Jenis Rayap dan Cara Mencegah Serangan Rayap

Terdapat berbagai jenis rayap yang umum menyerang bangunan rumah Anda. Kenali jenis-jenis rayap dan cara mencegah serangan rayap.

Rayap adalah salah satu jenis serangga sosial anggota ordo Isoptera yang dikenal luas sebagai hama. Organisme ini mampu menyebabkan berbagai jenis kerugian dalam kehidupan manusia. Rayap bersarang di dalam tanah dan memakan kayu, perabotan atau konstruksi rumah yang terbuat dari kayu sehingga banyak menimbulkan kerugian secara ekonomi. Tampilan rumah pun akan memburuk dengan serangan organisme ini. Di alam sendiri, setidaknya terdapat tiga jenis rayap. Berikut ini ketiga jenis rayap tersebut dan sedikit penjelasan untuk masing-masing jenisnya.

3 Jenis Rayap

Terdapat Berbagai Jenis Rayap. Bagaimana Cara Mencegah Serangan Rayap Yang Bervariasi Tersebut? Terdapat berbagai jenis rayap. Bagaimana cara mencegah serangan rayap yang bervariasi tersebut?

Rayap Kayu Kering

Jenis rayap ini ditemukan di kayu kering, biasanya di struktur timber dari gedung. Jenis rayap ini tidak memerlukan kelembaban tinggi untuk hidup. Mereka juga tidak selalu mencari makan di dalam tanah.

Rayap Kayu Lembab

Rayap ini memakan material kayu yang telah membusuk. Contohnya kayu dari pohon yang sudah jatuh. Jenis ini merupakan jenis rayap yang paling umum ditemukan serta memberikan ancaman serius. Rayap bisa juga hidup di tanah dengan kelembaban yang rendah.

Rayap Tanah

Rayap jenis ini adalah rayap yang sering ditemukan membentuk koloni dalam jumlah yang sangat besar. Mereka umumnya tinggal di wilayah bawah tanah dan merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi oleh manusia. Sebab, mereka masuk melalui jalan tersembunyi yang hampir tidak terlihat di pondasi dinding maupun lantai.

Untuk mengatasi serangan rayap di atas, umumnya masyarakat menggunakan insektisida atau obat anti rayap khusus. Penggunaan obat anti rayap (insektisida) memang bisa diandalkan untuk membasmi berbagai jenis rayap. Akan tetapi, kerusakan yang sudah ditimbulkan tidak bisa dikembalikan seperti semula. Alangkah lebih bijak bila Anda melakukan langkah pencegahan. Dengan demikian, kerusakan akibat serangan rayap bisa diantisipasi sedini mungkin. Berikut ini cara mencegah serangan rayap, terutama yang terjadi pada furniture yang bisa Ada lakukan.

5 Langkah Cara Mencegah Serangan Rayap pada Furniture

  • Memilih Kayu yang Bagus

Pemilihan kayu yang akan digunakan sebaiknya yang benar-benar berkualitas. Pilihlah jenis kayu yang unggul karena tidak disukai rayap, misalnya kayu merbau dan kayu jati.

  • Mengatur Kelembaban agar Rendah

Cara mencegah serangan rayap selanjutnya adalah dengan mengatur kelembaban. Usahakan beberapa hal seperti memastikan rumah tidak bocor dan sirkulasi udara berjalan dengan baik agar kondisi di dalam rumah tidak lembab.

  • Memberi Jarak antar Furniture dengan Lantai

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, rayap merupakan organisme yang berkembang biak pertama kali di bawah tanah bangunan. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan jarak antara barang-barang seperti furniture berbahan kayu dengan lantai. Misalnya dengan menggunakan alas dari kain.

  • Mengenali Tanda Serangan Rayap

Aplikasi cara mencegah serangan rayap hanya benar-benar bisa efektif dilakukan bila Anda tahu tanda-tanda kemunculan rayap di rumah. Sebab, semua usaha yang Anda lakukan akan sia-sia bila Anda tidak tahu tanda-tanda rayap menyerang. Tanda-tanda serangan rayap sendiri bisa berupa munculnya serpihan-serpihan kayu, adanya lubang dimana-mana, dan adanya gumpalan menyerupai lumpur di beberapa bagian rumah.

  • Merawat Kayu secara Rutin

Pastikan pula Anda merawat kayu dengan baik. Lakukan pembersihan secara berkala sekaligus untuk memeriksa keberadaan berbagai jenis rayap di rumah Anda. Gunakan pula produk perawatan khusus berupa semir kayu Biopolish Eksterior. Biopolish Eksterior akan membuat kayu tidak disukai rayap. Semir kayu ini juga bisa mempercantik penampilan kayu serta memberikan proteksi lainnya karena mengandung minyak pinus yang merupakan bahan antibiotik alami.

Demikian beberapa jenis rayap dan cara mencegah serangan rayap. Semoga bermanfaat.

Untuk  informasi dan pemesanan Biopolish Eksterior, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Artikel "Knowledge"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.