Perawatan Furniture Kayu Agar Selalu Tampak Anyar

Perabotan berbahan dasar kayu sering dipilih dibanding perabotan berbahan material lain karena berbagai alasan. Selain karena lebih teduh, klasik, tahan lama, juga menjadi perabotan yang gampang untuk disandingkan dengan furniture-furniture lainnya. Kayu juga menjadi bahan yang sangat populer di Indonesia dan menjadi kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh berbagai wilayah yang berhutan luas. Meski begitu, apabila perawatan furniture kayu tidak tepat maka akan tampak kusam.

Di sisi lain, furniture sendiri mempunyai peran signifikan dalam sebuah ruangan baik indoor ataupun outdoor. Perabotan yang tepat dalam ruangan tertentu dapat meningkatkan mood orang yang ada di dalamnya. Perabotan juga berperan sebagai hiasan yang membuat ruangan jadi semakin indah dan enak untuk dipandang. Untuk perabotan jenis kayu, perawatan furniture kayu baik untuk perabotan rumah tangga atau hiasan mesti dilakukan agar tampilannya menarik.

Perhatikan pula penataan furniture kayu yang digunakan. Seringkali seseorang memang harus pintar-pintar melakukan penataan ruang agar berfungsi sebagaimana yang dikonsepkan. Jika ruangan terbatas maka ukuran furniture kayu pun perlu untuk disesuaikan. Pilihlah perabotan yang benar-benar diperlukan untuk meminimalisir pemborosan ruang, dan mempermudah perawatan furniture kayu yang ada di ruangan.

Selain cara itu lebih bermanfaat, kamu juga tak susah saat mau menjangkau perabotan tersebut. Jika dimungkinkan, milikilah furniture kayu yang memiliki laci, wadah, atau cabinet khusus untuk menyimpan barang-barang yang sifatnya pernak-pernik dari kunci, peralatan potong (gunting), kertas-kertas tertentu, hingga koin receh. Disiplinlah pula untuk tidak meletakkan barang-barang secara sembarangan, ini akan memudahkan menata rumah dan menjadikan perawatan furniture kayu jadi lebih mudah.

Lakukan Hal-Hal Ini Agar Furniture Kayu Tampak Baru dan Tahan Lama

Beberapa cara pun diterapkan guna melindungi furniture kayu agar selalu tampak baru dan tahan lama. Para penggemar kayu bisa melakukan perawatan furniture kayu sebagai berikut.

  1. Letakkan furniture di tempat yang tepat. Jangan sampai permukaan kayu tersiram oleh cairan-cairan yang bisa merusak permukaan atau bahan-bahan yang susah untuk dibersihkan. Seperti alkohol, tinta, kosmetik, makanan tertentu, dan lain-lain. Ketika benda-benda ini melekat pada permukaan kayu dengan durasi lebih dari semenit, akan membutuhkan perawatan furniture kayu tersendiri.
  2. Debu dan kotoran yang melekat pada permukaan furniture kayu membuat perabotan jadi terlihat kotor dan kusam. Untuk mengatasinya gunakanlah vacuum cleaner mini, sikat yang berada di alat tersebut bisa digunakan secara efektif untuk mengangkat debu dan kotoran. Atau cara lainnya dengan memakai lap berbahan wol, katun, atau microfiber dengan permukaan halus. Berikan sedikit minyak khusus dan bersihkan kayu perlahan-lahan hingga bersih. Perawatan furniture kayu ini bisa kamu lakukan secara berkala.
  3. Jika kamu memiliki furniture yang tak menggunakan vernis, kamu bisa melakukan perwatan furniture kayu jenis ini dengan mencampurkan air hangat dan sabun tertentu yang komposisinya lebut. Siapkan kain dengan penyerapan yang baik untuk menyeka seluruh permukaan kayu. Setelah kayu kering, usapkan kain yang telah bercampur rendaman air sabun lembut ke badan kayu. Bilas hingga bersih dan keringkan hingga benar-benar kering, jangan sampai kayu jadi lembap dan lapuk.

Produk Biopolish Natural Oil juga menjadi produk yang cocok untuk merawat furniture kayu yang tak menggunakan vernish. Produk ini cepat menyerap pada kayu dan aman untuk semua jenis perabotan kayu. Biopolish Natural Oil dapat digunakan untuk perawatan furniture kayu secara rutin. Dapat menginaktkan keindahan kayu dan mencerahkan kayu jadi terlihat lebih baru.

  1. Sebaliknya, jika kamu mempunyai furniture kayu yang divernish, untuk menjaga kualitas maka dibutuhkan bahan wax atau semir secara berkala agar permukaan furniture kayu terus berkilau. Perawatan furniture kayu varnish ini dapat kamu lakukan secara rutin, 3-4 bulan sekali agar permukaan kayu tetap terjaga kekinclongannya dan terlihat selalu tampak baru. Melapisi dengan wax juga bisa melindungi bagian kayu dari debu serta kelembapan.

Nah, untuk proses satu ini, kamu bisa menggunakan Biopolish Beeswax untuk menjaga dan merawat perabotan interior yang kamu miliki. Biopolish beeswax bisa diterapkan pada meja kayu, kursi, ranjang, lemari, hingga kitchen set yang digunakan untuk makan. Dengan menggunakan Biopolish Beeswax, kayu jadi lebih bersih, anyar, dan memeperlihatkan keindahan alaminya.

  1. Ketika permukaan furniture kayu melekat noda yang sangat lengket dan susah untuk dibersihkan, jangan biarkan kondisi itu bertahan lama, segeralah bersihkan! Caranya dengan mengambil lap basah dan gosok-gosokan pada noda hingga terankat. Pastikan selama menggosok tidak merusak permukaan kayu, lakukanlah dengan sabar dan hati-hati. Setelah terangkat, segera keringkan dengan air bersih. Jangan pula meninggalkan lap yang basah pada permukaan kayu karena bisa merusak permukaan.

Melakukan Perawatan Furniture Kayu Secara Rutin

 

Cara paling efektif membuat furniture rumah kau jadi selalu tampak anyar adalah dengan merawatnya secara rutin. Jika kamu tergolong orang-orang yang malas, langkah yang bisa kamu ambil dengan membuat jadwal rutin kamu sendiri. Jika lelah sendirian, mintalah anggota keluarga inti kamu atau orang-orang terdekat untuk melakukan perawatan furniture kayu secara bergantian. Lakukan aktivitas ini secara tuntas, jangan setengah-setengah.

Namun jika kamu hidup single alias sendirian di rumah, lakukanlah kegiatan bersih-bersih pada akhir pekan atau ketika pagi hari sebelum berangkat kerja. Pengaturan waktu ini bisa melonggarkan jadwal kamu setelahnya. Mulailah dari melakukan perawatan furniture kayu yang kamu anggap paling mudah untuk dijangkau dan dibersihkan.

Dalam melakukan perawatan furniture kayu, bukan berarti sekadar membersihkan atau mengelapnya saja, tapi melakukan maintenance tambahan juga diperlukan. Seperti mengolesi permukaan kayu dengan produk-produk Biopolish yang bisa meningkatkan performa kayu secara alami. Baik itu menggunakan Biopolish Beeswax, Biopolish Linseed Oil,  dan Biopolish Natural Oil. Gunakan sesuai kebutuhan yang tepat.

Setelah perabotan berhasil kamu bersihkan, jangan lupa penataan yang tegas dengan posisi terbaik membuat ruangan jadi lebih rapi dan lapang. Terapkan metode efisiensi ruangan, misalkan di ruang tamu sofa dirapakan ke dinding, meja dipilih yang memanjang dan menghadap sofa, serta kurangi perabotan lain yang hanya sekadar memenuhi ruangan.

Untuk menambah kesan kebaruan, kamu bisa menambahkan dekorasi dinding yang terbuat dari kayu. Sebab tak bisa dipungkiri jika dinding amat mempengaruhi keindahan sebuah ruangan. Sesuaikan dekorasi dinding dari kayu ini sesuai dengan konsep ruang yang akan kamu hadirkan. Beberapa perabotan rekomendasi seperti patung kayu, lukisan seni dari kayu, dekorasi adat tradisional, dan lain-lainnya. Pilih apapun yang sekiranya menambah nilai ruang sekaligus mudah dalam hal perawatan furniture kayu yang menempel pada dinding.

Ornamen sebenarnya juga bisa menambah ruangan jadi terlihat eye-catching, misal dengan ornament-ornamen etnik yang bisa kamu pajang di rak dari bahan kayu atau di atas meja kayu. Pilih ornamen yang memberikan sentuhan personal dan warnanya kontras dengan dinding agar terlihat menonjol.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.