jenis kulit crazy horse

Memahami Jenis Kulit “Kuda Gila” Alias Crazy Horse Leather

Pernah dengar istilah crazy horse leather alias kulit kuda gila ? jangan-jangan anda berpikir bahwa jenis kulit ini berasal dari kuda. Jangan salah kulit kuda gila ini hanya istilah sebutan saja. Di luar negeri crazy horse sangat terkenal akhir akhir ini.

Jenis kulit crazy horse leather juga di produksi pengrajin lokal di indonesia. Kulit crazy horse banyak di gunakan pada produk fashion kulit terutama tas, dompet, sepatu kulit dan tak jarang juga digunakan untuk sofa kulit. Berbagai jenis kerajinan kulit ini menggunakan kulit crazy horse.

Jenis kulit crazy horse merupakan varian kulit high end. Harganya lumayan dibandrol mahal. Dengan harga yang mahal kulit crazy horse memiliki daya tahan yang baik dari segi goresan ataupun ketahanan terhadap paparan sinar matahari.

Mengapa Jenis Kulit Ini Disebut Crazy Horse Leather?

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa disebut kulit kuda gila? Disebut crazy horse karena memiliki tekstur dan warna layaknya pelana kuda. Terutama pelana kuda berwarna coklat yang banyak ditemukan di luar negeri.

Kulit crazy horse merupakan jenis kulit yang memiliki motif yang terkesan tua atau vintag, dengan tekstur bahan layaknya kulit pull-up. Ketika ditarik, jenis kulit crazy horse akan lebih terang setingkat dibandingkan warna sebelumnya. Teksturnya lembut dan terkesan lebih alami.

jenis kulit crazy horse

Bagaimana Proses Pembuatan Kulit Crazy Horse Leather?

jenis kulit crazy horseJenis kulit crazy horse di peroleh dari hasil finishing bahan kulit. Finishing yang dilakukan pada kulit full grain yang diamplas kemudian beri lapisan wax atau lilin menghasilkan jenis kulit crazy horse. Untuk mendapatkan efek seperti itu digunakan jenis lilin khusus. Lilin inilah yang mampu menguatkans erat serat kulit binatang menjadi lebih kuat. Apalagi ketika di gosok. Tak hanya itu finishing yang dilakukan untuk membuat kulit crazy horse juga membuat hasilnya terlihat lebih klasik, vintage dan elegan.

Proses pembuatan kulit crazy horse dimulai dari mengaplikasikan lilin khusus pada lapisan terahir kulit binatang. Kemudian di gosok sedikit demi seidkit. Efeknyanya sungguh menakjubkan. Crazy horse menjadi kulit binatang yang bergaya rustik dan vintage.

Lama kelamaan kulit crazy horse akan semakin menua,emua dan aus. Hal ini biasanya ditandai dengan goresan goresan yang khas. Namun jangan khawatir jenis kulit ini kdapat kembali di gosok jika terekena goresan ringan. Perubahan warnanya ketika semakin menua akan semakin terlihat klasik dan vintage.

Berikut ini ciri-ciri yang mencolok dari jenis kulit crazy horse leather yang dapat anda perhatikan dengan baik:

  • Sangat mirip dengan jenis kulit pull up leather
  • Gampang tergores namun mudah hilang ketika di gosokkan dengan tangan
  • Kulit jenis ini di finishing dengan lilin khusus yang di proses dengan tekanan dan suhu yang tinggi
  • Teksturnya halus dan lembut
  • Warnanya tampak tidak merata
  • Pori pori kulit tidak merata namun jelas terlihat
  • Ketia di sentuh dengan tangan terasa elastis
  • Ketika di tekuk atau di lipat sampai 90 derajat akan muncul lipatan yang alami
  • Baunya cukup kuat dan khas
  • Terasa berbulu di bagian belakang
  • Jika di bakar, bau dan aromanya akan khas seperti kulit biantang yang terbakar atau seperti rambut yang terbakar. Abunya akan pecah menjadi bubuk

Kelebihan Jenis Kulit Crazy Horse

sepatu jenis kulit crazy horse

Mendengar istilahnya yang masih asing di tanah air, mungkin anda juga sempat terpikir, apa kelebihan dari jenis kulit crazy horse ini? Tentu jika tidak memiliki kelebihan yang signifikan jenis kulit crazy horse tidak menjadi primadona di luar negeri.

Kelebihan utama dari jenis kulit crazy horse adalah daya tahan jenis kulit ini. Istilah kuda gila ini menunjukan daya tahan dari kulit ini yang gila-gilaan. Jenis kulit crazy horse merupakan jensi kulit yang memiliki daya tahan terbaik, serta dengan sentuhan ahir yang begitu elegan dan mewah. Kesan klasik yang kuat membuat kulit crazy horse ini semakin memukau.

sepatu jenis kulit crazy horse

Saat ini, seiring perkembangan teknologi. Berbagai bahan kulit di buat dan di rancang dengan teknik teknik khusus untuk menghasilkan hasil akhir yang unik dan berkualitas. Hal ini dapat anda temukan dalam berbagai jenis kulit yang saat ini beredar di pasaran di indonesia. Berbagai jenis kulit yang memiliki keunikan masing masing ini juga biasanya khusus di gunakan untuk produk produk tertentu, misal hanya di buat untuk jaket atau tas saja.

Jenis kulit crazy horse merupakan jenis kulit dengan daya tahan tertinggi. Lapisan film lilin yang ada pada permukaan kulit ini memberikan daya tahan terhadap goresan dan juga serat bahan kulit itu sendiri. Tidak hanya itu, kulit crazy horse juga akan terhindar dari percikan ari.

Seperti kita ketahui, bahwa lilin merupakan zat yang tahan terhadap cahaya matahari dan juga cairan. Oleh karena itu, lapisan lilin yang digunakan memang bertujuan untuk memerkuat serat kulit binatang sehingga menghasilkan daya tahan yang kuat bagi kulit crazy horse.

Tidak hanya itu, lapisan lilin ini juga yang mampu melindungi kulit crazy horse dari paparan matahari, serangga, berbagai jenis cairan, noda bahkan menghalangi tumbuhnya jamur pada pemrukaan kulit ini. Wajar saja jika kemudian jenis kulit ini menjadi sangat tahan lama dan kuat.

Walaupun Jenis Kulit Crazy Horse Terkenal Kuat, Namun Tetap Perlu Di Rawat

merawat sepatu kulit

Jenis bahan kulit crazy horse ini terkenal dengan daya tahan yang bagus, tetap saja jika kulit crazy horse kesayangan anda tidak ingin mudah rusak sebaiknya lakukan perawatan secara teratur. Jenis bahan kulit ini memang tidak membutuhkan perawatan yang sulit. Namun tetap saja membutuhkan penanganan seperti saat basah ataupun terkena kotoran dan noda.

Berikut ini tips merawat kulit crazy horse agar awet tahan lama dan semakin menawan :

  1. Gunakan kain katun yang lembut untuk membersihkan agar tidak merusak tekstur bahan kulit
  2. Jangan langsung mengenakan air pada kulit crazy horse saat membersihkan, cukup menggunakan lap lembab
  3. Hindari kontak langsung dengan zat yang bersifat asam seperti alkalin, minyak, mineral serta zat korosif lainya
  4. Hindari terkena benda benda keras dan tajam secara langsung ataupun bergesekan dengan benda benda tersebut
  5. Jangan mengisi tas crazy horse dengan beban atau muatan yang berlebihan, walaupun kuat tentu bahan kulit ini akan mudah retak karena muatan yang berlebih
  6. Ketika terasa lembab atau agak basah, segera keringkan dengan hair dryer agar terkena aliran udara yang agak hangat
  7. Simpan dengan menggunakan penyerap kelembapan seperti silica gel di dalam tempat penyimpanan kulit crazy horse
  8. Simpan di tempat sejuk dan kering serta memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jangan menyimpan kulit crazy horse di tempat lembab dan pengap

Kulit crazy horse ini dapat digunakan untuk berbagai kerajinan kulit seperti tas dan sepatu kulit. Kadang-kadang kita tidak sengaja memakai barang barang tersebut dan basah. Baik karena kehujanan ataupun karena terkena tumpahan cairan. Tak hanya itu bisa saja kulit crazy horse tergores atau bahkan berjamur ? bagaimana menangani masalah-masalah pada kulit crazy horse tersebut? Berikut ini kami jelaskan satu persatu.

  • Jika basah atau terendam air

Jika kulit crazy horse basah, keringkan dengan lap kain kering yang bersih. Misalnya jika hal ini terjadi pada sepatu atau tas, anda bisa menggunakan surat kabar untuk menjaga bentuk asli tas atau sepatu. Jangan di keringkan dengan menggunakan sumber panas atau suhu tinggi secara langsung. Cukup di angin anginkan saja hingga kering dengan sendirinya

  • Terkena goresan atau noda

Jika terkena goresan anda dapat mengoleskan lotion berbahan beeswax alami pada bekas goresan tersebut. Tutup engan menggunakan lap kering kemudian gunakan pengering rambut untuk memanaskan selama kurang lebih 30 hingga 50 detik. Setelah itu bekas gesekan di lap dengan kain lap yang digunakan untuk menutupinya.

  • Mengatasi kulit crazy horse yang berjamur

Jika kulit crazy horse yang anda miliki sudah terlanjur berjamur, anda dapat membersihkanya dengan enggunakna kain lap kering dan bersih pada bagian yang terkena jamur. Selanjutnya anda juga bisa menggunakan lotion beeswax untuk membersihkan sisa bagian yang telah di lap. Jangan menggunakan air secara langsung karena air akan membuat kulit crazy horse jadi keras.

Anda dapat menyaksikan contoh perawatan sepatu boots dengan menggunakan lotion beeswax berbahan alami ada video di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.