Lima Cara Membersihkan Tas Kulit Kena Tinta Tanpa Ribet

membersihkan tas kulit

Tas menjadi asesoris wajib yang digunakan seseorang melakukan berbagai kegiatan. Entah itu bepergian, ke sekolah, ke mall, ke pesta, hingga ke kantor. Model tas pun bermacam-macam disesuaikan dengan keperluan dan etika. Salah satu jenis tas yang jamak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah tas kulit. Tas jenis ini dibuat dengan kulit khusus sehingga memberikan kesan khasnya sendiri ketika disentuh dan dikenakan. Meski begitu, tas satu ini tak lepas pula dari noda seperti tinta. Cara membersihkan tas kulit kena tinta bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Di pasaran memang harga tas kulit ini bisa merogoh kantong dengan cukup dalam, karena sifatnya yang memiliki nilai jual. Sebagian besar orang hanya sekadar membeli dan tak tahu bagaimana cara merawatnya. Noda tinta menjadi salah satu noda yang sulit hilang, meski begitu bukan berarti tak bisa dihilangkan. Tinta sendiri masih digolongkan lagi menjadi dua jenis tinta: tinta yang non-permanen dan tinta permanen. Keduanya butuh cara tersendiri untuk membersihkannya, terutama jika noda tinta kena tas kulit. Cara membersihkan tas kulit kena tinta tak bisa disamakan.

Yap, bagi beberapa siswa, mahasiswa, atau orang-orang yang bekerja di kantor, saat ini tak sedikit yang mengenakan tas berbahan kulit. Baik itu kulit asli maupun sintetis. Barang-barang yang dimasukkan ke dalam tas pun bermacam-macam salah satunya adalah ballpoint, pensil, buku, laptop, dan alat sekolah atau alat kantor lainnya. Biasanya salah satu ballpoint yang dimasukkan ke dalam tas tak memiliki tutup sehingga tintanya menggores permukaan tas kulit. Cara membersihkan tas kulit kena tinta dengan kasus seperti ini membutuhkan trik tersendiri.

Atau dalam kondisi yang lain, ketika aktivitas utama kamu adalah mencatat sehingga setiap hari harus membawa notes dan pena di dalam tas kulit; tak jarang tintanya pun menggores tas kulit favoritmu. Lalu, bagaimana sih cara membersihkan tas kulit kena tinta ini? Berikut hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Gunakanlah Hairspray

Cara membersihkan tas kulit kena tinta pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan hairspray. Ternyata produk yang berfungsi untuk tatanan rambut ini memiliki fungsi lain yang di luar fungsi aslinya lho. Caranya pun cukup mudah, ambillah hairspray kemudian semprotkanlah ke bagian tas kulit yang terkena goresan tinta sampai permukaan agak basah. Ambillah kapas dan lakukan penggosokan di bagian agak basah tersebut. Ulangilah cara tersebut hingga tintanya hilang. Gimana, mudah bukan?

Sebagai catatan, kamu juga harus hati-hati ketika menggunakan hairspray ketika membersihkan tas. Jangan sampai menyemprotkan dengan kebanyakan karena malah bisa membuat warna tas jadi pudar. Atau kasus yang lain bisa membuat permukaannya jadi terkelupas. Untuk tipsnya, semprotkan dengan sedikit saja; atau jika kamu ragu terlalu banyak, semprotkan dulu hairspray pada kain lalu kemudian diaplikasikan ke permukaan langsung tas kulit.

  1. Gunakanlah Alkohol

Cara membersihkan tas kulit kena tinta kedua menggunakan alkhol. Yap, alkohol memang sering dipercaya selain untuk membersihkan kuman yang biasanya ada pada handsanitizer, ternyata bisa berfungsi pula untuk membersihkan bekas noda tinta pada tas kulit. Aplikasinya pun cukup mudah, yang perlu kamu lakukan siapkan alkohol dan kapas terlebih dahulu. Lalu tuang alkohol dengan porsi secukupnya ke dalam kapas. Lakukan penggosakan pada permukaan tas kulit sampai noda yang ada jadi menghilang. Ulangilah hingga noda jadi tak tersisa lagi.

Fyi, jenis alkohol yang biasanya digunakan yaitu jenis alkohol gosok, atau bahasa ilmiahnya disebut sebagai alkohol isoprofil atau rubbing alcohol. Alkohol ini efektif karena tinta yang terbuat dari bahan dasar minyak tertentu bisa terurai oleh kandungan kimia alkohol. Setelah kamu berhasil membersihkan tas kulit dari tinta menggunakan alkohol, jangan lupa untuk menjaga kelembabannya menggunakan conditioner, karena alkohol memiliki sifat mengeringkan.

  1. Gunakanlah Air

Cara membersihkan tas kulit kena tinta yang ketiga ini hanya berlaku bagi tinta yang bersifat non-permanen. Sebab sifat tinta non-permanen ini bisa larut dalam air dan bisa dibilas. Cara membersihkan juga tak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan kain, handuk, serbet atau kain lembut lainnya kemudian kain itu dibasahi dengan air. Untuk tas kulit, kadar airnya usahakan sesedikit mungkin sehingga tak merusak tas. Lalu tepuk-tepuk atau gosok dengan perlahan sampai noda tintanya hilang.

Jika kamu rasa air saja tak cukup, kamu juga bisa menggunakan sabun yang kandungan kimianya lembut. Salah satu yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan yaiut sampo bayi. Kamu bisa mengelapnya hingga bersih. Jangan pula untuk menjemurnya dengan cahaya yang cukup jangan terlalu panas, penjemuran ini berfungsi agar bentuk serta tekstur tas tidak mengalami perubahan.

  1. Gunakanlah Cuka

Cara membersihkan tas kulit kena tinta yang keempat menggunakan bahan yang biasanya digunakan untuk campuran makanan, yaitu cuka. Rasanya yang kecut memiliki kandungan alami yang ternyata ampuh untuk mengilangkan tinta yang melekat pada permukaan tas kulit. Pengaplikasiannya, siapkan cuka dan cotton button atau korek kuping. Tuangkan sedikt cuka pada permukaan kapas cotton button dan tepuk-tepukan pada bagian tas kulit yang terkena tinta.

  1. Gunakanlah Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care memiliki bentuk yang menyerupai lotion yang aman digunakan untuk membersihkan tas kulit dari noda tinta. Cara membersihkan tas kulit kena tinta menggunakan Biopolish Leather Care sangat simple pula. Kamu tinggak mengambil creamnya, kemudian menggosokan menggunakan jari dan angkat nodanya menggunakan kain. Usai kamu mengoleskan Biopolish Leather Care, permukaan tas kulit jadi tampak baru. Tak hanya itu, fungsi penting lainnya yaitu mencegah permukaan tas kulit mengelupas, pecah, dan kusam.

Biopolish Leather Care merupakan produk khusus yang didesain untuk menjadi bahan perawatan pada barang-barang dari kulit, seperti tas, sepatu, jaket, dan lain-lainnya (baik kulit asli hewan maupun yang sintetis). Biopolish Leather Care membantu perawatan dan memberikan perlindungann yang optimal sehingga kulit jadi tak mudah mengelupas dan rusak. Selain itu, Biopolish Leather Care menjaga kelenturan dari tas kulit sehingga teksturnya teap terjaga. Ketika sudah terjaga, maka tas kulit akan jadi awet dan bisa diwariskan pada generasi selanjutnya.

Dalam menggosok, entah itu menggunakan hairspray, alkohol, maupun air, cuka, jangan menggosok dengann teknik yang salah ya agar nodanya tak semakin lebar. Gosoklah satu arah, dan angkat kain jangan sampai melebar. Aturan kedua jangan menggunakan tisu ya, karena serat tisu bisa melekat pada tas sehingga membuat tas jadi tambah kotor.

Cara-cara ini cukup mudah kamu lakukan kan? Jadi kamu tak perlu khawatir lagi jika menemukan tas kulit cantikmu tak sengaja terkena tinta, kamu bisa melakukan cara-cara di atas, yang penting jangan lupa dengan kebersihan tas ya!