Tips Praktis Bersihkan Talenan

Tips praktis membersihkan talenan  perlu untuk dilakukan guna menjaga kesehatan keluarga. Talenan adalah peralatan masak yang rawan menjadi sarang kuman. Talenan kayu yang memiliki pori-pori termasuk yang paling rentan menjadi sarang kuman dari sisa sisa bahan makanan yang tertinggal.  Hal ini tentu tidak membuat talenan plastic juga aman. Talenan plastic memiliki resiko masuknya bahan kimia kedalam pencernaan. Oleh karena itu talenan yang bersih menjadi kunci kebersihan dapur. Talenan bersentuhan langsung dengan bahan makanan yang di olah. Membersihkan talenan dengan sempurna tentu akan membantu membuat keluarga sehat terhindar dari berbagai kuman penyakit.

Talenan digunakan mulai dari memotong bumbu , daging , sayur hingga bahan masakan yang lainya. Pori pori talenan yang terbuat dari kayu sangat rentan  terhadp berbagai kuman.  Penyebaran kuman bakteri seperti e coli dan salmonella daging mentah dan ikan mentah bisa ikut terkontiminasi jika  talenan tidak dibersihkan dengan baik . tips praktis bersihkan talenan yang paling efektif adalah dengan membedakan cara mencucinya dan merawat antara talenan kayu dan talenan plastic.

Tips Membersihkan Talenan Kayu  Dan Plastik

Berikut ini Tips praktis membersihkan talenan baik plastic ataupun kayu  yang bisa anda lakukan :

    Tips Praktis Membersihkan Talenan
  • Cara yang paling baik untuk menjaga kebersihan talenan baik kayu dan plastic adalah dengan menyikat permukaanya dan dibilas dengan air hangat
  • Walaupun telah dibersihkan dengan air hangat dan di gosok, jangan lupa untuk membilas talenan dengan air yang mengalir. Bahkan kalau bisa khusus untuk talenan kayu gunakan semprotan atau kran air dengan tekanan tinggi untuk membersihkan pori pori talenan
  • Untuk talenan kayu harus beanr benar kering saat di simpan. Talenan kayu yang lembab dan disimpan di tempat yang tertutup akan memudahkan tumbuhnya jamur dan warna kayu akan cepat berubah menjadi gelap
  • Jika talenan plastic ataupun kayu masih tercium bau amis ikan mentah atau berbau bawang, cucilah dengan menggosokkan jeruk lemon kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir.
  • Untuk mensterilkan talenan bisa menggunakan cuka putih. caranya adalah dengan mencampur cuka putih dengan air. kemudian talenan di rendam di dalam larutan cuka tersebut selama kurang lebih satu jam. Selanjutnya angkat dari rendaman cuka tersebut dan keringkan dengan sempurna.

Tips Mencegah Kontaminasi Kotoran Makanan

Pada Talenan

Tips Membersihkan Talenan

Tips praktis membersihkan talenan secara efektif  sangat penting untuk mencegah kontaminasi kotoran terutama dari bahan makanan yang akan di olah. Bahan makanan yang tercampur ataupun tercemar bakteri bisa menimbulkan penyakit terutama sakit perut. Berikut ini ada beberapa saran  yang kami rekomendasikan utnuk mencegah kontaminasi kotoran pada talenan :

  • Talenan kayu harus di jaga uuntuk selalu kering agar tidak mudah berjamur dan kusam warnanya
  • Talenan kayu harus sering dirawat dengan beeswax atau lilin lebah. Kami merekomendasikan untuk menggunakan biopolish beeswax guna perlindungan pada talenan kayu. Perawatan talenan kayu dengan menggunakan Biopolish Beeswax -food grade beeswax wood polish–  bisa dilakukan secara berkala ataupun sesuai kebutuhan
  • Biopolish beeswax bisa membuat lapisan pelindung pada talenan kayu tanpa takut terkontaminasi bahan kimia dari finishing.
  • Agar lebih aman, sebaiknya gunakan talenan yang berbeda untuk jenis makanan yang berbeda. misalnya Untuk daging dan ikan mentah serta untuk buah dan sayuran
  • Tandai talenan dengan warna berbeda untuk menunjukan masing masing kegunaan talenan
  • Jangan gunakan talenan yang retak ataupun tergores baik pada talenan plastic ataupun kayu. Goresan atau retakan bisa menjadi tempat kuman bersembunyi. Untuk talenan plastic juga bisa menyebabkan bahan kima pembuat plastic masuk kedalam tubuh kita.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.