Tips Membersihkan Noda Membandel Pada Leather Goods Atau Kerajinan Kulit

174
tips membersihkan barang kulit dari noda
jaket yang kotor harus segera dibersihkan

Punya jaket kulit terkena noda makanan ? atau tas kulit kesayangan terkena bekas tinta pulpen? Jangan khawatir semua hal tersebut bisa dibersihkan.

Tapi, saya sudah mencoba membersihkanya namun tidak bisa? Anda mengalami hal seperti itu? Cek kembali bagaimana anda membersihkanya. Jika dibersihkan hanya dengan detergen justru merusak koleksi leather goods yang anda miliki. Pastikan menggunakan cara yang benar dan tidak akan merusak material bahan leather goods tersebut.

Leather goods atau kerajinan bahan kulit tidak jarang terkena berbagai kotoran baik disengaja maupun tidak disengaja. Berbagai jenis kotoran yang cukup membandel layaknya lemak dari sisa makanan, tinta, noda garam bahkan hingga noda minyak.

Jenis jenis kotoran tersebut umumnya sulit dibersihkan bahkan kadangkala mebuat bekas yang benar benar menempel selamanya pada jaket, sepatu atau bahkan tas kulit. noda noda seperti itu memang dikenal sulit dibersihkan. Namun bukan berarti tidak bisa dibersihkan.

CS Biopolish

Kami akan memberikan tips yang mudah dan praktis untuk membersihkan noda noda membandel tersebut dengan langkah mudah. Anda tidka perlu membawanya ke profesional karena barang barang yang digunakan untuk membersihkanya mudah di dapat. Bahkan biasa anda temui di dapur rumah anda.

Penasaran bagaimana cara membersihkan noda membandel tersebut? Langsung baca artikel dibawah ini.

  1. Membersihkan Noda Makanan Atau Noda Darah

tips membersihkan barang kulit dari noda
krim tartar dengan jus lemon untuk membersihkan noda membandel akibt darah atau noda makanan

Makanan merupakan jenis noda yang paling sering ditemukan pada barang-barang kulit. noda makanan biasa ditemukan pada jok mobil, pakaian dari kuli, tas kulit, bahkan pada furniture kulit layaknya sofa kulit. noda sejenis ini adalah noda darah. Jenis noda yang satu ini cukup sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu pastikan anda dapat membersihkan dengan baik.

Nah bagaiamana cara membersihkan noda darah atau sisa makanan dengan benar? Mari kita siapkan beberapa bahan dibawah ini terlebih dahulu:

  • Satu bagian jus lemon atau secukupnya
  • Satu bagian krim tartar (krim untuk membuat kue bisa dibeli di toko kue)
  • Kain bersih dan lembut

Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan noda tersebut:

  • Pertama kali buatlah pasta pembersih dengan membuat campuran jus lemon dengan krim tartar
  • Jadikan cmapuran berbentuk pasta lembut
  • Ambil pasta tersebut dan letakkan pada bagian yang terkena noda makanan
  • Biarkan pasta menempel pada kotoran minimal 20menit
  • Gosok pasta yang telah menempel tersebut dengan sikat atau dengan lap kain
  • Hapus sisa pasta yang menempel denga kain lap basah
  • Keringkan dengan menggunakan kain lap bersih dan kering
  • Jika masih ada nodanya, anda bisa mengulangi angkah tersebut hingga benar benar bersih

Mudah sekali bukan membersihkan noda kotoran makanan dengan menggunakan pasta racikan sendiri yang praktis dan efektif. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah dibandingkan harus membawa ke tempat pencucian yang kadang kadang menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

  1. Membersihkan Noda Minyak dan Noda Lemak

tips membersihkan barang kulit dari noda
tepung maizena dapat digunakan untuk menyerap noda minyak pada leather goods

Minyak merupakan jenis noda yang cukup sulit dibersihkan. Noda minyak atau lemak merupakan jenis noda yang harus hati hati dalam proses pembersihannya. Jika tidak berhati hati hal ini justru akan membuat kondisi tekstur material dari barang kulit itu sendiri semakin memburuk.

Noda minyak dan lemak biasanya di temukan pada jaket, sarung tangan ataupun sepatu kulit. umumnya jenis noda yang satu ini sulit di bersihkan hingga harus dibawa ke profesional,namun jika noda minyak tersebut tidak parah, anda dapat membersihkanya segera tanpa perlu dibawa ke tempat pencucian.

Jika anda mengalami hal ini pada salah satu koleksi barang kulit anda, ikuti langkah langkah berikut ini untuk menghilangkan nodanya.

Bahan apa yang dibutuhkan ?

  • Tepung maizena atau bedak talk
  • Kain bersih dan lembut
  • Sikat lembut

Bagaimana cara membersihkan noda minyak pada barang kulit?

  • Seka noda dengan kain lap bersih dan kering untuk menyerap noda lemak atau minyak. Hati-hati, pastikan hal ini tidak menyebarkan noda ke bagian lain
  • Taburkan tepung maizena pada noda tersebut sehingga benar-benar menutupi area kulit yang ternoda
  • Biarkan tepung maizena tersebut menyerap noda dan diamkan hingga semaleman
  • Keesokan harinya baru sikat sisa tepung maizena dan bersihkan hingga benar benar bersih dan kering

Khusus untuk noda minyak anda harus bertindak cepat. Segera setelah terkena noda minyak, bersihkan noda tersebut dengan menggunakan tepung maizena. Biarkan tepung maizena meresap kedalam pori-pori sehingga noda minyak akan lebih mudah dibersihkan.

  1. Membersihkan Noda Tinta

tips membersihkan barang kulit dari noda
gunakan alkohol murni untuk membersihkan noda tinta

Walaupaun kegiatan menulis telah banyak menggunakan smartphone atau laptop saat ini, namun bukan berarti pulpen tidak gunakan atau tidak dibawa. Namun hingga kini masih saja kita temui noda tinta atau pulpen ini mengenai barang barang kulit.  noda tinta paling banyak menempel pada furniture kulit atauun tas. Noda tinta seperti ini memang terlihat tidak bisa di hapus, padahal noda tinta sekalipun dapat anda bersihkan. Bagaimana caranya ? siapkan bahan bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah langkah pembersihanya.

Bahan yang harus disiapkan:

  • Alkohol isopropil (alkohol murni)
  • Cotton bud atau cotton ball
  • Kain lap bersih dan kering

Langkah-langkah membersihkan:

  • Rendam cotton ball atau cotton bud kedalam alkohol
  • Kemudian oleskan cootton bud yang telah direndam alkohol pada bagian yang terkena noda tinta
  • Biarkan pada bagian yang ternoda kurang lebih 15 sampai 20 menit
  • Kemudian keringkan dengan kan lap bersih dan lembut
  • Jika masih kotor atau nodanya belum hilang, ulangi kembali proses diatas hingga noda tinta benar benar hilang

Catatan Penting Dalam Proses Pembersihan

tips membersihkan barang kulit dari noda
oleskan pelembab atau kondisoner setiap kali selesai membersihkan leather goods

Perhatikan beberapa hal kecil dibawah ini sebelum melakukan pembersihan:

  • Sebelum melakukan proses pembersihan sebaiknya dilakukan uji coba pada bagian yang kecil dan tersembunyi
  • Jangan gunakan tisu atau material yang mudah meninggalkan bekas atau rusak saat digunakan untuk mengeringkan atau membersihkan noda
  • Saat mengeringkan kotoran jangan dibiarkan diletakkan dibawah sinar matahari langsuung atau menggunakan panas, seperti mesin pemanas atau hairdryer karena hal ini justru akan merusak karakter jenis kulit anda. Pasalnya kesalahan dalam proses pembersihan seperti inipun kadang bisa merusak material dari

Setiap proses pembersihan dari barang barang kulit terutama menggunakan alkohol ataupun bahan lainya biasanya memang meninggalkan bekas. Selain itu kadangkala memiliki efek membuat tekstur kulit menjadi lebih keras.

Oleh karena itu sebaiknya setelah selesai membersihkan barang kulit sebaiknya lakukan proses conditioning atau pelembapan. Proses ini merupakan proses untuk melembabkan, melenturkan dan menajamkan warna dari barang kulit yang di bersihkan.

Gunakanlah pelembab atau kondisioner dari bahan alami terbaik setelah selesai melakukan proses pembersihan. Jika anda mencari pelembab atau kondisioner terbaik, kami merekomendasikan biopolish leather care. Produk ini terbuat dari bahan alami terbaik serta memiliki banyak sekali manfaat.

tips membersihkan barang kulit dari noda
biopolish leather care untuk melembabkan dan melenturkan leather goods

Biopolish leather care diperkaya dengan beeswax dan berbagai natural oil, efektif mengembalikan warna barang kulit yang memudar, melenturkan kembali, serta menjaga dan merawat fleksibilitas dari bahan kulit itu sendiri.

Gunakan biopolish leather setiap selesai membersihkan bahan kulit yang anda miliki. Jangan sampai proses conditioning atau pelembabab seperti ini terlewat. Jika terlewat hal ini berefek pada kondisi dari bahan kulit itu sendiri. Selamat membersihkan dan merawat koleksi leather goods kesayangan anda.

 

 

CS Biopolish