Kenali Bahaya Musim Panas Pada Furniture Kayu di Rumah

Memasuki musim kemarau tentu udara dan cuaca akan berubah menjadi panas dan gersang. Jika kamu memiliki furniture kayu terutama yang diletakan di luar ruangan ada baiknya untuk berhati-hati. Mengapa? Karena perubahan musim akan sangat berpengaruh pada kualitas kayu terutama musim kemarau. Kayu adalah salah satu material rumah tangga yang akan terkena dampaknya secara langsung maupun tidak langsung.

Biasanya musim kemarau dengan perubahan suhu udara dan angin gersang akan membuat kayu mudah mudar, kusam, retak bahkan sampai patah. Kekuatan kayu akan berkurang karena kadar kelembaban dan air dalam serat kayu menurun drastis. Sehingga kayu akan mudah keropos dan berujung pada patah. Sehingga kamu perlu memperhatikan dengan memberi perawatan yang tepat pada furniture kayu di rumah.

Selain itu untuk kamu yang membeli kayu solid berkualitas, tentu harus dipertimbangkan lebih lagi. Karena kayu solid adalah bahan baku yang dapat dikatakan mahal sesuai dengan kualitas yang diberikan. Maka dari itu penting untuk kamu menjaga investasi agar tahan lama dan awet sampai kapanpun. Tentu kamu tidak ingin kayu-kayu di rumah yang dibeli dengan harga mahal rusak begitu saja.

Tips Merawat Furniture Kayu Ketika Musim Kemarau

            Terdapat beberapa tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga furniture kayu di rumah. Tips ini hendaknya kamu lakukan sesegera mungkin untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada furniture kayu di rumah.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Jika kamu memiliki furniture yang terkena paparan sinar matahari baik dari jendela atau karena peletakannya seperti teras atau beranda rumah. Kamu bisa mengakalinya dengan memasang tirai dan penutup. Hindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama ketika sedang teriknya. Hal ini akan membuat kayu mudah kering dan keropos jika dibiarkan terlalu lama. Selain itu paparan sinar matahari juga akan membuat warnanya mudah pudar dan luntur.

Baca Juga:  Panduan Cerdas Merawat Sendok Kayu yang benar agar Keluarga Sehat

Jika memungkinkan kamu bisa memindahkan furniture kayu pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pindahkan barang tersebut dengan cara mengangkat, jangan digeser akan akan membuat bagian bawahnya lecet, rusak atau patah. Cukup letakan furniture berbahan kayu pada suhu normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin pula.

  1. Perhatikan suhu ruangan

Kayu sangat mudah bereakshi pada perubahan suhu yang ada disekitarnya. Biasanya kayu mudah mengembang karena adanya kelembaban udara yang tinggi. Hal ini akan mengakibatkan pertumbuhan jamur, rayap dan juga serangga lainnya. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi. Selain mengganggu keindahan ruangan, hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan keluarga di rumah.

Pertumbuhan bakteri dan jamur dapat mendatangkan berbagai macam penyakit. Selain itu ketika suhu menjadi lebih panas, kayu akan menyusut, retak dan pecah. Maka dari itu setidaknya jagalah kelembaban ruangan yakni sekitar 45%-65%. Kamu bisa menambahkan kipas angin atau pendingin ruangan agar sirkulasi udara yang dibangun etap baik dan terjaga.

  1. Lapisi dengan alas.

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah meletakan minuman dingin atau panas langsung pada permukaan furniture kayu. Jika kamu memiliki kebiasan ini, ada baiknya segera hentikan. Suhu yang ekstrim jika terkena kayu secara langsung akan membuat kayu meninggalkan noda air berupa lingkaran. Hal ini akan membuat furniture rumah menjadi kurang indah. Lebih baik gunakan runner atau tatakan gelas untuk menghindari kayu ternodai dengan minuman kita.

  1. Bersihkan furniture secara rutin

Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan furniture kayu secara rutin dengan perawatan yang tepat. Banyak jenis kayu membuatmu harus jeli membersihkan dengan cara yang benar. Hindari membersihkan menggunakan air karena dapat merusak cat kayu dan pernis. Kamu bisa membersihkannya dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis kayu furniture secukupnya pada permukaan kayu. Setelah itu lap menggunakan kain dan biarkan sampai kering.

  1. Gunakan sisa teh sebagai pembersih.
Baca Juga:  Cara Finishing Kursi Taman Menggunakan Biopolish Natural Oil agar Tidak Kusam

Selain dengan memoles menggunakan produk yang dijual di pasaran. Kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan alami, salah satunya adalah sisa teh. Caranya mudah, cukup celupkan kain lembut dalam seduhan teh hitam. Kemudian peras lalu gunakan dengan mengusap furniture kayu secara perlahan. Jangan lupa bersihkan sela-sela yang kadang luput untuk dibersihkan. Setelah itu tunggu kering dengan udara terbuka.

Solusi Praktis Merawat Furniture Kayu

  Furniture kayu memang lebih rawan ketimbang material lain seperti besi, aluminium dan lainnya. Kayu memenuhkan perawatan khusus untuk menjaga material dan serat alamnya tetap tampak alami dan indah. Meskipun tampak kokoh dan kuat, ternyata kayu juga dapat jamuran, rayapan dan terserang serangga lainnya. penyebab paling umum karena kayu mengalami peruabhan suhu sehingga akan bereaksi sesuai dengan yang terjadi di sekitarnya.

Maka dari itu selain beberapa tips di atas, penting untuk kamu yang memilih furniture kayu dengan memberikan perawatan lain agar kualitas kayu tetap terjaga. Salah satu produk yang dapat kamu jadikan referensi adalah produk keluaran dari Biopolish. Biopolish berupaya untuk memberikan perawatan maksimal dengan bahan-bahan alami yang dapat menjaga kualitas dan keawetan dari furniture kayu rumah.

Terdapat beberapa varian dari Biopolish salah satunya adalah Biopolish Natural Oil. Produk ini memiliki cairan berkualitas yang terjamin dengan kandungan almainya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan efek samping yang mengganggu kesehatan. Biopolish Natural Oil cocok diaplikasikan pada furniture kayu apapun, baik di dalam maupun luar rumah. Caranya pun mudah sehingga kamu tidak terlalu kerepotan.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, silahkan pesan baik secara offline maupun online. Untuk pembelian online kamu bisa mendapatkan dengan menghubungi customer care kami di nomor +6281225784920 atau kunjungi lapaknya seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Baca Juga:  Gunakan Biopolish Beeswax untuk Perawatan Alat Makan Kayu, Inilah Kelebihannya