Mengenal Semir Sepatu Kimia dan Bedanya dengan Semir Natural Biopolish®

Semir sepatu kimia mungkin bukan istilah yang sering Anda dengar. Tapi kebanyakan semir sepatu yang Anda gunakan termasuk pada kategori ini. Dan dibanding semir natural Biopolish®, semir sepatu kimia lebih membahayakan.

Mengenal Semir Sepatu Kimia Dan Bedanya Dengan Semir Natural Biopolish®

Sering kita menganggap produk yang sudah beredar di pasaran pasti berkualitas baik dan aman. Padahal, nyatanya belum tentu demikian. Semir sepatu misalnya. Semir sepatu yang banyak dijual saat ini adalah semir sepatu kimia. Semir sepatu tersebut biasanya memiliki formula dasar dari naftalena, lanolin, terpentin, Carnuba wax, lem arab, hingga ethylene glycol. Dan jenis semir ini sebenarnya tak baik bagi kesehatan. Performanya juga tak sebagus yang Anda kira.

Ini dia fakta mengejutkan yang mungkin jarang Anda dengar mengenai semir sepatu dari bahan kimia:

  • Semir sepatu kimia diformulasikan pertama kali pada tahun 1908. Popularitasnya naik setelah meletus perang dunia. Pasalnya, produk ini digunakan para tentara yang berparade di jalan-jalan kota.
  • Memiliki aroma khas yang beracun. Anda mungkin sudah hafal bau semir dan menganggapnya sebagai karakter umum semir. Namun, tahukah Anda bau tersebut mengandung racun?
  • Semir yang terbuat dari bahan kimia sering memanfaatkan Nitrobenzena dan naftalena. Keduanya merupakan senyawa mudah menguap dan bisa menimbulkan gangguan organ dalam. Naftalena bahkan bisa menyebabkan kanker.
  • Ada jenis semir berbahan kimia tertentu yang menggunakan stoddard solvent untuk menimbulkan efek smooth. Jangan membeli semir jenis ini. Apalagi pada sepatu kulit mahal kesayangan Anda. Sebab, stoddard solvent akan merusak material kulit setelah penggunaan jangka panjang,
  • Jangan menyepelekan anjuran pada label semir untuk selalu menggunakan sarung tangan saat menyemir. Mereka tak main-main. Efek bahaya semir sepatu berbahan kimia adalah fakta yang tak bisa dipungkiri. Senyawa beracun yang masuk ke tubuh dari semir akan membuat organ hati bekerja lebih keras sehingga bisa menguras kinerjanya. Demikian pula efeknya pada organ lain.
  • Menyemirlah pada ruangan dengan ventilasi baik atau di tempat terbuka. Jadi gas beracun dari semir tak akan terkonsentrasi dan Anda hirup dalam jumlah membahayakan.

Bedakan Semir Sepatu Kimia dengan Semir Natural

Meski mendominasi pasar Indonesia, semir sepatu kimia sebenarnya sudah kehilangan popularitas di negara-negara maju. Masyarakat negara maju yang lebih konsen pada masalah kesehatan mulai beralih pada semir natural. Apalagi, semir natural memiliki performa yang sangat baik dalam melindungi dan meningkatkan estetika sepatu. Semir natural Biopolish misalnya. Semir natural Biopolish terbuat dari:

  • Lilin lebah
  • Minyak biji rami (linseed oil)
  • Minyak pinus

Dengan kandungan 100% alami, Biopolish menawarkan kualitas keamanan dan estetika yang lebih baik dari semir sepatu kimia. Sifat natural plastilizer Biopolish, misalnya. Bila semir kimia umumnya memanfaatkan bahan yang memiliki efek jangka pendek, Biopolish akan merasuk ke serat sepatu dan membuatnya senantiasa lentur. Sepatu pun akan tetap mulus dan tak mudah retak maupun mengelupas.

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kulit"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.