Cermat dan teliti, Kunci Dapatkan Mebel Jati yang Berkualitas

Gunakan tips memilih mebel jati yang berkualitas untuk menghindari membeli mebel yang kualitasnya buruk. Sebab, meski secara umum mebel jati lebih unggul dari banyak mebel kayu lainnya, namun kualitasnya sendiri sangat bervariasi.

tips memilih mebel jati yang berkualitas

Gunakan tips memilih mebel jati yang berkualitas dengan cerdas.

Berbagai produk mebel dari kayu jati telah banyak beredar di pasaran. Anda dengan mudah bisa menemukan meja, kursi, almari, meja belajar hingga buffet dari kayu jati. Mebel dari bahan kayu ini memang banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini bukan tanpa sebab. Kayu jati secara umum lebih unggul dibanding jenis kayu lainnya untuk dijadikan mebel. Jenis kayu ini memiliki ketahanan, kekuatan, dan keindahan serat kayu yang menarik.

Namun demikian, bukan berarti seluruh mebel dari kayu jati memiliki kualitas yang sama. Nyatanya, banyak pula mebel jati yang malah lebih buruk kualitasnya dibanding mebel dari jenis kayu yang lain. Penyebabnya sangat beragam. Perbedaan kualitas mebel jati bisa disebabkan karena kualitas bawaan dari kayu jati yang ditebang, perlakukan sebelum finishing seperti cara penyimpanannya, hingga proses finishing yang diterapkan. Oleh karena itu, untuk memilih mebel jati yang bagus tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan kiat khusus atau tips memilih mebel jati yang berkualitas.

4 Tips Memilih Mebel Jati yang Berkualitas

Gunakan empat tips memilih mebel jati yang berkualitas berikut ini agar Anda tidak dirugikan di kemudian hari:

  • Mebel Jati Dibuat dari Kayu yang Sudah Tua

Tips memilih mebel jati yang berkualitas yang pertama adalah memastikan Anda memilih mebel yang terbuat dari kayu yang sudah tua. Kayu jati yang sudah tua umumnya lebih kokoh, awet, dan indah dibanding kayu jati yang masih muda. Kelebihan kayu jati tua yang sekaligus bisa Anda jadikan panduan saat memilih mebel jati yakni memiliki serat kayu yang padat, berat pada volume yang sama, lebih keras, serta memiliki warna coklat kemerahan yang merata.

  • Mebel Jati Tidak Terserang Hama

Pilih mebel jati yang tidak sedang terserang hama. Serangan hama bisa terlihat dari ada tidaknya jamur maupun organisme perusak lainnya. Cek semua bagian mebel untuk memastikan ada tidaknya hama yang menyerang. Hindari pula mebel jati yang banyak lubangnya karena hal tersebut bisa jadi menandakan adanya serangga perusak kayu. Mebel mungkin terlihat kokoh, namun di dalamnya sudah rapuh.

  • Aplikasi Finishing Mebel Jati yang Bagus

Tips memilih mebel jati yang berkualitas selanjutnya adalah memastikan kualitas aplikasi finishing pada mebel yang hendak Anda beli. Perhatikan kemulusan mebel serta tanyakan usia lapisan cat atau plitur yang diterapkan pada mebel tersebut. Sebab, semakin lama lapisan finishing bertahan, maka semakin lama pula mebel akan terlindungi dari paparan lingkungan luar. Bila Anda membeli mebel jati untuk outdoor, tanyakan pada penjual mebel apakah finishing yang diaplikasikan sudah sesuai untuk lingkungan outdoor atau belum. Lingkungan outdoor yang lebih ekstrim memerlukan aplikasi finishing yang lebih kuat dibanding aplikasi untuk indoor.

  • Konstruksi Mebel Jati yang Baik

Tips memilih mebel jati yang berkualitas terakhir adalah memperhatikan konstruksi mebel. Sebab, terkadang, mebel jati rusak bukan karena kualitas kayunya, namun, disebabkan konstruksi mebel yang salah. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan beban pada satu titik hingga ketidaksimetrisan. Oleh karenanya, saat membeli mebel jati, perhatikan benar-benar setiap komponen yang ada berfungsi sebagaimana mestinya dengan bentuk yang simetris.

Demikian 4 tips memilih mebel jati yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.