Yuk, Rawat Talenan Kayu dengan benar agar seluruh Keluarga Sehat

Talenan kayu ternyata lebih aman dibanding talenan plastik! Namun bukan berarti jenis talenan ini akan selalu aman. Salah-salah Anda dan keluarga sakit akibat talenan tersebut.

Wujudkan keluarga sehat dengan alat dapur terawat

Tahukah Anda bahwa talenan kayu ternyata lebih aman dibanding talenan plastik? Hal ini terungkap berkat penelitian Dean O. Cliver, profesor dari University of California. Berdasarkan penelitiannya, jumlah bakteri pathogen Salmonella lebih banyak ditemukan pada talenan plastik dibanding kayu. Ini diduga karena:

  • Pada talenan kayu, bakteri masuk ke dalam pori-pori material tersebut dan pada akhirnya tidak berkembang biak dan mati
  • Sedangkan pada talenan plastik, bakteri bersarang pada parut-parut bekas pisau yang dekat permukaan namun sangat sulit dibersihkan.
talenan plastik ternyata lebih membahayakan dibanding talenan kayu

Meski demikian, apa yang ditemukan Dean O. Cliver ini tak mendapat banyak kata sepakat beberapa ahli lain. Banyak yang menyatakan bahwa talenan kayu dan plastik sama amannya. FDA Amerika Serikat misalnya, menyatakan bahwa keamanan talenan tergantung dari pembersihan dan perawatan yang dilakukan. Bukan jenis material pembuatnya.

Sebagai orang awam, tentu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengambil kedua pendapat tersebut dengan bijak. Gunakanlah talenan kayu namun tetap lakukan perawatan yang baik. Sebab, cara merawat talenan kayu yang selama ini kita lakukan belum tentu memberikan hasil baik. Padahal ancaman bakteri pathogen seperti Salmonella tidak main-main. Anda mungkin heran tiba-tiba sakit perut, diare, atau muntah-muntah. Sering Anda menyalahkan jajanan padahal bisa jadi itu disebabkan bakteri pada talenan setelah beberapa waktu lamanya terkumpul banyak.

Cara Merawat Talenan Kayu yang Benar dengan Biopolish® Interior

Biopolish Beeswax Akan Membuat Alat Makan Makin Indah. Aplikasi merawat talenan dengan Biopolish Beeswax juga akan membuat talenan lebih indah.

Yang tampak bersih belum tentu demikian adanya. Demikian pula talenan kita. Bisa jadi kita merasa sudah membersihkan dan mengeringkan alat dapur tersebut. Namun ketika dilihat secara mikroskopis, rupanya masih ada bakteri yang bersarang dan setelah sekian lama akan bertambah banyak dan menyebabkan kita sakit.

Karenanya, sangat penting dilakukan perawatan dengan produk khusus, poles kayu. Poles kayu adalah produk yang biasanya memiliki sifat water resistance yang bagus mencegah bakteri berkembang biak. Namun kita harus hati-hati memilih poles kayu di pasaran. Sebab, kita akan menggunakannya untuk alat yang langsung kontak dengan makanan. Sebaiknya, pilihlah poles kayu food grade (aman bersentuhan dengan makanan) seperti Biopolish interior-food grade and wood polish-. Terbuat dari bahan utama lilin lebah (beeswax) dan dibuat 100% dari bahan alami, kita akan mendapatkan ekstra proteksi tanpa kehadiran ancaman membahayak lainnya. (*)


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/biopolish/domains/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php on line 72

Artikel "Finishing Dan Perawatan Kayu"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.