4 Langkah Praktis Cara Membersihkan Jaket Kulit Yang Berjamur

258

Jaket kulit seperti sebuah fashion yang abadi. Tidak akan lekang oleh waktu. Baik pria ataupun wanita juga memakainya. Jaket kulit memberikan kesan trendi seklaigus perlindungan terhadap pemakainya. Namun satu-satunya masalah pad ajaket kulit adalah perawatan yang tidak mudah. Merawat jaket jaket kulit sebaiknya dilakukan secara teratur. Hal ini penting untuk mencegah agar jamur tidak menempel pada jaket kulit. Namun bagaimanakah jika jamur sudah menempel pada jaket kulit? Nah jika hal ini sudah terjadi anda harus tahu bagaimana cara membersihkan jaket kulit yang berjamur dengan baik.

Kami memberikan panduan 4 langkah praktis untuk membersihkan jaket kulit yang berjamur sehingga anda dapat melakukanya sendiri di rumah. Yuk ikuti langkah-langkahnya dengan benar:

Langkah 1 : Hilangkan Jamur

Tahukah anda bahwa jamur tumbuh akibat hanya karena ada satu spora saja yang menempel. Hanya dibutuhkan satu spora jamur untuk menumbuhkan jamur. Jadi ketika anda menemukan bahwa jaket terindikasi jamur seperti bercak putih, segera bersihkan untuk mencegah penyebaran spora tersebut meluas ke area lainya di bagian jaket kulit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan jamur. Cara yang paling mudah untuk menghilangkan jamur dapat anda lakukan dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut atau spon untuk cuci piring. Sikat bagian yang terkena jamur tersebut hingga bersih. Sehingga bercak putih tersebut hilang.

Perhatikan pula tempat penyimpanan dari jaket kulit tersebut. Jika anda simpan pada wadah penyimpanan kain atau tas yang di gantung sebaiknya bersihkan wadah penyimpananya dengan air panas dan dikeringkan di bawah terik matahari agar menghilangkan spora jamur. Namun jika anda menyimpan jaket kulit tersebut di lemari, sebaiknya periksa lemari tersebut diperiksa. Kosongkan lemari dan bersihkan seluruh bagian lemari terebut. Apalagi jika lemari tersebut lemari kayu. Sebaiknya bersihkan lemari dengan obat anti jamur khusus untuk kayu. Sehingga jamur tersebut tidak meluas pada pakaian ataupun pada lemari penyimpanan.

Langkah 2 : Gunakan Larutan Sabun Pembersih

Setelah anda bersihkan jamur dengan sikat hingga bersih lakukan pembersihan selanjutnya. Langkah pembersihan selanjutnya dapat anda lakukan sebagai berikut: siapkan wadah dengan campuran air serta sabun bayi atau sampo. Kemudian larutan tersebut gunakan untuk membersihkan sisa jamur dengan menggunakan kain. Celup kain bersih kedalam larutan sabun tersebut kemudian peras. Selanjutnya gunakan lap yang sudah diperas untuk membersihkan bagian yang telah disikat.

Keringkan bagian yang habis dilap dengan lap keirng. Kemudian angin-anginkan jaket kulit hingga benar benar kering sempurna. Jangan jemur jaket kulit dibawah terik sinar matahari jika jaket kulit masih basah. Hal ini bisa membuat jaket kulit justru mengeras dan kaku. Anda dapat menggunakan kipas angin atau hanya dikipas kipas untuk mengeringkanya.

Langkah 3: Bunuh Spora Jamur

Langkah ini sangat penting dilakukan. Bunuh spora jamur. Jangan sampai biarkan jamur kembali muncul pada jaket kulit walaupun telah di bersihkan. Untuk memunuh spora anda membutuhkan alkohol dengan jenis isopropoil. Kami menyarankan untuk menggunakan vinegar atau cuka dapur. Jenis cuka dapur ini sudah asam namun tidak terllau berbahaya untuk tekstur jaket kulit.

Siapkan larutan cuka dapur dengan air menggunakan perbandingan 1:1 antara air dan cuka. Celupkan lap kain bersih kedalam larutan tersebut. Kemudian bersihkan bagian yang berjamur tersebut dengan cara di lap. Jika memang masih terdapat noda anda dapat menggunakan sikat yang dicelupkan pada larutan cuka tersebut. Selanjutnya setelah bersih keringkan dengan lap kain hingga bersih dan kering. Angin-angian kan jaket kulit di luar ruangan dan biarkan hingga kering.

Langkah 4: Gunakan Lotion Jaket Kulit

Langkah terahir ini sangat penting dilakukan. Lotion jaket kulit harus diaplikasikan setelah jaket kulit dibersihkan dengan alkohol. Mengapa hal ini di lakukan ? alkohol memberikan efek kaku pada material jaket kulit. Namun mampu membunuh spora jamur. Bahan kulit merupakan bahan alami yang memiliki minyak alaminya dan perlu dijaga kondisinya agar tidak mudah retak.

Setelah jaket kulit benar benar kering gunakan lotion atau kondisioner khusus jaket kulit. Jangan menggunakan semir sepatu atau justru produk kosmetik lainya. Hal ini tidak disarankan untuk merawat jaket kulit. Gunakan produk lotion jaket kulit yang berbahan alami agar tidak merusak tekstur bahan kulit tersebut. Jangan menggunakan lotion atau kondisoner yang mengandung silikon ataupun bersifat aerosol. Karena dapat merusak bahan kulit dengan cara membuat bahan kulit keras, kaku sehingga mudah retak.

Tips Tambahan Untuk Menghilangkan Jamur Jaket Kulit

Tips tambahan yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih produk perawatan untuk jaket kulit. Hal ini penting sekali untuk menghindarkan jaket kulit dari bahaya jamur dan berbagai masalah lainya. Oleh karena itu penting untuk memilih produk perawatan jaket kulit yang benar. Gunakan produk dari bahan alami karena lebih aman dibandingkan dengan berbagai bahan kimia. Jaket kulit rentan terhadap berbagai bahan kmiia termasuk bahan kimia agresif yang mampu merusak tekstur jaket kulit.

Pilihlah produk lotion atau kondisoner atau semir dari bahan alami. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan Biopolish leather care. Produk yang satu ini merupakan produk untuk perawatan jaket kulit dari bahan alami terbaik di indonesia. Biopolish leather care terbuat dari beeswax dan berbagai natural oil. Biopolish tidak menggunakan lemak hewani yang justru menimbulkan lapisan lemak baru pada jaket kulit.

Tidak hanya terbuat dari bahan alami, biopolish leather care juga dapat digunakan sebagai pelembab dan semir sekaligus. Produk yang satu ini memiliki kemampuan untuk menajamkan warna alami jaekt, melembutkan dan melenturkan serta menjaga jaket kulit dari paparan sianr matahari sehingga membuat jaket tidak mudah pudar dan tidak mudah kering atau retak. Untuk mendapatkan biopolish leather care, anda dapat menghubungi customer care kami di 081225784920 nomor atau membeli langsung lewat akun marketplace berikut ini :

BUKALAPAK                 : https://www.bukalapak.com/biopolish

TOKOPEDIA                 : https://www.tokopedia.com/semirbiopolish

SHOPEE                       : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA                       : https://www.lazada.co.id/biopolish

Bagaimana Mencegah Jamur Tumbuh Pada Jaket Kulit?

Tidak ingin jaket kulit berjamur ? yuk cegah jaket kulit berjamur dengan benar. Lakukan beberapa tips sederhana berikut ini untuk mencegah jamur muncul pada jaket kulit:

  • Sering kenakan jaket kulit

Jaket kulit yang sering dikenakan akan lebih baik dibandingkan jaket yang hanya di simpan. Hal ini karena jaket kulit akan lebih sering digunakan beraktivitas sehingga tidka lembab. Namun kaangkala untuk jaket yang sering dipakai masalahnya justru pada bagian dalam jaket. Hal ini biasanya yang lembab karena keringat. Nah untuk mencegah jamur pada bagian dalam jaket, perhatikan cara menyimpan jaket dengan benar.

  • Simpan jaket kulit di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus

Simpan jaket kulit dengan benar akan mencegah jamur menyerang jaket kulit. Jangan simpan jaket kulit dilemari tertutup tanpa ventilasi udara. Simpanlah jaket kulit dengan cara di gantung atau menggunakan hanger pada ruangan yang sirkulasinya bagus. Anda dapat menyimpan di dalam lemari yang rapat namun pastikan gunakan penyerap kelembapan ruangan pada lemari tersebut.

Jangan lupa pula, untuk jaket kulit yang sering dipakai, gantung dengan hanger dan angin anginkan jaket setiap kali habis dipakai. Jangan menaruh jaket di dalam lemari jika jaket habis dipakai. Selain kotor hal ini juga bisa memicu munculnya jamur. Menggantung jaket pada kapstok adalah cara termudah dan terbaik merawat jaket agar tidka mudah berjamur.

  • Jauhkan jaket kulit air

Air menjadi salah satu penyebab masalah pada jaket kulit. Oleh karena itu gjauhkan jaket kulit dari segala percikan air. Baik air hujan ataupun berbagai jenis cairan lainya. Jika jangan terlanjur basah jangan jemur jaket atau dikeringkan dengan cara dipanaskan. Cukup lap jaket kulit dengankain bersih kemudian angin anginkan di tempat teduh hingga keirng dengan sendirinya.

  • Gunakan lotion jaket kulit secara teratur

Menggunakan lotion jaket kulit secara teratur banyak sekali manfaatnya. Jangan remehkan kegiatan perawatan seerti ini. Lotion khusus jaket kulit akan memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari, percikan air dan juga menjaga kelenturan dan kelmebutan jaket kulit. Sehingga jaket kulit warnanya akan selalu nampak tajam, lembut sehingga awet dan nyaman dikenakan.

Nah berbagai tips sederhana tersebut jangan lupa anda praktekka. Luangkan sedikit waktu untuk mendapatkan hasil jangka panjang. Jaket kulit yang dirawat akan berusia semakin panjang. Jangan sia-siakan investasi yang telah anda bayarkan untuk mendapatkan jaket kulit yang berkualitas dan pada ahirnya rusak sia-sia karena ketelodaran anda sendiri. Yuk rawat jaket kulit sekarang juga.