Minyak Pinus, Antiseptik Efektif yang Aman Digunakan

Minyak pinus atau pine oil adalah hasil penyulingan bagian-bagian tertentu pohon Pinus, seperti ranting dan daunnya yang berbentuk jarum. Minyak ini bisa diolah dari berbagai spesies Pinus, namun umumnya berasal dari spesies Pinus sylvestris yang merupakan tanaman asli Austria sebelum akhirnya menyebar ke berbagai negara. Minyak pinus ini berbeda dengan produk-produk asal Pinus lainnya seperti terpentin maupun rosin (gondorukem). Dilihat dari struktur kimianya, pine oil didominasi oleh kandungan alkohol terpen dengan ikatan siklik. Selain itu, terdapat pula kandungan lainnya yakni hidrokarbon terpen, eter, serta ester. Komposisi kandungan minyak ini sangat bervariasi tergantung dari berbagai faktor. Dua faktor yang sangat mempengaruhi komposisi kimiawi pine oil adalah jenis spesies pinus yang digunakan dan bagian dari pohonnya yang disuling.

 Secara historis, minyak pinus telah banyak dimanfaatkan oleh manusia. Minyak pinus sering digunakan sebagai aromaterapi, produk pembersih, hingga pelumas untuk berbagai jenis komponen jam yang berharga mahal. Minyak ini memiliki karakter alami sebagai agen deodoran (penghilang bau) dan bersifat antibakterial. Fungsinya ini menjadikan pine oil sering dimanfaatkan sebagai cairan antiseptik untuk berbagai produk termasuk cat. Selain itu, minyak ini juga sering dimanfaatkan sebagai disinfektan dan herbisida.

Fungsi Minyak Pinus atau Pine Oil sebagai Antiseptik Bahan Semir Kayu yang Aman

Kandungan minyak pinus yang umumnya berupa alkohol terpen menjadikan minyak ini sangat ampuh dimanfaatkan sebagai antiseptik pada bahan polishing kayu. Bahan polishing atau semir kayu yang menggunakan minyak ini akan mampu menghasilkan produk kayu yang aman dari gangguan berbagai jenis bakteri dan penyebab penyakit lainnya. Pine oil sangat efektif untuk menghilangkan Candida albicans, E. coli, bakteri gram negatif Entera, bakteri penyebab bau badan, jamur, Salmonella choleraesuis, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, beberapa jenis virus flu, bakteri-bakteri usus, dll. Minyak pinus ini juga bisa diandalkan untuk pencegahan berbagai agen penyakit seperti rabies, kolera, meningitis, hingga gonorea.

Biopolish® linseed Oil

Kemampuan minyak pinus untuk memerangi berbagai jenis bakteri dan penyakit tersebut tentu menjadikannya sebagai antiseptik yang sangat baik untuk memoles berbagai perabotan kayu. Apalagi, pine oil ini juga sangat aman digunakan bagi manusia. Toksiksitas minyak ini hanya berlaku untuk organisme-organisme mikro seperti bakteri atau virus. Oleh karena itu, tidak heran bila minyak ini banyak digunakan untuk bahan semir kayu yang mengutamakan kualitas dan keamanan seperti Biopolish® dari Bioindustries. Dengan bahan utama berupa beeswax dan linseed oil, Biopolish Eksterior sangat aman digunakan dan akan menghasilkan hasil polishing yang berkualitas tinggi.

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan menghubungi customer care kami di nomor +6281225784920 atau langsung membeli di marketplace berikut ini :

➡ BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

➡ TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolish

➡ SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

➡ CAKNING : https://www.cakning.com/produk/biopolish-leather-care-1

➡ RALALI : https://www.ralali.com/v/biopolish

➡ LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.