ekstrim. Akibatnya, berbagai produk yang dipergunakan untuk lingkungan eksterior pun harus lebih tahan menghadapi perubahan dan intensitas paparan yang lebih merusak tersebut. Tak terkecuali furniture dan produk berbahan kayu yang Anda gunakan. Oleh karena itulah memilih jenis kayu yang tepat sangat penting. Anda wajib menggunakan jenis kayu untuk eksterior yang awet bila mendambakan keindahan halaman yang lebih tahan lama. Jenis-jenis kayu yang keawetannya tinggi yang bisa Anda andalkan antara lain:

  1. Kayu jati
  2. Kayu kapur
  3. Kayu angkirai
  4. Kayu giam
  5. Kayu balau
  6. Kayu cengal
  7. Kayu belangeran
  8. Kayu keruing
  9. Kayu kempas.

Pilihlah satu di antara jenis-jenis kayu tersebut menurut kriteria lain yang Anda inginkan. Misalnya dari segi estetika atau kekuatan yang dimiliki. Yang jelas, pastikan dulu Anda menggunakan kayu yang memang tahan terhadap cuaca, air, hingga serangan berbagai organisme. Bila Anda membeli produk yang sudah jadi, jangan ragu untuk menanyakan jenis kayu yang digunakan dan usia keawetannya.

Lakukan Perawatan yang Efektif dengan Biopolish

Meskipun telah memilih jenis kayu untuk eksterior yang paling tepat, bukan berarti Anda bisa menelantarkan produk kayu Anda begitu saja. Bersihkan produk Anda secara berkala dan pastikan lapisan cat atau plitur yang diaplikasikan masih dalam kondisi baik. Selain itu, gunakanlah produk perawatan kayu Biopolish Linseed Oil. Biopolish akan meningkatkan estetika kayu sekaligus memberikan perlindungan terhadap berbagai serangan organisme karena kandungan antiseptic alaminya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *